DAFTAR BERITA

Senin, 06 Oktober 2014

Ribuan Umat Islam Ikuti Salat Id di Sidimpuan

INFO TABAGSEL.com-Ribuan umat Islam mengikuti salat Iduladha 1435 H dilapangan Masjid Agung Al-Abror, jalan Masjid Raya Baru Kota Padangsidimpuan, Minggu (5/10).
 

Salat Iduladha itu dimulai tepat pukul 07.15 WIB di bawah cuaca mendung. Bertindak sebagai Imam salat Iduladha itu, imam besar Mesjid Agung Al Abror H. Abdurrahman Lubis dan khotib DR Ibrahim Siregar MCL.

Dalam khotbahnya berjudul nilai-nilai ibadah kurban dalam pembangunan masyarakat berperadaban, Ibrahim Siregar memaparkan sejarah kurban sejak masa nabi Adam as.

"Dua putra nabi Adam diperintahkan Allah Swt untuk berkurban, namun yang memenuhi tuntutan hanya Habil meski Qabil juga melaksanakannya tapi tidak sesuai dengan yang diperintahkan, " ujarnya.

Lebih lanjut Ibrahim Siregar yang juga Rektor IAIN P. Sidimpuan itu mengatakan, ibadah qurban dalam Islam jangan hanya dipahami secara konteks ritualitasnya saja, padahal banyak makna yang dapat diaktualisasikan dalam kehidupan.

Seperti, mensyukuri tersedianya sumber makanan dan minuman bagi kelangsungan kehidupan kita.

Selanjutnya, memelihara kebersamaan dalam mewujudkan sebuah kehidupan bermasyarakat yang sehat.

Menumbuhkan semangat berqurban dalam mewujudkan baldatun thayyibah warabbun ghafur (masyarakat yang sejahtera). "Terakhir, ikut serta dalam melestarikan tradisi kebaikan dan kemaslahatan ummat manusia, " katanya.

Hadir dalam salat Iduladha itu, Walikota P. Sidimpuan Andar Amin Harahap, Sekdako Zulfeddy Simamora, unsur Muspida plus, para Kadis, Kakan serta tokoh masyarakat setempat. (Analisa)

Tidak ada komentar: