DAFTAR BERITA

Senin, 30 April 2012

Mtq Ke-33 Tingkat Sumut Dibuka


INFO PALUTA.com-Menkokesra HR Agung Laksono dan Menag H Suryadarma Ali, Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho secara bersama-sama menekan tombol sirene ikon tepak sirih menandai  pembukaan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-33 Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2012, yang dipusatkan di areal lokasi Replika Istana Sultan Serdang, Kelurahan Melati Kebun, Kecamatan Pegajahan, Serdang Bedagai.

Menko Kesra dalam sambutannya mengatakan, pemahaman secara utuh terhadap isi dan makna yang terkandung di dalam Alqur`an akan dapat memberi kontribusi positif bagi upaya menciptakan tatanan dunia yang lebih baik.

"Mari kita sampaikan kepada dunia bahwa Islam itu teduh, cinta kedamaian. Islam menolak kebencian dan fitnah. Islam menganjurkan persatuan dan kesatuan. Insya Allah kita dapat bangun toleransi dan kekokohan bernegara," ujar Agung.


Sebelumnya Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali, mengatakan, penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) perlu terus ditingkatkan kualitasnya agar semakin berdampak positif terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM)."Kualitas MTQ yang sudah puluhan tahun dilaksanakan di Indonesia, perlu terus ditingkatkan,".Menurut dia, peningkatan kualitas MTQ tidak terlepas dari keberadaan Dewan Hakim sebagai penilai para qari dan qariah.Dewan Hakim merupakan elemen penting yang menentukan kualitas MTQ. 

Penilaian yang dihasilkan dari ketajaman pikiran dan mata hati, lanjut dia, akan mampu melahirkan para peserta MTQ yang berkualitas, dan mampu mewakili negara bersaing di tingkat internasonal.

Dalam acara yang turut dihadiri belasan ribu warga masyarakat dari berbagai penjuru Sumut itu, Suryadharma menegaskan bahwa Alqur`an menjunjung nilai toleransi, harmoni, dan solidaritas dalam perbedaan.

Oleh karena itu, dia berharap MTQ tahun ini di Serdang Bedagai dapat menjadi momentum dan bentuk pemasyarakatan nilai-nilai Alqur`an. 


Ketua Panitia, Haris Fadhila menjelaskan, MTQ ke 33 diikuti 32 kab/kota, perguruan tinggi negeri, perseroan terbatas perkebunan nusantara dan PT Lonsum. Pembukaan turut dihadiri pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), unsur FKPD Provsu, sebanyak 840 peserta, 317 official, serta para penggembira dari 32 kabupaten/kota se-Sumut yang diperkirakan sebesar 15.000 peserta dan undangan.

Pembukaan diawali dengan pelaksanaan pawai ta'aruf dan pawai kendaraan hias yang dibuka oleh Plt Gubsu. Pawai tersebut diikuti sekitar 10.000 orang terdiri dari kontingen kab/kota, perguruan tinggi pelajar dan ormas dimulai pukul 08.00 wib. Panitia juga menggelar expo pembangunan Serdang Bedagai 2012 di lokasi pelaksanaan MTQ yang diikuti 170 stan dari Sumut dan luar provinsi.
Berita Terkait :
Pembukaan Mtq ke-5 Tingkat kab Paluta 

Tidak ada komentar: