DAFTAR BERITA

Minggu, 12 Februari 2012

KISI-KISI INSTRUMEN UJI KOMPETENSI AWAL guru PAUD/TK

KISI-KISI INSTRUMEN UJI KOMPETENSI AWAL ; PAUD/TK/RA
TAHUN 2012
KOMPETENSI INTI
GURU (Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL

KOGNITIF BLOOM

JUM

LAH
BUTIR

A> KOMPETENSI PEDAGOGIK


karakteristik
peserta didik dari
aspek fisik, moral,
sosial, kultural,
emosional, dan
intelektual


1.1. Memahami
karakteristik peserta didik
usia TK/PAUD yang
berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual, sosial-
emosional, moral, dan
latar belakang sosial-
budaya

1.1.1. Mendeteksi ciri perkembangan
fisik , intelektual, sosial-emosional,
moral, dan latar belakang sosial-
budaya anak usia 4-6 tahun

2

1.1.2. Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan
anak TK

2

1.2. Mengidentifikasi
kesulitan peserta didik
usia TK/PAUD dalam
bidang Pengembangan




1.2.1. Memberi contoh kesulitan anak TK
dalam bidang pengembangan nilai-
nilai agama dan moral, fisik,
bahasa, dan sosial-emosional.

2

2. Menguasai teori
belajar dan
prinsip-prinsip
pembelajaran
yang mendidik


2.1. Memahami berbagai
teori belajar dan prinsip-
prinsip bermain sambil
belajar yang mendidik
yang terkait dengan
berbagai bidang




2.1.1. Menjelaskan teori belajar yang
terkait dengan berbagai bidang
pengembangan di TK/PAUD (Teori
Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky)
2

2.1.2. Memberikan contoh aplikasi prinsip
belajar dengan bermain yang
2




KOMPETENSI INTI
GURU

(Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL



KOGNITIF BLOOM

JUM

LAH
BUTIR

pengembangan di
TK/PAUD


terkait dengan berbagai bidang
pengembangan

2.2. Menerapkan berbagai
pendekatan, strategi,
metode, dan teknik
bermain sambil belajar
yang bersifat holistik,
otentik, dan bemakna,
yang terkait dengan
berbagai bidang
pengembangan di
TK/PAUD

2.2.1. Menentukan strategi
pengembangan sesuai dengan
bidang pengembangan anak TK

2

3. Mengembangkan
kurikulum yang
terkait dengan
bidang
pengembangan
yang diampu


3.1. Memahami prinsip-
prinsip pengembangan
kurikulum

3.1.1. Menjelaskan prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum TK
< .
2

3.2. Menentukan kegiatan
bermain sambil belajar
yang sesuai untuk
mencapai tujuan
pengembangan




3.2.1. Merancang kegiatan bermain
sambil belajar sesuai dengan tujuan
pengembangan yang telah
ditetapkan


1

3.2.2. Memberikan contoh kegiatan
bermain sambil belajar sesuai
dengan tujuan pengembangan yang
telah ditetapkan
2

3.3. Memilih materi
kegiatan pengembangan

3.3.1. Menentukan materi bidang-bidang
pengembangan sesuai dengan
KOMPETENSI INTI
GURU

(Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL



KOGNITIF BLOOM

JUM

LAH
BUTIR


kegiatan bermain sambil
belajar sesuai dengan
tujuan pengembangan




perkembangan anak TK

3.4. Menyusun
perencanaan semester,
mingguan dan harian
dalam berbagai kegiatan
pengembangan di
TK/PAUD




3.4.1. Mengurutkan langkah-langkah
penyusunan program semester,
mingguan, dan harian dalam
kegiatan pengembangan di TK.

4. Menyelenggarakan kegiatan
pengembangan
yang mendidik


4.1. Menerapkan kegiatan
bermain yang bersifat
holistik, otentik, dan
bermakna


4.1.1. Menganalisis kegiatan bermain
yang bersifat holistic, otentik dan
bermakna





4.1.2. Merancang kegiatan bermain yang
secara kreatif dan kondusif dapat
menunjang berbagai lingkup
pengembangan moral dan nilai-nilai
agama, sosial emosional, bahasa,
kognitif, fisik/motorik, dan seni


4.2. Memanfaatkan media
dan sumber belajar yang
sesuai dengan pendekatan
bermain sambil belajar




4.2.1. Memilih media dan sumber belajar
yang sesuai dengan pendekatan
bermain sambil belajar.


4.2.2. Membandingkan media dan
sumber belajar yang sesuai dan
tidak sesuai dengan pendekatan
< KOMPETENSI INTI
GURU

(Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL



KOGNITIF BLOOM
bermain sambil belajar.
> 4.3. Menerapkan tahapan
bermain anak dalam
kegiatan pengembangan
di TK/PAUD


<
4.3.1. Mengurutkan tahapan bermain
sensorimotor dalam kegiatan
pengembangan di TK/PAUD
/>
4.3.2. Mengurutkan tahapan bermain
peran dalam kegiatan
pengembangan di TK/PAUD.
< /> 1

4.3.3. Mengurutkan tahapan bermain
pembangunan dalam kegiatan
pengembangan di TK/PAUD.
<
1

5. Memanfaatkan
teknologi
informasi dan
komunikasi untuk
kepentingan
penyelenggaraan
kegiatan
pengembangan
yang mendidik


5.1. Memanfaatkan
teknologi informasi dan
komunikasi untuk
meningkatkan kualitas
kegiatan pengembangan
yang mendidik




5.1.1. Menyusun langkah-langkah
kegiatan pengembangan yang
berfokus pada bidang-bidang
pengembangan di TK dengan
berbasis ICT.


2

6. Memfasilitasi
pengembangan
potensi peserta
didik untuk
mengaktualisasikanberbagai potensi
yang dimiliki


6.1. Menyediakan berbagai
kegiatan bermain sambil
belajar untuk mendorong
peserta didik
mengembangkan
potensinya secara
optimal termasuk




6.1.1. Menetapkan jenis lingkungan main
yang sesuai dengan karakteristik
sekolah (sudut, area, dan sentra)
6.1.2. Menerapkan jenis-jenis kegiatan
bermain

2

6.1.3. Mengidentifikasi jenis sarana dan
prasarana pembelajaran di PAUD

KOMPETENSI INTI
GURU

(Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL



KOGNITIF BLOOM

JUM

LAH
BUTIR
kreativitasnya




7. Berkomunikasi
secara efektif,
empatik, dan
santun dengan
peserta didik


7.1. Memahami berbagai
strategi berkomunikasi
yang efektif, empatik dan
santun, baik secara lisan
maupun tulisan




7.1.1. Menganalisis strategi komunikasi
dengan anak usia dini
/> < 7.2. Berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan
santun dengan peserta
didik dengan bahasa yang
khas dalam interaksi
pembelajaran yang
terbangun secara siklikal
dari (a) penyiapan kondisi
psikologis peserta didik,
(b) memberikan
pertanyaan atau tugas
sebagai undangan kepada
peserta didik untuk
merespons, (c) respons
peserta didik, (d) reaksi
guru terhadap respons
peserta didik, dan
seterusnya




7.2.1. Menerapkan strategi pengkondisian
peserta didik
< 1

7.2.2. Menerapkan metode komunikasi
dengan peserta didik

8. Menyelenggaraka


8.1. Memahami prinsip-
8.1.1. Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian


KOMPETENSI INTI
GURU

(Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL



KOGNITIF BLOOM

JUM

LAH
BUTIR





C2

C3

C4

C5

C6

npenilaian dan
evaluasi proses
dan hasil belajar








9. Memanfaatkan
hasil penilaian dan
evaluasi untuk
kepentingan
pembelajaran


prinsip penilaian dan
evaluasi proses dan hasil
belajar sesuai dengan
karakteristik lima
matapelajaran SD/MI
< di PAUD
< Menjelaskan perbedaan pengukuran,
penilaian, dan assesmen
kan aspek-
aspek proses dan hasil
belajar yang penting
untuk dinilai dan
dievaluasi sesuai dengan
karakteristik lima mata
pelajaran SD/MI




8.2.1. Menjelaskan jenis-jenis penilaian di
PAUD

/>


1

8.2.2. Menjelaskan aspek-aspek penilaian di
PAUD


< 1

8.3. Mengembangkan
instrument penilaian dan
evaluasi proses dan hasi
lbelajar




8.3.1. Menganalisis jenis instrumen penilaian
di PAUD






2

8.4. Menganalisis hasil
penilaian proses dan hasil
belajar untuk berbagai
tujuan




8.4.1. Menganalisis proses dan hasil penilaian
belajar anak




1

8.4.2. Menganalisishasilpenilaianhasilbelajaranak

< 1

8.4.3. Menganalisishasilpenilaianprogramkegiatanbelajar
<




1

9.1. Menggunakan




9.1.1. Menyimpulkan hasil-hasil penilaian
untuk menentukan tingkat pencapaian


KOMPETENSI INTI
GURU

(Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL



KOGNITIF BLOOM

JUM

LAH
BUTIR





C2

C3

C4

C5

C6

informasi hasil penilaian
dan evaluasi untuk
menentukan ketuntasan
belajar




standar perkembangan anak usia dini






9.1.2. Menginterpretasikan hasil analisis
penilaian proses dan hasil belajar anak








1

9.2. Mengkomunikasikan
hasil penilaian dan
evaluasi kepada
pemangku kepentingan




9.2.1. Menerapkan teknik-teknik komunikasi
perkembangan anak pada orang tua

< 2



10. Melakukan
tindakan reflektif
untuk
peningkatan
kualitas
pembelajaran


10.1. Melakukan penelitian
tindakan kelas untuk
meningkatkan kualitas
pembelajaran lima mata
pelajaran SD/MI




10.1.1. Merinci karakteristik PTK






. < 1

10.1.2. Menjelaskan prinsip-prinsip PTK

< 1

10.1.3. Menerapkan prosedur PTK



10.1.4. Menginterpretasikan data-data hasil
penelitian tindakan

<
1. Menguasai
materi struktur
konsep, dan pola
piker keilmuan
yang mendukung
matapelajaran
yang diampu


1.1. Menguasai konsep
dasar matematika, sains,
bahasa, pengetahuan
sosial, agama, seni,
pendidikan jasmani,
kesehatan dan gizi sebagai
sarana pengembangan
untuk setiap bidang
pengembangan anak TK




1.1.1. Menganalisis pembelajaran
matematika bagi anak usia dini



1.1.2. Menganalisis pembelajaran sains bagi
anak usia dini
<>




 4

1.1.3. Menganalisis pembelajaran bahasa
bagi anak usia dini



1.1.4. Menganalisis pembelajaran
pengetahuan sosial bagi anak usia dini
< .





4

1.1.5. Menganalisis pembelajaran nilai-nilai
agama dan moral bagi anak usia dini



GURU

(Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL



KOGNITIF BLOOM

JUM

LAH
BUTIR





C2

C3

C4

C5

C6





1.1.6. Menganalisis pembelajaran pendidikan
jasmani, kesehatan, dan gizi bagi anak
usia dini








4



1.2. Menguasai
penggunaan berbagai alat
permainan untuk
mengembangkan aspek
fisik, kognitif, sosial-
emosional, nilai moral,
social budaya, dan bahasa
anak TK.




1.2.1. Mengkatagorisasikan alat permainan
untuk pengembangan kemampuan
sosial dan fantasi anak



 4

1.2.2. Mengkatagorisasikan alat permainan
untuk pengembangan kemampuan
eksplorasi dan mastery anak TK

 4

1.2.3. Mengkatagorisasikan alat permainan
untuk pengembangan kemampuan
musik dan seni anak


4

1.2.4. Mengkatagorisasikan alat permainan
untuk pengembangan kemampuan
fisik motorik anak
< /> 4



1.3. Menguasai berbagai
permainan anak




1.3.1. Mencontohkan permainan untuk
memenuhi kebutuhan main
sesorimotor






.









 4

1.3.2. Mencontohkan permainan untuk
memenuhi kebutuhan main peran






.









 4

1.3.3. Mencontohkan permainan untuk
memenuhi kebutuhan main
pembangunan






.









4

2. Menguasai
standar
kompetensi dan


2.1. Memahami
kemampuan anak TK
dalam setiap bidang




2.1.1. Menganalisis standar tingkat
pencapaian perkembangan nilai-nilai
agama dan moral anak TK










.





 4




KOMPETENSI INTI
GURU

(Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL



KOGNITIF BLOOM

JUM

LAH
BUTIR





C2

C3

C4

C5

C6

kompetensi dasar
mata
pelajaran/bidang
pengembangan
yang diampu






pengembangan




2.1.2. Menganalisis standar tingkat
pencapaian perkembangan fisik
motorik anak TK










.





 4

2.1.3. Menganalisis standar tingkat
pencapaian perkembangan kognitif
anak TK










.





4

2.1.4. Menganalisis standar tingkat
pencapaian perkembangan bahasa
anak TK










.





4

2.1.5. Menganalisis standar tingkat
pencapaian perkembangan sosial-
emosional anak TK










.





4

2.2. Memahami kemajuan
anak dalam setiap bidang
pengembangan di TK.




2.2.1. Membedakan klasifikasi penilaian
Belum Berkembang (BB), Mulai
Berkembang (MB), Berkembang Sesuai
harapan (BSH), dan Berkembang
Sangat Baik (BSB) dalam menilai
kemajuan perkembangan anak TK.






.









 4

3. Mengembangkan
materi
pembelajaran
yang diampu
secara kreatif


3.1. Memilih materi bidang
pengembangan yang
sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta
didik




3.1.1. Menentukan materi bidang
pengembangan sains untuk anak TK








.







4

3.1.2. Menentukan materi bidang
pengetahuan sosial untuk anak TK








.







4

3.1.3. Menentukan materi bidang
pengembangan bahasa untuk anak TK








.







4

3.1.4. Menentukan materi bidang
pengembangan seni untuk anak TK








.







4




KOMPETENSI INTI
GURU

(Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL



KOGNITIF BLOOM

JUM

LAH
BUTIR





C2

C3

C4

C5

C6

3.1.5. Menentukan materi bidang
pengembangan keterampilan proses
untuk anak TK








.







4

3.1.6. Menentukan materi bidang
pengembangan teknologi untuk anak
TK








.







4



3.2. Mengolah materi
bidang pengembangan
secara kreatif sesuai
dengan tingkat
perkembangan peserta
didik




3.3. Merancang kegiatan pengembang
materi sains untuk anak TK







4
r />3.4. Merancang kegiatan pengembangan
materi pengetahuan sosial untuk anak TK








.



4

3.5. Merancang kegiatan pengembangan
materi bahasa untuk anak TK




.



4

3.6. Merancang kegiatan pengembangan
materi seni untuk a




.



4

3.7. Merancang kegiatan pengembang
materi keterampilan proses anak TK










.



4

3.8. Merancang kegiatan pengembang
materi teknologi untuk anak TK










.



4

4. Mengembangkan
keprofesionalan
secara
berkelanjutan
dengan
melakukan
tindakan reflektif


4.1. Melakukan refleksi
terhadap kinerja sendiri
secara terus menerus.




4.1.1. Mengkatagorisasikan komponen
refleksi kinerja guru






.









4

4.2. Memanfaatkan hasil
refleksi dalam rangka
peningkatan
keprofesionalan




4.2.1. Menjelaskan manfaat hasil refleksi
kinerja guru






.









4

4.3. Mengikuti kemajuan




4.3.1. Mencontohkan model pengembangan






.






4




KOMPETENSI INTI
GURU

(Standar
Kompetensi)

KOMPETENSI GURU PAUD/RA

(Kompetensi Dasar)

INDIKATOR ESENSIAL



KOGNITIF BLOOM

JUM

LAH
BUTIR





C2

C3

C4

C5

C6

zaman dengan belajar dari
berbagai sumber




diri sesuai kemajuan zaman






5. Memanfaatkan
teknologi
informasi dan
komunikasi untuk
berkomunikasi
dan
mengembangkan
diri


5.1. Memanfaatkan
teknologi informasi dan
komunikasi
dalamberkomunikasi




5.1.1. Membandingkan efektivitas komunikasi
melalui penggunaan teknologi
informasi dengan cara manual














.

2

5.2. Memanfaatkan
teknologi informasi dan
komunikasi untuk
pengembangan diri.




5.2.1. Mengurutkan efektivitas penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi
sesuai dengan pengembangan diri








.







2





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMENTAR TIDAK BERBAU SARA,PORNOGRAFI DAN PELECEHAN INDIVIDU