DAFTAR BERITA

Kamis, 18 September 2014

Asian Games 2014:Indonesia Lolos Ke 16 Besar


INFO TABAGSEL.com-Timnas Indonesia U-23 melibas Maladewa dengan skor 4-0 dalam laga kedua Grup E, Asian Games 2014 di Stadion Incheon, Korea Selatan, Kamis (18/9). Ini adalah kemenangan kedua bagi Dedi Kusnandar dkk, sebelumnya Garuda Muda mencukur 7-0 Timor Leste (15/9). Dengan kemenangan ini anak asuh Aji Santoso lolos ke babak 16 Besar.

Di awal laga, Garuda Muda langsung mendominasi. Hasilnya menit 13,  Indonesia sudah unggul 1-0 lewat  Ramdhani Lestaluhu. Lepas dari penjagaan pemain belakang Maladewa, pemain Persija Jakarta itu menyambut bola umpan dari Fandi Eko Utomo untuk membobol gawang Maladewa.


Di menit 25, Ramdhani nyaris menambah gol mengoptimalkan umpan Alfin Tuasalamony. Sayang, bola masih melambung di atas mistar.


Jelang turun minum, Fandi Eko hampir mengoyak jala Maladewa. Namun tendangan jarak jauh pemain Persebaya Surabaya itu melebar dari mistar gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga turun minum.


Di babak kedua Indonesia semakin trengginas. Pada menit ke-49. Giliran Ferdinand Sinaga yang mencatatkan nama di papan skor. Lahirnya gol berawal dari umpan Ramdani dari sisi samping. Ferdinand menahan bola dan mampu menjaga bola dari rebutan bek lawan sebelum diceploskan ke gawang Maladewa.


Menit 56, Bayu Gatra mampu menyelesaikan kerja sama satu duanya dengan Ferdinand. Skor pun kembali berubah jadi 3-0 untuk keunggulan Indonesia.


Maladewa punya peluang di depan gawang untuk mencetak gol di menit ke-62. Beruntung, Andritany mampu melakukan penyelamatan gemilang. Sayang, penyelamatan itu berbuah cedera bagi kiper Indonesia itu sehingga digantikan Teguh Amiruddin.


Kiper Perseru Serui itu sukses membuat penyelamatan di menit pertamanya. Dani Saputra terpeleset hingga membuka ruang bagi Assadhulla Abdulla. Tapi, Teguh mampu memblok tendangan kapten Maladewa tersebut.


Setelah itu, Ramdani dan Ferdinand berhasil membuat peluang emas lewat skema bola mati. Namun, sundulan Ramdani masih melayang tipis, sedangkan tendangan melengkung Ferdinand mampu ditepis kiper Maladewa sambil melayang.


Menit ke-80, Indonesia sukses mencetak gol keempat ke gawang Maladewa setelah Alfin dijatuhkan di kotak penalti. Ferdinand yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya, sekaligus mencetak gol keenamnya di turnamen ini.


Masalah bagi Indonesia muncul saat cedera menimpa Ahmad Jufriyanto lima menit jelang bubaran. Pasalnya, Aji Santoso sudah melakukan tiga pergantian. Meski dengan 10 pemain, Indonesia bisa amankan keunggulan 4-0 sampai peluit panjang dibunyikan wasit.


Kemenangan ini membuat Indonesia mantap di puncak klasemen Grup E dengan poin enam sekaligus memastikan jadi tim ketiga yang lolos ke 16 besar setelah Korea Selatan dan Palestina. Di laga terakhir Garuda Muda akan melawan Thailand, Senin (22/9).

Tidak ada komentar: