DAFTAR BERITA

Senin, 26 Mei 2014

Temuan Fosil Gajah Raksasa Menghebohkan


INFO TABAGSEL.com-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menginstruksikan kepada Ahli Geologi untuk membuat jurnal internasional mengenai temuan fosil Gajah Raksasa di Dusun Sunggun, Desa Mendalem, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

"Ini penemuan luar biasa, fosil Gajah Purba setinggi empat meter, panjangnya lima meter, terbesar di dunia. Saya sudah minta Ahli Geologi untuk membuat jurnal internasional lalu mengumumkan ke luar negeri bahwa ada Gajah Purba ditemukan di Indonesia," ujar Menteri Jero kepada wartawan di Museum Geologi, Bandung, Sabtu 24 Mei 2014.

Menurut Menteri Jero, temuan tersebut akan menghebohkan dunia, karena temuan dinosaurus pada jaman dahulu juga menghebohkan dunia. "Replikanya sudah dibuat, dan akan dipajang," kata dia.

Fosil Gajah yang bernama ilmiah Elephas hysudrindicus itu berumur sekitar 200 - 250 ribu tahun dengan berat sekitar 6 hingga 8 ton. Fosil tersebut ditemukan oleh tim vertebrata Museum Geologi melalui kegiatan eksvakasi (penggalian) pada tahun 2009 di Desa Sunggun, Desa Mendalem Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.
Penemuan fosil tersebut dinilai spektakuler karena sejak dimulai eksvakasi fosil pada tahun 1850-an, baru pertama kali ditemukan fosil dari satu individu relatif utuh sekitar 90 persen. Petugas menyelesaikan rekonstruksi fosil pada tahun 2013, dan replikanya di pajang di Museum Geologi Bandung dan di Blora, Jawa Tengah. Sementara, fosil asli Gajah purba itu menjadi koleksi Museum Geologi Bandung.

Tidak ada komentar: