DAFTAR BERITA

Senin, 29 April 2013

Banjir Bandang Terjang Panyabungan

Lokasi Kabupaten Mandailing Natal di Provinsi Sumatera Utara

INFO TABAGSEL.com-Bencana banjir bandang kembali terjadi di Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal(Madina), Sumatera Utara pada Minggu (28/4) pukul 18.30 Wib. Banjir bandang akibat meluapnya Sungai Aek Mata dan Aek Ranto sehingga menyebabkan 12 desa terdampak langsung dari banjir bandang tersebut. 

Dua belas desa yang terkena bencana adalah Desa Panyabungan 3, Desa Pasar Hilir, Desa Panyabungan 1, Desa Kayujati, Desa Sigalapang Julu, Desa Kampung Padang, Desa Panyambungan Julu, Desa Payambungan Tonga, Desa Payambungan Jae, Desa Adian Jior, Desa Gunung Manaon, dan Desa Pagaran Tonga.

Data sementara dampak bencana terdapat 6 orang luka berat, 4 orang luka ringan, dan 810 orang mengungsi. Dilaporkan beberapa rumah hanyut. BPBD Mandailing Natal bersama aparat lain dari TNI, Polri, Tagana, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi dan penanganan bencana. Pendataan masih dilakukan. Saat ini kondisi cuaca masih hujan dan gelap sehingga menyulitkan petugas melakukan evakuasi dan pendataan. Laporan selanjutnya menyusul. Info lanjut: Alamsyah BPBD Sumut 082166308003

Wilayah di Mandailing Natal beberapa kali telah terjadi banjir bandang seperti pada 14 Februari 2013 lalu yang menyebabkan jatuh korban jiwa dan kerusakan rumah serta infrastruktur. Kondisi topografi yang pegunungan, rumah yang berada di bantaran sungai dan kerusakan daerah aliran sungai menjadi salah satu faktor rentannya daerah tersebut terjadi banjir bandang.

Tidak ada komentar: