DAFTAR BERITA

Rabu, 16 Januari 2013

PM Jepang Kunjungi Vietnam

Shinzo Abe dan istrinya, Akie, tiba di Bandara Noi Bai, Hanoi.
INFOTABAGSEL.com-Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tampaknya telah menyerukan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung untuk mengambil langkah bersama menghadapi pengaruh Cina yang menguat di perairan Asia.

Perdana Menteri Abe menghadiri upacara penyambutan setelah tiba di ibu kota Vietnam, Hanoi 
sore hari ini Rabu (16/01)  dengan menumpangi pesawat sewaan pemerintah . Ia lalu bertemu dengan Perdana Menteri Dung.

Pada awal pembicaraan, Dung menyanjung Abe karena memilih Vietnam sebagai tujuan pertama kunjungan luar negerinya setelah mulai menjabat bulan lalu. Dung menambahkan Abe berkontribusi besar saat menjabat sebagai perdana menteri tahun 2006 dan 2007. Menurut Dung, pada periode itu Abe membangun hubungan bilateral secara luas dan cepat, serta membangun kemitraan strategis untuk perdamaian dan stabilitas Asia.

Perdana Menteri Abe menyatakan Ia mengunjungi Vietnam sebagai tujuan pertama kunjungan luar negerinya. Ia senang sebagai Perdana Menteri Jepang dapat kembali menemui Dung setelah enam tahun. Dalam masa itu lingkungan strategis di kawasan Asia-Pasifik telah sangat berubah. Abe menambahkan dalam keadaan itu, memperkuat hubungan dengan Vietnam berdampak besar terhadap perdamaian dan kesejahteraan kawasan tersebut.

Kedua pemimpin itu tampaknya telah membahas upaya Cina untuk meningkatkan kehadiran maritimnya. Abe sepertinya telah menjelaskan soal pelanggaran perbatasan yang sering dilakukan kapal-kapal pemerintah Cina di sekitar Kepulauan Senkaku di laut Cina Timur.

Abe tampaknya juga telah memberi tahu Dung seluruh negara terkait harus mematuhi hukum internasional. Disampaikan pula langkah sepihak Cina untuk memperburuk situasi sangatlah berbahaya, dan menjadi kekhawatiran bersama di kawasan.

Guna mendukung pertumbuhan ekonomi Vietnam, Abe sepertinya telah menyampaikan niat Jepang untuk mengulurkan pinjaman baru senilai lebih dari 45 miliar yen, atau lebih dari 510 juta dolar, untuk memperbaiki jalan dan membangun pembangkit listrik termal.

Setelah Vietnam, Abe akan mengunjungi Thailand dan Indonesia.

Tidak ada komentar: