DAFTAR BERITA

Senin, 06 Februari 2012

KISI-KISI UJI KOMPETENSI GURU FISIKA SMA/MA

KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL
SERTIFIKASI GURU TAHUN 2012
Mata Pelajaran : Fisika
Jenjang : SMA/MA

Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
A. PROFESIONAL
11. Menguasai materi, struktur,
konsep, dan pola pikir
keilmuan yang mendukung
mata pelajaran yang
diampu.
11.1Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,
dan teori-teori fisika serta penerapannya
secara fleksibel.
Mekanika:
·
Menentukan percepatan rata-rata gerak
seekor serangga yang bergerak setengah
lingkaran dengan kelajuan yang konstan.
·
Menjelaskan gerak benda berdasarkan grafik
kecepatan fungsi waktu.
·
Menentukan panjang lintasan bola yang
dilemparkan bolak-balik oleh dua orang yang
berlari saling mendekat dengan kecepatan
konstan dari jarak tertentu.
·
Menggambar grafik hubungan antara besar
gaya Archimides dengan kedalaman dari
sebuah batu yang dijatuhkan ke dalam air.
·
Menentukan tinggi maksimum yang dapat


dicapai suatu benda, jika ditarik oleh benda
lain yang dijatuhkan melalui suatu sistem
katrol tunggal.
lain yang dijatuhkan melalui suatu sistem
katrol tunggal.
·
Menjelaskan kemungkinan gerak benda yang
memiliki percepatan tetap.
·
Menentukan daya yang dilakukan gaya yang
telah mengubah kecepatan suatu benda
dalam selang waktu tertentu.
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
·
Menjelaskan apa yang menyebabkan permukaan
bulan yang terlihat dari bumi selalu tetap.
Termodinamika:
·
Menjelaskan apa yang menyebabkan kalau memasak
air di kota Bandung akan mendidih di bawah suhu
100o C.
·
Membandingkan perubahan suhu dua benda yang
mendapatkan kalor sama, berdasarkan massa dan


kalor jenis ke dua benda.
·
Menjelaskan pengaruh kapasitas panas dan kalor
jenis, terhadap fenomena kecepatan perubahan suhu
suatu benda.
·
Menentukan suhu pada sambungan dua logam,
berdasarkan koefisien konduksi dan suhu ke dua
batang logam.
·
Menentukan massa es batu yang diperlukan untuk
menurunkan suhu air teh panas sampai pada suhu
tertentu.
·
Menentukan efisiensi mesin Carnot, berdasarkan data
perubahan suhu gas yang terdapat pada diagram PV.
·
Menjelaskan pengaruh tekanan terhadap titik lebur,
titik beku, titik didih, dan titik embun, berdasarkan
diagram PT.

Kompetensi Inti
Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial


Gelombang Optik:
·
Menentukan jarak objektif dan okuler
berdasarkan data yang ada pada
diagram pembentukan bayangan
sebuah mikroskop optik.
·
Menjelaskan alasan teoritis mengapa
gelombang cahaya dapat menunjukkan
fenomena polarisasi.
·
Menentukan frekuensi, berdasarkan
pola gelombang yang merambat pada
jarak dan kecepatan tertentu.
·
Menentukan perbandingan frekuensi
bunyi yang terdengar pada saat kereta
mendekat dan menjauhi pendengar
diam, berdasarkan kecepatan kereta
dan kecepatan bunyi di udara.
·
Menjelaskan parameter-parameter
gelombang, berdasarkan bentuk
persamaan gelombang.
·
Menentukan jumlah mesin yang
sedang beroprasi, berdasarkan
perbandingan intensitas bunyi mesin
yang terdengar.


·
Menentukan panjang gelombang
cahaya, berdasarkan konstanta kisi
yang digunakan untuk menghasilkan
pola interferensi yang dapat diamati
pada layar.
Kompetensi Inti
Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
Listrik Magnet:
·
Menentukan perbandingan gaya pada
dua muatan yang dipengaruhi oleh
sebuah muatan lain, berdasarkan
perbedaan jarak dan besar muatan dari
ke tiga jenis muatan.
·
Menentukan besar muatan yang
tersimpan dalam kapasitor,
berdasarkan kapasitas masing-masing
kapasitor dan selisih potensial
gabungan dari tiga kapasitor yang
dirangkaikan secara seri dan paralel.
·
Menentukan potensial listrik di titik
tertentu dari suatu muatan,
berdasarkan kuat medan listrik pada


suatu titik dari muatan.
·
Menentukan rangkaian tiga hambatan
yang sama dengan rangkaian tiga
hambatan yang disusun secara paralel.
·
Menentukan efisiensi transformator,
berdasarkan perbandingan jumlah
lilitan primer-sekunder dan kuat arus
yang mengalir pada lilitan primersekunder.
·
Menentukan arah gaya yang dialami
proton di dalam medan listrik,
berdasarkan arah kecepatan proton
terhadap kuat medan listrik tersebut.
Kompetensi Inti
Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
·
Menentukan arah medan magnet,
berdasarkan bentuk lintasan elektron
yang bergerak di dalam medan


magnet.
·
Menentukan perubahan suhu sejumlah
air yang dipanasi dengan kompor
listrik, berdasarkan waktu dan
karakteristik yang dimiliki oleh kompor
dan air.
Fisika Modern:
·
Menentukan jumlah inti atom yang
telah meluruh, berdasarkan grafik
jumlah partikel fungsi waktu dari suatu
zat radioaktif.
·
Menentukan jenis sinar radioaktif yang
keluar dari sumber, berdasarkan
bentuk lintasannya di dalam medan
magnet.
·
Menjelaskan postulat dalam teori atom
Bohr yang dapat dipergunakan untuk
mengatasi kelemahan teori atom
Rutherford.
·
Menentukan jumlah foton yang
dipancarkan oleh suatu pemancar,
berdasarkan karakteristik daya dan
frekuensi dari pemancar.


·
Menjelaskan sifat-sifat elektron foto
pada peristiwa efek foto listrik.
Kompetensi Inti
Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
11.2Memahami proses berpikir
fisika dalam
mempelajariproses dan gejala
alam.
11.3 Menggunakan bahasa simbolik
dalam mendeskripsikan proses
dan gejala alam.
11.4Memahami struktur (termasuk
hubungan fungsionalantar
konsep) ilmu Fisika dan ilmuilmu
lain yang terkait.
11.5Bernalar secara kualitatif
maupun kuantitatif
tentangproses dan hukum
fisika.
11.6 Menerapkan konsep, hukum,
dan teori fisika


untukmenjelaskan fenomena
biologi, dan kimia. biologi, dan kimia.
11.7 Menjelaskan penerapan
hukum-hukum fisika
dalamteknologi terutama yang
dapat ditemukan
dalamkehidupan sehari-hari.
·
Memberi contoh penerapan hukum
Faraday dalam teknologi yang banyak
dipergunakan dalam kehidupan seharihari
11.8 Memahami lingkup dan
kedalaman fisika sekolah.
11.9Kreatif dan inovatif dalam
penerapan dan
pengembangan bidang ilmu
fisika dan ilmu-ilmu yang
terkait.

Kompetensi Inti
Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
11.10Menguasai prinsip-prinsip dan
teori-teori pengelolaandan
keselamatan kerja/belajar di
laboratorium fisikasekolah.


11.11Menggunakan alat-alat ukur, -alat ukur, ·
Menentukan ketelitian jangka sorong
alat peraga, alat hitung,dan berdasarkan sistem skala utama dan
piranti lunak komputer untuk nonius pada alat ukur.
meningkatkan pembelajaran
fisika di kelas, laboratorium,
dan lapangan.
·
Menentukan luas benda menurut
aturan angka penting, berdasarkan
hasil pengukuran panjang dan lebar
·
benda dengan menggunakan jangka
sorong.
Membaca hasil pengukuran kuat arus
berdasarkan skala dan hambatan shunt
yang digunakan pada amperemeter.
11.12Merancang eksperimen fisika
untuk keperluan
pembelajaran atau
penelitian.
·
Merancang percobaan untuk
menyelidiki hubungan antara gaya
gesekan statis maksimum dan gaya
normal.
11.13Melaksanakan eksperimen
fisika dengan cara yang
benar
11.14Memahami sejarah
perkembangan IPA pada
umumnya khususnya fisika
dan pikiran-pikiran yang
mendasari perkembangan
tersebut.
·
Menjelaskan dasar pemikiran yang
dipergunakan Maxwell sehingga ia
dapat berhipotesa tentang keberadaan
gelombang elektromagnet.


Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
12. Menguasai
standarkompetensi
dankompetensi
dasarmata pelajaran
yangdiampu
12.1 Memahami standar
kompetensi mata pelajaran
yangdiampu.
12.2 Memahami kompetensi dasar
mata pelajaran yangdiampu.
12.3 Memahami tujuan
pembelajaran yang diampu.
13. Mengembang-kan
materi pembelajaran
yang diampusecara
kreatif.
13.1Memilih materi
pembelajaranyang diampu
sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
13.2Mengolah materi pelajaranyang
diampu secara kreatif sesuai
dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
14. Mengembang14.1Melakukan
refleksi


kankeprofesionalansec
ara berkelanjutan
dengan melakukan
tindakanreflektif
ara berkelanjutan
dengan melakukan
tindakanreflektif
terhadapkinerja sendiri
secara terusmenerus.
14.2Memanfaatkan hasil
refleksidalam rangka
peningkatankeprofesionalan.
14.3Melakukan penelitian
tindakankelas
untukpeningkatankeprofesion
alan.
·
Mengurutkan empat langkah pokok
dalam PTKdengan benar.
14.4Mengikuti kemajuan
zamandengan belajar dari
berbagaisumber.

Kompetensi Inti
Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
15. Memanfaatkant
eknologi
informasidan
komunikasi
untuk
mengembangkan
diri.
15.1 Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi
dalam berkomunikasi.
15.2Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi
untuk pengembangan diri.


Kompetensi Inti
Guru Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
1. Menguasai
karakteristik
peserta didik dari
aspek fisik,
moral, spiritual,
sosial,kultural,
emosional,dan
intelektual.
1.1 Memahami karakteristik
peserta didik yang berkaitan
dengan aspek fisik,
intelektual,sosial emosional,
moral, spiritual, dan latar
belakang sosial budaya.
1.2 Mengidentifikasi potensi
peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu.
1.3 Mengidentifikasi bekal ajar ·
Menjelaskan komponen kegiatan
awal peserta didik dalam pembelajaran yang dapat
matapelajaran yang diampu. dipergunakan untuk mengidentifikasi
bekal ajar awal peserta didik.
1.4 Mengidentifikasi kesulitan
belajar peserta didik dalam
mata pelajaran yang diampu.
2. Menguasai teori
belajar dan
prinsip-prinsip
pembelajaran
yang mendidik.
2.1 Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
terkait dengan mata pelajaran
yang diampu.
·
Menjelaskan prinsip terjadinya belajar
bermakna menurut David Ausubel.
·
Menjelaskan implikasi konstruktivisme
dalam praktek pembelajaran di


sekolah.
2.2 Menerapkan berbagai
pendekatan, strategi, metode,
dan teknik pembelajaran
yangmendidik secara kreatif
dalam mata pelajaran yang
diampu.
·
Menjelaskan alasan yang melandasi
perlunya diterapkan pendekatan
keterampilan proses dalam kegiatan
pembelajaran.
3. Mengembangkan
kurikulum yang
terkait dengan
mata pelajaran
yang diampu.
3.1 Memahami prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum.
3.2 Menentukan tujuan
pembelajaran yang diampu.
·
Merumuskan tujuan pembelajaran
yang menggambarkan proses dan hasil
belajar sesuai dengan kompetensi
dasar.
3.3 Menentukan pengalaman
belajar yang sesuai untuk
mencapai tujuan pembelajaran
yang diampu.
3.4 Memilih materi pembelajaran ·
Menentukan materi pokok
yang diampu yang terkait berdasarkan salah satu rumusan
dengan pengalaman belajar kompetensi dasar dalam standar Isi.
dan tujuan pembelajaran.
3.5 Menata materi pembelajaran
secara benar sesuai dengan


pendekatan yang dipilih dan
karakteristik peserta didik. karakteristik peserta didik.
3.6 Mengembangkan indikator dan
instrumen penilaian.
·
Membuat indikator yang sesuai dengan
instrumen penilaian.
4. Menyelenggarakan
pembelajaran
yang mendidik
4.1 Memahami prinsip-prinsip
perancangan
pembelajaranyang mendidik.
·
Menjelaskan prinsip perancangan
pembelajaran yang mendidik.
4.2 Mengembangkan komponenkomponen
rancangan
pembelajaran.
4.3 Menyusun rancangan
pembelajaran yang lengkap,
baik untuk kegiatan di dalam
kelas,laboratorium, maupun
lapangan.
·
Menjelaskan salah satu aktivitas guru
dalam kegiatan elaborasi pada kegiatan
inti pelaksanaan pembelajaran.
4.4 Melaksanakan pembelajaran
yang mendidik di kelas, di
laboratorium, dan di lapangan
dengan memperhatikan standar
keamanan yang dipersyaratkan.
4.5 Menggunakan media
pembelajaran dan sumber
belajaryang relevan dengan
karakteristik peserta didik dan
matapelajaran yang diampu
untuk mencapai tujuan
·
Menjelaskan jenis-jenis bahan ajar
yang dapat digunakan untuk
membantu guru dalam melaksanakan
kegiatan pembelajaran dan
memungkinkan siswa untuk belajar.


pembelajaransecara utuh.
Kompetensi Inti
Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
4.6 Mengambil keputusan
transaksional dalam
pembelajaran yang diampu
sesuai dengan situasi yang
berkembang.
·
Menentukan saat yang tepat untuk
mengambil keputusan memodifikasi
strategi pembelajaran yang telah
direncanakan dalam RPP.
5. Memanfaatkan
teknologi
informasi dan
komunikasi untuk
kepentingan
pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi
dalam pembelajaran yang
diampu.
6. Memfasilitasi
pengembangan
potensi peserta
didik untuk
mengaktualisasikan
berbagai
potensi yang
dimiliki.
6.1 Menyediakan berbagai kegiatan
pembelajaran untuk
mendorong peserta didik
mencapai prestasi secara
optimal.
6.2 Menyediakan berbagai kegiatan
pembelajaran
untukmengaktualisasikan
potensipeserta didik, termasuk
kreativitasnya.
·
Menjelaskan bentuk-bentuk beban
belajar yang dapat dilaksanakan untuk
mengaktualisasikan potensi peserta
didik, termasuk kreativitas.


7. Berkomunikasi Berkomunikasi 7.1 Memahami berbagai strategi
secara efektif, berkomunikasi yang
empatik,dan efektif,empatik, dan santun,
santun dengan secara lisan, tulisan, dan/atau
peserta didik. bentuk lain.


Kompetensi Inti
Guru Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
7.2 Berkomunikasi secara
efektif,empatik, dan santun
dengan peserta didik dengan
bahasa yang khas dalam
interaksi kegiatan/permainan
yang mendidik yang terbangun
secara siklikal dari:
(a)penyiapan kondisi
psikologis peserta didik
untuk ambil bagian dalam
permainan melalui bujukan
dan contoh,
(b)ajakan kepada peserta didik
untuk ambil bagian,
(c)respons peserta didik
terhadap ajakan guru, dan
(d)reaksi guru terhadap respons
peserta didik, dan
seterusnya.
8. Menyelenggarakan
penilaian dan
evaluasi proses
dan hasil belajar.
8.1 Memahami prinsip-prinsip
penilaian dan evaluasi proses
dan hasil belajar sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran
yang diampu.
·
Menjelaskan salah satu prinsip
penilaian hasil belajar pada jenjang
pendidikan dasar danmenengah


8.2 Menentukan aspek-aspek -aspek ·
Menjelaskan salah satu prinsip
proses dan hasil belajar yang penilaian yang digunakan dalam
penting untuk dinilai dan menentukan nilai KKM setiap mata
dievaluasi sesuai dengan pelajaran di sekolah.
karakteristik mata pelajaran
yang diampu.


Kompetensi Inti
Guru Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
8.3 Menentukan prosedur
penilaian dan evaluasi proses
dan hasil belajar.
8.4 Mengembangkan instrumen
penilaian dan evaluasi proses
dan hasil belajar.
·
Menentukan bentuk soal tes yang
cocok untuk mengetahui
perkembangan unjuk kerja peserta
didik.
8.5 Mengadministrasikan penilaian
proses dan hasil belajar secara
berkesinambungan dengan
mengunakan berbagai
instrumen.
8.6 Menganalisis hasil
penilaianproses dan hasil
belajar untuk berbagai tujuan.
·
Menentukan KKM suatu KD yang
memiliki sejumlah
indikator,berdasarkan nilai
kompleksitas daya dukung dan intake.
8.7 Melakukan evaluasi proses dan
hasil belajar.
9. Memanfaatkan
hasil penilaian
dan evaluasi
9.1 Menggunakan informasi hasil
penilaian dan evaluasi untuk
menentukan ketuntasan


untuk
kepentingan
pembelajaran.
kepentingan
pembelajaran.
belajar
9.2 Menggunakan informasi hasil
penilaian dan evaluasi untuk
merancang program remedial
dan pengayaan.
9.3 Mengkomunikasikan hasil
penilaian dan evaluasi kepada
pemangku kepentingan.

Kompetensi Inti
Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator Esensial
9.4 Memanfaatkan informasi hasil
penilaian dan evaluasi
pembelajaran untuk
meningkatkan kualitas
pembelajaran.
10. Melakukan
tindakan
reflektif untuk
peningkatan
kualitas
pembelajaran.
10.1Melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
·
Menentukan tahapan dari langkahlangkah
PTK, berdasarkan materi
diskusi yang dilakukan oleh seorang
guru dengan rekan sejawatnya.
10.2Memanfaatkan hasil refleksi
untuk perbaikan dan


pengembangan
pembelajaran dalam mata
pelajaran yang diampu.
pembelajaran dalam mata
pelajaran yang diampu.
10.3Melakukan penelitian tindakan
kelas untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran dalam
mata pelajaran yang diampu.
·
Membedakan jenis-jenis PTK,
berdasarkan teknik atau strategi yang
dipergunakan agar suatu kegiatan
pembelajaran menjadi efektif dan
efisien.


Tidak ada komentar: