DAFTAR BERITA

Minggu, 12 Oktober 2014

Jalinsum di Kecamatan Marancar Tapsel Diperlebar

INFO TABAGSEL.com-Ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Provinsi Sumatera Utara akan diperlebar dan diharapkan tidak terjadi lagi kemacetan di daerah tersebut.

Pantauan di lokasi pada hari Minggu, jalan negara yang terdapat di Kecamatan Marancar, saat ini mencapai lebar lebih kurang 8 meter yang sebelumnya hanya sekitar 6 meter dan terlalu sempit untuk dilalui pengendara mobil.

Selain jalan tersebut diperlebar, juga dilakukan pembuatan parit sebagai tempat pembuangan air yang tergenang di badan jalan, jika hujan turun atau terjadi banjir di daerah tersebut.

Pembangunan pelebaran jalan negara di wilayah Pantai Barat Sumatera itu, dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan sesuai dengan kewenangan.

Seluruh jalan negara yang mengalami kerusakan atau dilakukan peningkatan merupakan tanggung jawab Pemerintah Pusat untuk membangun dan merawatnya.

Peningkatan pelebaran jalan negara di wilayah Kabupaten Tapsel dan dilakukan tahun anggaran 2014.

Dalam pelebaran jalan tersebut, beberapa pohon kelapa dan kayu besar lainnya yang berada di pinggir jalan negara itu, terpaksa harus dipotong, sehingga tidak menganggu proyek milik Pemerintah Pusat.

Bahkan, selain dilaksanakan pelebaran badan jalan, juga dilakukan pengaspalan, sehingga arus lalu lintas yang menghubungkan Kabupaten Tapsel dengan kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga dapat berjalan aman, lancar, serta tidak terjadi kemacetan.

Sebab, hasil perkebunan berupa karet, kelapa sawit, buah salak, kopi, cengkih, buah coklat, kulit manis dan sayur-sayuran dari Kabupaten Tapsel yang diangkut menggunakan truk untuk dipasarkan ke Medan dan daerah lainnya melalui jalan tersebut. “Jadi, wajar Jalinsum di Kecamatan Marancar itu diperlebar untuk kelancaran angkutan transfortasi dan arus lalu lintas,” kata seorang warga Kecamatan Marancar.

Tidak ada komentar: