DAFTAR BERITA

Kamis, 18 September 2014

Incheon siap gelar pembukaan Asian Games 2014 Besok

 

INFO TABAGSEL.com-Asian Games Incheon 2014 akan dibuka secara resmi dengan upacara "grand opening" pada Jumat (19/9), yang akan disaksikan sekitar 4,5 miliar manusia di seluruh benua Asia selama 16 hari.

Seperti dikutip dari laman resmi Asian Games 2014 di Jakarta, Kamis, Incheon yang merupakan kota utama maritim di pantai barat Korea Selatan akan menjadi rumah bagi lebih dari 14.000 atlet dan staf 48 negara hingga 4 Oktober, guna memperebutkan 439 medali emas dari 36 cabang olahraga.

Asian Games di Incheon adalah event olahraga ketiga antar-benua yang pernah diselenggarakan Korea Selatan setelah sebelumnya berlangsung di Seoul tahun 1986 dan Busan tahun 2002.

Tiongkok diperkirakan akan menjadi yang terkuat dalam event empat tahunan itu. Negara "super power" itu telah memuncaki setiap Asian Games sejak tahun 1982 di New Delhi, India. Di Guangzhou empat tahun lalu, Tiongkok mendapatkan medali terbanyak 199 emas, dimana peringkat kedua Korea Selatan hanya mendapatkan 76 medali emas.

Dibawah dominasi Tiongkok, Korea Selatan dan Jepang menghadirkan persaingan tersendiri untuk merebut peringkat kedua sejak Asian Games 1998 di Bangkok. Namun Korea Selatan terus unggul dan berniat untuk memperpanjang kemenanggannya atas Jepang menjadi lima kali berturut-turut di kandangnya sendiri.

Tim tuan rumah telah mengerahkan delegasi terbesarnya sepanjang Asian Games dengan 1.068 anggota termasuk 831 atlet yang akan bertarung dalam 36 cabang.

Korea Selatan mengharapkan bisa merebut lebih dari 90 medali emas dari cabang menembak, anggar, panahan, renang dan boling di antara cabang-cabang lain untuk menasbihkan statusnya sebagai negara nomer dua terbaik di dunia olahraga Asia mengungguli Jepang.

Sementara itu, kehadiran Korea Utara juga menarik perhatian selama berlangsungya Asian Games.

Negara dengan 273 anggota delegasi, termasuk 150 atlet akan bertanding dalam 14 cabang olahraga termasuk sepak bola, gulat dan angkat berat.

Mereka memulai kompetisi dengan baik saat tim sepak bola putra menghancurkan Tiongkok 3-0, Senin, dalam pertandingan penyisihan yang dimainkan sebelum pesta pembukaan resmi dilaksana
kan.

Tidak ada komentar: