DAFTAR BERITA

Sabtu, 13 Desember 2014

Legenda Hantu Sinakko dari Tapanuli Selatan

Ilustrasi Hantu Sinakko
Legenda Hantu Sinakko merupakan cerita hantu nyata yang berasal dari Daerah Botung , Tapanuli Selatan . Sebuah cerita orang tua dulu yang mengingatkan kita kepada sebuah sosok makluk gaib yang pada masa itu sangat suka mengganggu masyarakat di wilayah tersebut . Cerita ini saya dapatkan langsung dari seorang warga Tapanuli Selatan yang menceritakan kepada saya tentang sebuah legenda hantu yang berasal dari wilayahnya .

Hantu Sinakko merupakan hantu dari dukun sakti / seorang yang memiliki Ilmu tinggi tetapi meninggalnya tidak diterima bumi , sehingga ia menjadi sosok hantu yang disebut oleh warga sekitar sebagai Hantu Sinakko .


Wujud dari Hantu Sinako ini terkadang bisa menjelma menjadi ular , harimau , dan kembali menjadi manusia . Saat Hantu Sinakko menjadi manusia , ia memiliki ciri-ciri yang khas yaitu memiliki buntut Harimau di belangkanya . Tetapi tidak akan terlihat kalau tidak di intip oleh warga . Beberapa warga bahkan mengaku pernah melihat hantu Sinakko ada di bawah lubang rumah warga . (Rumah Panggung Tapanuli) . Ia sangat suka bertapa ditempat tersebut .


Hantu Sinako merupakan legenda hantu yang dahulunya sangat suka mengganggu warga di sekitaran Botung , tetapi belum ada catatan jelas mengenai korban dari Hantu Sinakko..

Beberapa warga dahulunya sering melihat Hantu Sinakko bersembunyi dibalik-balik bambu . Ia sangat suka menunggu para pekerja ladang di jalan yang ada bambunya . Ia sendiri merupakan sosok gaib yang sudah menjadi hal biasa di kalangan masyarakat Botung .

Sebuah riwayat cerita tentang Hantu Sinakko yang menceritakan sebuah kisah dimana warga beramai-ramai menangkap Hantu ini untuk diusir dari wilayah tersebut . Tetapi sampai sekarang warga masyarakat di sekitaran Botung belum bisa mengusir Hantu ini .



Sampai sekarang cerita Hantu Sinakko sudah menjadi sebuah legenda hantu daerah . Yang mana belum banyak yang mengetahui mengenai legenda hantu ini . Apalagi kalangan muda masa kini yang tidak terlalu tertarik dengan legenda-legenda daerah kelahirannya.(Viva.co.i)