DAFTAR BERITA

Jumat, 30 November 2012

Bangunan Masjid Agung Paluta Dipertanyakan

Foto: myvivapaluta
INFO TABAGSEL.com-Sejumlah kalangan dan warga di wilayah Kecamatan Padang Bolak dan sekitarnya, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mempertanyakan bangunan Masjid Agung yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Lingkungan Satu, Kelurahan Pasar Gunung Tua. Soalnya, hingga kini pembangunan belum rampung oleh PT Waskita. Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Paluta ini tak kunjung rampung padahal pembangunannya sudah berjalan beberapa bulan terakhir. Bangunan masjid yang terletak di simpang Hajoran ini menelan anggaran miliaran rupiah. Hanya saja, sangat disayangkan karena hingga sekarang pengerjaannya belum selesai.

"Kami heran kenapa pembangunan masjid ini (Masjid Agung) lama sekali, mestinya Pemkab Paluta perhatikanlah kenapa pembangunannya terlambat, kalau sudah rampung umat muslim di Paluta sudah bisa melakukan aktivitasnya disana," tanya Wakil Ketua Forum Pemuda Peduli Paluta, Haris Lubis kepada Analisa, Selasa (27/11).

Masjid Raya Gunung Tua ini dibangun berlantai dua dan menelan biaya miliaran rupiah berkapasitas sekitar 1.100 jamaah. Masjid itu memiliki luas bangunan 1.655,34 meter persegi.

Lantai satu dijadikan tempat ruang serba guna, sedangkan untuk lantai dua dijadikan tempat ibadah. Bangunan masjid memiliki menara dengan tinggi 40 meter, dan luas taman 2.955,25 meter persegi. Di sekitar masjid akan dibangun fasilitas seperti bangunan plaza salat dan tempat kurban, sarana parkir, panggung ruang serba guna serta tata hijau dan dikelilingi pagar yang menawan nan indah dan gerbang utama.

Pembangunan Masjid Raya Gunung Tua, terletak di Jalan Sisingamangaraja, Lingkungan Satu, Kelurahan Pasar Gunung Tua diperkirakan akan selesai akhir tahun 2012 mendatang.

Pejabat teknis PU Paluta, Ramlan, ketika dikonfirmasi Analisa menyebutkan sesuai dengan target dari pihak kontraktor, akhir tahun 2012 mendatang, bangunan ini akan selesai, "Sesuai target dari pihak kontraktor, akhir tahun ini akan selesai," ujarnya.

Pantauan Analisa, bangunan masjid tersebut hampir 95 persen selesai. Beberapa pekerja tampak fokus menyelesaikan bagian-bagian ba­ngunan yang belum jadi. Di sudut lain, Beberapa bangunan disekitar masjid ini sudah dipasangi pagar. Para pekerja terlihat tanpa henti mengerjakan tugasnya masing-masing.Sedangkan di luar bangunan, pagar proyek masih berdiri kokoh mengelilingi areal masjid raya Gunung Tua ini. (Analisa)

Tidak ada komentar: