DAFTAR BERITA

Jumat, 27 Februari 2015

Lima Perusahaan Perkebunan di Paluta Terima Penghargaan

Wakil Bupati Paluta H Riskon Hasibuan (Tengah) diabadikan poto bersama dengan para pimpinan perusahaan penerima penghargaan usai kegiatan upacara, Rabu (25/2).(Foto:Analisa/tohong p harahap)


INFO TABAGSEL.com-Sebanyak lima perusahaan perkebunan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menerima penghargaan dari Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta) karena berhasil menerapkan pelaksanaan panitia pembina K3 Nasional tahun 2015.

Penghargaan yang diserahkan Wakil Bupati Paluta H Riskon Hasibuan itu dilaksanakan bersamaan dengan peringatan hari keselamatan dan kesehatan kerja (K3) nasional tingkat Paluta yang digelar di lapangan utama kantor Bupati Paluta, Rabu (25/2).

Kelima perusahaan itu masing-masing, peringkat pertama ditempati PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJ) yang berada di Desa Simangambat Julu, Kecamatan Simangambat, kemudian PT Tapian Nadenggan Nauli PKS Langga Payung, PT Barumun Agri Sentosa (BAS), PT Tapian Nadenggan Nauli Kebun Langga Payung dan PT Tapian Nadenggan Nauli Kebun Paya Baung.

Wakil Bupati Paluta H Riskon Hasibuan membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia menyampaikan tema peringatan Hari K3 Nasional 2015 sejalan dengan agenda di pemerintahan kabinet kerja di antaranya peningkatan kualitas hidup manusia, produktivitas dan daya saing, kemandirian ekonomi dan revolusi karakter bangsa, maka tantangan besar yang kita hadapi disektor tenaga kerja adalah kualitas sumber daya manusia (SDM).

Untuk itu dibutuhkan usaha nyata guna meningkatkan kualitas SDM dalam rangka mendorong terlaksananya perlindungan K3 yang efektif dan efisien, meningkatkan upaya pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman dalam mendorong produktivitas.

Di sisi lain persyaratan K3 juga dilakukan dalam rangka memenuhi tuntutan negara-negara maju, khususnya negara yang menjadi representasi masyarakat international terhadap persyaratan suatu produk barang atau jasa, diantaranya harus memiliki mutuyang baik, aman dipergunakan, ramah lingkungan, dan memenuhi standar international tertentu seperti sistem manajemen mutu, manajemen lingkungan, manajemen K3 serta standar-standar lainnya.

Wakil Bupati Paluta H Riskon Hasibuan juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadirannya dalam apel upacara ini baik itu jajaran di lingkup Pemkab Paluta dan para perusahaan yang beroperasi di wilayah Paluta untuk bersama-sama memperingati K3 nasional tahun 2015.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosnakertrans Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP yang bertindak sebagai ketua panitia pelaksana kegiatan dalam laporannya menyampaikan, peringatan bulan K3 Nasional ini merupakan agenda tahunan dari Pemkab Paluta sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat tenaga kerja yang ada di wilayah Paluta. (ong)