DAFTAR BERITA

Sabtu, 14 Juni 2014

Siswa SMP Swasta Al-Muslimin Pandan raih Nilai UN SMP/MTs Tertinggi Naional

INFO TABAGSEL.com-Jilan Zahra Jauhara, siswa SMP Negeri 99 Jakarta Timur DKI Jakarta dan Hasnan Pratama Sitorus, siswa SMP Swasta Al-Muslimin Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara, berhasil meraih nilai UN tertinggi secara nasional. Mereka mendapatkan nilai UN murni yang sama yaitu 39,75.

Hasil UN SMP/MTs akan diumumkan hari Sabtu (14/6) di sekolah masing-masing. Jumlah mata pelajaran (mapel) yang diujikan dalam UN SMP/MTs ada empat yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika. Artinya, nilai sempurna untuk UN SMP/MTs adalah 40,00.

Dari data yang diterima wartawan, Jumat (13/6), Jilan merupakan anak dari Rakhmad Fuja. Sedangkan, Hasnan adalah anak dari Hasiholan Sitorus. Keduanya mendapat nilai UN tertinggi dari seluruh peserta UN SMP/MTs di 34 provinsi di Indonesia.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan tingkat kelulusan secara nasional dan di semua provinsi untuk tahun ini lebih tinggi dari tahun lalu. Namun, ada sejumlah provinsi yang mengalami penurunan nilai di beberapa mapel.

Menurut Musliar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan data lengkap tentang hasil UN per provinsi, bahkan per sekolah dan setiap siswa. Data tersebut diharapkan menjadi acuan bagi pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan mutu pendidikan.

"Kita akan buat peta kompetensi sampai ke sekolah, bahkan sampai ke siswa. Dilihat siswa untuk setiap mapel, dimana kemampuan yang kurang dan seterusnya," kata Musliar.

Tidak ada komentar: