DAFTAR BERITA

Rabu, 07 Maret 2012

Ribuan Santri Paluta Ikuti Peragaan Manasik Haji


GUNUNGTUA, (Hukmas & KUB). Ribuan santri-santriwati dari Raudhatul Athfal (RA) bersama Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kab. Padanglawas Utara (Paluta) mengikuti peragaan manasik haji akbar yang merupakan pertama kali digelar di Kab.Paluta. Mereka tumpah ruah di Lapangan Merdeka, Kelurahan Pasar Gunungtua, Kec.Padangbolak, baru-baru ini.
Santri-santriwati berbondong-bondong besama orang tua masing-masing datang ke Lapangan Merdeka untuk mengikuti praktik manasik haji digelar Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) berkerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Paluta.
Kakan Kemenag Padanglawas Utara, Drs.H.Tohar Bayo Angin dalam sambutannya menyambut baik dalam dilaksanakannya manasik haji bagi peserta didik Raudhatul athfal,”Anak-anak merupakan penerusan bangsa dan agama. Karenanya, sejak dini mereka harus dibekali pendidikan dan pengalaman agama seperti manasik haji. Dengan manasik haji, anak bukan saja diperkenalkan dengan prosesi pelaksanaan ibadah haji, tetapi juga diperkenalkan tempat embarkasi penerbangan calon jamaah haji serta duplikat Ka’bah, Shafa dan marwah,”kata Tohar.
Hal senada juga dikatakan Bupati Padanglawas Utara, Drs. H.Bachrum Harahap yang diiwakili Wabup Paluta, Riskon Hasibuan. Bupati juga menyambut baik acara seperti ini danmengharapkan agar kelak dimasa yang akan datang bisa dilaksanakan secara berkesinambungan.
Ketua DPRD kab.Paluta, Muklis Harahap disela-sela kegiatan manasik haji perdana santri-santriwati RA dan MI kab. Paluta juga mengatakan, betapa antusiasnya ribuan santri dan santriwati RA mengikuti kegiatan ini dengan berbaris tertib, berseragam putih-putih layaknya orang yang berhaji.”Mereka juga tidak lupa membawa kantung berisikan batu kerikil untuk melempar jumroh,”kata Muklis