DAFTAR BERITA

Rabu, 22 Mei 2013

Ahmad Fathanah,Antara Daging Sapi dan Ayam Kampus



INFO TABAGSEL.com-Ahmad Fathanah adalah tersangka suap dan tindak pidana pencucian uang dari kasus suap daging sapi impor.Saat ditangkap KPK 29 Januari 2013,Ahmad Fathanah sedang bersama Ayam kampus, Maharany Suciyono di Hotel Le Meredien Jakrta.Setelah menerima uang daging sebesar Rp 1 milyar,Fathanah mengaku langsung ditemeni ayam kampus, Maharany Suciyono dengan bayaran sebesar Rp 10 juta .


"Saya ditangkap dengan Maharany. Saya memang kasih Maharany Rp 10 juta. Rp 10 juta lagi saya ambil dan masukkan di dompet, buat belanja bensin dan sebagainya," kata Fathanah saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat (17/5).


Fathanah mengakui mengambil duit Rp 20 juta itu dari uang pemberian PT Indoguna Utama sebesar Rp 1 miliar.

Jaksa Muhamad Rum sempat bertanya kenapa Fathanah memberikan uang sebesar itu kepada Maharany. Dia mengakui membayar Maharany dengan duit sebanyak itu, lantaran perempuan itu sempat meminta uang buat memenuhi kebutuhannya.

"Maharany bilang perlu ini-itu. Lalu saya bilang ambil saja Rp 10 juta," ujar Fathanah.

"Duit itu diberikan karena menemani saudara malam itu?," tanya Jaksa Rum.

"Iya," jawab Fathanah.



Sedang bugil saat digerebek KPK

Ada dua penyelidik KPK yang bersaksi hari ini. Yakni Amir Arif dan Dian Andi. Tetapi, hanya Amir Arif yang ikut menangkap Fathanah dan Maharany di hotel itu.

"Setelah keduanya (Fathanah dan Maharany) berpakaian, kami bawa mereka ke tempat parkir lantai dasar," kata Amir saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat (17/5).

Menurut Amir, dia mengintai Fathanah sejak pukul 17.00 WIB. Dia mengatakan, saat datang pertama kali, Fathanah seorang diri.

"Di lobi hotel, Fathanah pertama datang sendiri. Dia lalu masuk ke sebuah kafe di hotel itu. Lalu kemudian ada seorang wanita, yang belakangan saya tahu namanya Maharany Suciyono, datang dan bergabung ke meja Fathanah," ujar Amir.

Tidak lama kemudian, lanjut Amir, Maharany dan Fathanah naik ke kamar 1740 di lantai 17. Lantas dia mengaku mendapat perintah dari KPK agar menangkap Fathanah, karena diduga kuat telah menerima uang dari PT Indoguna Utama, dan uangnya di mobil Fathanah yang ada di tempat parkir lantai bawah.

Tidak ada komentar: