DAFTAR BERITA

Sabtu, 28 Februari 2015

Harga Beras di Sumut Masih Stabil

INFO TABAGSEL.com-Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten maupun kota untuk memantau pergerakan harga beras di daerah ini. Jika terjadi lonjakan harga, maka Bulog akan menggelar operasi pasar (OP).

"Saat ini, stok beras yang ada di Bulog mencapai 45.000 ton. Ini mencukupi untuk OP, dan bertahan untuk empat bulan ke depan. Artinya, stok beras untuk daerah ini masih aman," ujar Humas Bulog Divre Sumut, Rudy Adlyn Damanik di Medan, Jumat (27/2).

Rudy mengatakan, OP akan dilakukan jika ada permintaan dari daerah. Namun sampai sejauh ini, permintaan dari kabupaten maupun kota di daerah tersebut, belum ada. Harga beras di daerah ini masih tergolong stabil.

"Apalagi berbagai daerah sedang memasuki masa panen. Ini membantu menstabilkan harga beras, sehingga untuk saat ini belum dilakukan OP. Bulog tetap memantau setiap perkembangan harga beras di setiap daerah," katanya.

Pantauan di berbagai daerah, harga beras di berbagai daerah belum mengalami kenaikan. Beras jenis IR masih Rp 9.000 per kilogram (kg). Bahkan, harga beras itu sebelumnya Rp 9.500 per kg. Bukan mengalami kenaikan justru penurunan. Ini terjadi karena sudah memasuki musim panen.

Harga beras jenis kukubalam Rp 9.500 per kg dan jenis supernya Rp 10.000 sampai dengan Rp 10.500 per kg. Beras jenis Ramos Rp 11.500 per kg.