DAFTAR BERITA

Minggu, 10 Februari 2013

Polda Sumut Simulasikan Pengamanan Pilgubsu


INFO TABAGSEL.com-Kepolisian Daerah Sumatera Utara melakukan simulasi pengamanan seluruh tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang dipadukan dalam Operasi Mantap Praja Toba 2013.

Dalam simulasi yang dilaksanakan di Mako Satuan Brimob Polda Sumut di Medan, Sabtu, diperagakan tentang upaya yang dilakukan personel kepolisian dalam menghadapi protes masyarakat terhadap tahapan pilkada.

Kemudian, diperagakan juga cara pengamanan di rumah seluruh calon gubernur dan calon wakil gubernur, serta pengamanan perjalanan mereka menuju lokasi kampanye.

Personel kepolisian dari berbagai satuan kerja tersebut melakukan simulasi pengamanan di lokasi kampanye yang akan dihadiri ribuan masyarakat.

Setelah itu, diperagakan juga teknik pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS), proses penghitungan suara, hingga pengumuman hasil pilkada.

Selain itu, diperagakan pula teknik dan pola penyelamatan kotak suara yang dicuri kelompok tertentu, penyelamatan pejabat KPU yang diculik, serta proses pengamanan pasangan cagub yang diteror dan evakuasi sandera yang mendapatkan ancaman bom.

Wakapolda Sumut Brigjen Pol Cornelis Hutagaol yang memimpin simulasi itu mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan agar pihak kepolisian memiliki kesiapan yang mantap dalam menjalankan tugas pengamanan pilkada.

Kesiapan tersebut sangat dibutuhkan karena tantangan dan kondisi yang akan dihadapi dalam pengamanan pilkada itu semakin kompleks.

“Polri harus luar biasa supaya masyarakat merasa tenteram, terayomi, dan terlindungi,” katanya.

Menurut dia, simulasi dan latihan tersebut juga dimaksudkan agar personel yang bertugas di lapangan nantinya memahami dengan baik wewenang dan tanggung jawabnya.

Selain itu, simulasi itu juga dimaksudkan agar personel kepolisian memiliki satu kesatuan dalam tugas dan tidak memiliki keraguan dalam menjalankan tanggung jawabnya.

“Petugas di lapangan tidak boleh ragu-ragu. Apa pun yang dilaksanakan dengan ragu-ragu, akan mengakibatkan kegagalan,” katanya.

Ia juga mengingatkan personel yang mengikuti simulasi tersebut dapat memperhatikan kesiapan dan kekompakan di lapangan agar mampu menjalakan tugas dengan tepat dan benar.

“Perhatikan dengan baik latihan ini. Lakukan yang terbaik. Jika masih ada kekurangan-kekurangan, lakukan perbaikan,” kata Wakapolda. (Ant)

Tidak ada komentar: