DAFTAR BERITA

Senin, 02 Juli 2012

Tortor dan Gordang 9 Meriahkan HUT Bhayangkara di Sidimpuan

Kapolres P. Sidimpuan AKBP Andi Syahriful Taufik SIK, Walikota P. Sidimpuan Drs H Zulkarnaen Nasution manortor dalam rangkaian peringatan HUT ke-66 Bhayangkara di alun-alun pusat Kota Padangsidimpuan, Minggu (1/7). (Analisa/hairul iman hasibuan)

INFO PALUTA.com-Pertunjukan tarian tortor dan gordang sembilan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-66 di alun-alun (alaman bolak) pusat Kota Padangsidimpuan, Minggu (1/7). Kesenian adat Tortor dan Gordang Sembilan yang dipandu grup kesenian Gunung Kulabu itu diiringi tabuhan Gondang Topap (gendang dua) dipadu Gong dan alunan Onang-Onang yang merupakan kesenian asli adat Batak Angkola.

Menurut Kapolres P. Sidimpuan AKBP Andi Syahriful Taufik SIK, MSi didampingi Kasubbag Humas, AKP Indra F Dalimunthe, Indonesia punya ribuan jenis kesenian adat.

Khusus Tortor dan Gordang Sembilan, merupakan sesuatu yang sangat sakral dan punya keunikan tersendiri sehingga wajib untuk dilestarikan dan dilindungi agar tidak dicaplok pihak luar.

"Seni budaya adat Batang Angkola dan Mandailing sengaja dipilih untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke-66, selain menghibur juga sekaligus untuk melestarikan seni budaya agar tidak diklaim pihak luar," ujarnya.

Pantauan Analisa, HUT Bhayangkara ke-66 itu diisi devile pasukan melibatkan personil Polres, Det C Brimob Polda Sumut, Yonif 123/RW, Kodim 0212/TS, Kesbang Linmas, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, PAM Pilkada, OKP, dan anak-anak TK Kemala Bhayangkara.

Dilanjutkan dengan atraksi Gordang Sembilan dan Tortor, dimana Kapolres bersama Wali Kota, Zulkarnain Nasution, Danyonif 123/RW, Mayor Inf Musa David M Hasibuan dan unsur Muspida Plus didaulat menortor diatas karpet merah yang dibentangkan di Jalan WR Supratman.

Kapolres AKBP Andi S Taufik dan Wakapolres Kompol Maradolok Siregar juga berkesempatan menunjukkan kemampuannya menabuh Gondang Topap dan Gong yang dikolaborasi tabuhan Gordang Sembilan.

Sebelum acara hiburan, terlebih dahulu digelar upacara resmi HUT Bahyangkara ke-66 dilapangan Alaman Bolak Padang Nadimpu dengan inspektur upacara Wali Kota P.Sidimpuan Drs. H. Zulkarnaen Nasution.

Dalam amanatnya Walikota Zulkarnaen meminta Polres P. Sidimpuan untuk lebih meningkatkan kondusifitas Kamtibmas pada Pilkada tahun ini.

Diakuinya, di bawah kepemimpinan AKBP Andi S Taufik situasi Kamtibmas di kota P. Sidimpuan sangat kondusif dan aman.

Konsistensi Polres untuk turut memberantas penyakit masyarakat berupa judi dan prostitusi mendapat dukungan yang sangat baik dari segenap elemen masyarakat kota ini.

"Kondusifitas Kamtibmas kota P. Sidimpuan sangat fantastis di bawah kepemimpinan Kapolres AKBP Andi S Taufik, meski demikian saya berharap agar jangan lengah atas prestasi yang sudah tercapai dan tetap bersinergi dengan semua pihak untuk bisa mempertahankannya," harapnya. (Analisa)

Tidak ada komentar: