DAFTAR BERITA

Senin, 26 Mei 2014

SDA Diminta Ajukan Pengunduran Diri Tertulis dalam Satu-Dua Hari

 INFO TABAGSEL.com-Suryadharma Ali (SDA) telah mengembalikan kepercayaan sebagai Menteri Agama. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta SDA segera mengajukan surat pengunduran diri secara tertulis dalam satu atau dua hari ke depan.

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi menyampaikan hal ini dalam keterangan pers, seusai mendampingi Presiden SBY menerima Menag Suryadharma Ali, di Istana Bogor, Senin (26/5) siang.


"Presiden meminta agar Menteri Agama Suryadharma Ali mengajukan surat pengunduran diri tertulis dalam satu-dua hari ini untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan," ujar Mensesneg Sudi Silalahi.


Selain mengembalikan kepercayaan sebagai Menteri Agama kepada Presiden, SDA sekaligus menyerahkan laporan kinerja Kementerian Agama selama masa kepemimpinannya. Utamanya, yang terkait dengan kasus yang saat ini tengah disangkakan padanya, yaitu dugaan korupsi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 20012-2013.


Terkait predikat tersangka yang saat ini dikenakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), lanjut Sudi, Suryadharma merasa tidak bersalah. "Beliau merasa tidak bersalah dan kemudian menjelaskan panjang lebar tentang apa yang kini dihadapinya," Sudi menambahkan.


Dalam pertemuan tadi, Presiden SBY memberi nasihat agar SDA menjalani proses hukum tersebut dengan tabah, lalu menyiapkan semuanya dengan sebaik-baiknya. Menjadi tersangka bukanlah akhir dari segalanya. "Seperti diketahui bahwa status tersangka itu kita masih menghormati azas praduga tak bersalah," Sudi menjelaskan.


Ketika ditanyai perihal siapa pengganti SDA sebagai Menag pasca pengunduran dirinya, Sudi mengatakan bahwa Presiden belum menentukan spenggantinya. Pengganti Suryadharma Ali akan diputuskan seusai Presiden menerima surat pengunduran diri yang bersangkutan secara resmi.


"Presiden akan membicarakannya setelah mempertimbangkan surat pengunduran diri. Baru kemudian membicarakannya dengan Wapres dan beberapa menteri terkait," Mensesneg menuturkan.


Pemerintah berharap kasus ini tidak akan mengganggu Kemenag dalam penyelenggaraan haji yang akan berlangsung beberapa bulan lagi. Suryadharma, ujar Sudi Silalahi, tadi melaporkan kinerja penyelenggaraan haji dalam beberapa tahun terakhir justru menunjukkan hasil bagus.


"Jadi kita harap ini tidak sampai mengganggu proses haji yang akan datang, karena kita bekerja dengan sistem, dan sistem harus berjalan," Sudi menandaskan.

Tidak ada komentar: