DAFTAR BERITA

Sabtu, 08 November 2014

Persib Juara ISL 2014



INFO TABAGSEL.com-.Maung Bandung sukses meraih kampiun Indonesia Super League (ISL) 2014 usai mengalahkan Persipura Jayapura lewat drama tendangan adu penalti 5-3, setelah skor tidak berubah 2-2 di babak pertambahan waktu di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Jumat (7/11) malam.
Kedua kesebelasan tampil dengan skema permainan terbuka. Persib harus tertinggal terlebih dulu melalui Luis Ian Kabes pada menit ke-5.

Wasit Prasetyo Hadi mengeluarkan dua kartu kuning untuk masing-masing tim. Lim Jun Sik dikartu pada menit ke-7. Sedangkan Hariono yang melanggar Ruben di menit ke-10 juga harus mendapat kartu.

Ferdinand Sinaga mendapat peluang setelah crossing Makan Konate di menit ke-12. Tapi bola terlalu deras sehingga hanya melintas di depan gawang Dede Sulaiman. Tembakan keras Konate di menit 16 juga nyaris menembus gawang Persipura namun bola melambung tinggi.

Persipura kembali menekan. Kali ini Robertino Pugliara melepaskan tembakan ke arah gawang Made di menit 19. Beruntung, Made dapat mengantisipasi dengan baik. Tantan mendapat peluang di menit 24, sayang tembakannya masih dapat ditepis Dede.

Wasit kembali memberi kartu kuning masing-masing kepada Bio Paulin (’21) dan Achmad Jufriyanto (’21).  Tempo permainan kedua tim tidak menurun. Bahkan terus berusaha mencari celah mencuri gol. Fakdawer yang mengangkat kaki terlalu tinggi kepada Ferdinand juga mendapat kartu.

Peluang didapat di menit ke-44. Tantan yang menusuk ke gawang melepaskan tembakan. Sayang masih dapat diblok kiper Persipura. Skor 1-0 pun tetap bertahan sampai babak pertama usai.

Bio Paulin mendapat kartu kuning keduanya setelah melanggar keras Ferdinand di menit 47. Hukuman itu membuatnya dikeluarkan dari lapangan. Persib mampu menyamakan kedudukan setelah tendangan bebas Firman Utina memantul di area kotak penalti dan bola terkena sodoran Imanuel Wanggai yang bermaksud membuang bola.

Di babak kedua, Persib membuka keunggulan menjadi 2-1 melalui M. Ridwan di menit 52. Menerima umpan terobosan Firman, Ridwan tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang Persipura.

Tembakan jarak jauh Boaz memberikan ancaman ke gawang Made namun masih melambung di atas mistar. Begitu juga dengan sepakan Jaelani Arei masih melebar.

Pugliara kembali melepaskan tembakan di menit 77 meski bolanya hanya melambung. Persipura mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Boaz Salossa mencetak gol di menit 79 setelah menerima umpan yang disodorkan Pugliara dari umpan Pahabol.

Di menit 90, Atep berlari ke arah gawang dan berduel dengan pemain Persipura. Atep terjatuh namun tak dianggap pelanggaran. Skor tetap bertahan 2-2.

Babak Tambahan

Setelah melalui pertandingan 90 menit ditambah 2 x15 perpanjangan waktu, PERSIB vs Persipura Jayapura tetap berakhir imbang 2-2.

Di babak tambahakan waktu, Konate mendapat peluang emas setelah berdiri bebas namun tembakannya masih dapat diantisipasi Dede Sulaiman.


Susunan pemain:

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman, Ruben Sanadi, Bio Paulin (kartu merah menit 45), Dominggus Fakdawer, Justinus Pae, Imanuel Wanggai/Nelsom Alom (100), Gerald Pangkali/Jaelani Arey , Lim Jun Sik, Robertino Pugliara, Ian Kabes/F. Pahabol (69), Boaz Solossa.

Persib Bandung: I Made Wirawan, Tony Sucipto, Ahmad Jufrianto, Vladimir Vujovic (kartu merah menit 115), Supardi Nasir, Firman Utina, Hariono, Tantan/Atep (66), Konate Makan, M. Ridwan, Ferdinand Sinaga.

Wasit: Prasetyo Hadi.