DAFTAR BERITA

Selasa, 04 November 2014

34 gubernur hadiri Rakornas Kabinet Kerja



INFO TABAGSEL.om-34 gubernur dan Kapolda dari seluruh provinsi di Tanah Air menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Kabinet Kerja yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Selasa.

Rakornas tersebut digelar dalam rangka membentuk sinergi kinerja Pemerintah Pusat dan daerah selama lima tahun ke depan.

Dalam Rakornas itu, para gubernur mendapatkan penjelasan mengenai kondisi politik dan ekonomi negara saat ini serta berbagai persoalannya.

"Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, dalam rangka menekan pemborosan, bagaimana caranya berkoordinasi dengan kapolda. Kemudian penting bagi daerah untuk melaporkan pertanggungjawaban keuangannya, karena baru 33 persen yang lapor," kata Mendagri Tjahjo Kumolo.

Hadir dalam Rakornas Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Kapolri Jendral Pol. Sutarman dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof Chaniago.

Sutarman dalam paparannya mengatakan polisi siap membantu para gubernur dalam menerapkan kebijakan untuk membangun daerah.

"Kami akan membantu apa pun kebijakan bapak-bapak gubernur sekalian, untuk memasukkan APBN sebesar-besarnya. Kalau memang bandel, ada peraturan penegakan hukum yang harus diterapkan," kata Sutarman.

Para Gubernur yang hadir antara lain Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Aturur dan Gubernur Aceh Zaini Abdullah.

Rakornasini dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara dan rencananya ditutup dengan pengarahan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla di Gedung Kemendagri.