6,71%
9,12%
6,99%
19,24%
15,01%
11,77%
9,43%
7,51%
6,68%
5,1%
1,5%
0,95%

DAFTAR BERITA

Selasa, 06 Maret 2012

Kampus Terkecil di Amerika


BAYANGKAN sebuah perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa 38 orang. Bagaimana rasanya menuntut ilmu dengan jumlah mahasiswa sebanyak itu? Fakta ini memang menakjubkan dan benar-benar ada di Amerika Serikat.

Baru-baru ini, situs Inside College melansir perguruan tinggi terkecil di Amerika. Hasilnya, Alaska Bible College dinobatkan sebagai yang terkecil karena hanya memiliki 38 mahasiswa. Lantas, apa saja perguruan tinggi terkecil di Amerika?

Berikut daftarnya seperti dikutip dari Inside College, Senin (6/3/2012).

1. Alaska Bible College

Kampus dengan 38 mahasiswa ini berdiri pada 1966. Perguruan tinggi yang berlokasi di Glennallen, Alaska ini merupakan kampus swasta yang menerima pria dan wanita.

2. Shimer College

Shimer College merupakan kampus liberal art independen dengan jenjang pendidikan selama empat tahun. Kampus yang berlokasi di Chicago ini ‘hanya’ memiliki 81 mahasiswa. Di sini, mahasiswa bisa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi interpersonal dengan membaca Great Books, yang berisi cara mempertahankan gairah untuk belajar.

3. Thomas More College Of Liberal Arts

Kampus yang berlokasi di Merrimack, New Hampshire ini memiliki 84 mahasiswa. Thomas More College of Liberal Arts merupakan kampus swasta yang berdiri pada 1978. Kampus yang berafiliasi dengan Gereja Katolik Roma ini berdiri di atas lahan seluas 11 hektare.

4. Sterling College

Terletak di Green Mountains, Vermont, Sterling College memiliki 105 mahasiswa. Kurikulum kampus ini fokus ke pendidikan lingkungan yang dikombinasikan ilmu tradisional dan pengalaman. Program studi meliputi konservasi ekologi, pertanian berkelanjutan, humaniora lingkungan, sejarah alam, serta pendidikan luar ruangan dan kepemimpinan.

5. Lyme Academy College of Fine Arts

Kampus swasta ini memiliki 151 mahasiswa. Berlokasi di Old Lyme, Connecticut, kampus yang berdiri pada 1976 ini memiliki luas 47 hektare.

6. Bryn Athyn College of the New Church

Kampus yang berlokasi di Bryn Athyn, Philadephia ini memiliki 155 mahasiswa. Bryn Athyn College of the New Church berdiri pada 1877 dan memiliki luas 170 hektare.

7. Art Academy of Cincinnati

Kampus yang berlokasi di Cincinnati, Ohio ini memiliki 156 mahasiswa. Berdiri pada 1877, Art Academy of Cincinnati merupakan kampus swasta.

8. Burlington College

Burlington College memiliki 168 mahasiswa. Perguruan tinggi yang berlokasi di tepi Danau Champlain, Vermont ini, berdiri pada 1972. Perguruan tinggi liberal arts independen ini memiliki misi berbasis masyarakat yang menekankan pendidikan individual dan kewarganegaraan yang bertanggung jawab.

9. College of Visual Arts

Perguruan tinggi swasta ini memiliki 172 mahasiswa. Kampus swasta untuk pendidikan seni dan desain empat tahun ini berlokasi di daerah perumahan Summit Hill dan Cathedral Hill di St Paul, Minnesota.

10. Holy Apostles College and Seminary

Perguruan tinggi ini memiliki 260 mahasiswa. Berdiri pada 1957, Holy Apostles College and Seminary merupakan kampus swasta khusus untuk laki-laki. Dengan luas 70 hektare, kampus ini terkait dengan Gereja Katolik Roma.