DAFTAR BERITA

Jumat, 24 April 2015

Ekor Pesawat Lion Air Meledak, Puluhan Penumpang Luka



INFO TABAGSEL.com-Ekor pesawat Lion Air Jt-303 rute Bandara Kuala Namu-Soekarno Hatta yang mengangkut 214 penumpang meledak saat akan take off di runway Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA), Jumat (24/4) sore.

Belum diketahui apa ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, ratusan penumpang syok dan berhamburan keluar pesawat. Sebagian dievakuasi awak kabin melalui pintu darurat dan dibawa ke ruang tunggu keberangkatan Terminal Domestik.

Sejumlah penumpang yang mengalami luka dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Patar Asih, Lubukpakam, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Irfan, satu penumpang, saat itu pesawat sudah berada di runway dan mulai bergerak. Tiba-tiba terdengar suara ledakan di bagian ekor disertai guncangan hebat.

“Suara ledakannya kuat kali bang. Para penumpang lalu panik dan berdesakan keluar pesawat. Sebagian lompat dari pintu darurat,” katanya.

Sekretaris Lion Air, Dwiyanto Ambarhidayat mengatakan, pihaknya memprioritaskan keselamatan penumpang. Sementara ini, pihak Lion juga terus menyelidiki penyebab ledakan tersebut.

Pesawat Lion Air JT 303 yang meledak di Bandara Kuala langsung ditarik ke dalam hanggar. Kemudian pesawat itu ditutupi terpal.

Manager Air Duty PT Angkasa Pura (AP) II di Bandara Kuala Namu, Mardiono, mengatakan ekor pesawat itu sempat mengeluarkan asap tebal, sesaat setelah terdengar suara ledakan.

“Sempat meledak dua kali, lalu ekornya terbakar, berasap tebal,” katanya.

Menurutnya, saat ledakan terjadi dan mencium aroma kabel yang terbakar, para penumpang langsung panik dan keluar dari pintu darurat. Akibatnya banyak penumpang yang mengalami patah tulang, karena saat itu pesawat masih berjalan di runway. “Penumpang yang sempat terlantar, sudah diterbangkan kembali dengan pesawat LION AIR JT 201 dan pesawat dari maskapai lainnya,” katanya.