DAFTAR BERITA

Selasa, 24 Juli 2012

Tim Kunjungi Makam Ompung Namora Pande Bosi

(Analisa/istimewa). Bakti Lubis Gelar Sutan Kumala Porang dari Pakantan dan Mustar Edi Hutasuhut gelar Sutan Sori Guna berziarah di Makam Ompung Namora Pande Bosi di Desa Sigalangan Tapanuli Selatan, kemarin

INFO TABAGSEL.com-Dari kunjungan Pomparan Namora Pandebosi ke Makam Ompung Namora Pande Bosi di Desa Sigalangan,Tapsel yang dilaksanakan Jumat (13/7), diputuskan untuk segera melakukan pemugaran terhadap makam, serta akan membebaskan lahan untuk jalan menuju lokasi makam dari Jalan Lintas Negara lebih kurang 600 meter, atau kira-kira 16 Km dari Kota Padang Sidempuan. Demikian disampaikan Ketua Penggagas Pomparan Namora Pande Bosi, Bakti Lubis Gelar Sutan Kumala Porang dari Pakantan, di dampingi oleh tim penggagas lainnya yakni Imal Lubis gelar Sutan Natoras Tambangan,Paruhum Lubis Gelar Mangaraja Paruhum dari Pakantan kepada wartawan Jumat (20/7).
Dijelaskan Bakti Lubis, tim yang berangkat ke Makam Ompung Namora Pande Bosi ke Sigalangan berjumlah 4 orang yakni, Bakti Lubis di dampingi oleh tim penggagas Imal Lubis gelar Sutan Natoras Tambangan, Paruhum Lubis Gelar Mangaraja Paruhum dari Pakantan dan Fadillah Hutri Lubis SH gelar Jamar Silang yang dilepas oleh Armansyah "Bob" Lubis Gelar Sutan Tua Paruhuman.

Ketika sampai di Sigalangan Tim Pomparan Namora Pande Bosi disambut oleh Mustar Edi Hutasuhut Gelar Sutan Sori Guna, Odang Lubis dan Mora Drs Syalamuddin Dalimunthe Gelar Baginda Ga Dombang yang menghantarkan langsung ke Makam Namor Pande Bosi. Timk melakukan peninjauan ke lokasi lahan yang akan dijadikan untuk jalan menuju akses ke Makam Namora Pande Bosi dari Jalan Besar Lintas Negara yang tujuannya untuk mempermudah akses jalur menuju Makam Namora Pande Bosi.

"Ketika itu timbul ide dan rencana untuk melakukan pembebasan lahan jalan menuju akses ke makam tersebut, serta membangun perpustakaan dan pusat souvenir untuk pengunjung yang mendatangi makam Namora Pande Bosi tersebut. Selama ini yang sudah melakukan pembebasan lahan adalah Odang Lubis yang merupakan pencipta dan penyanyi lagu-lagu Mandailing serta mora kami Drs Syalamuddin Dalimunth Gelar Baginda Ga Dombang ," ujar Bakti. Bakti juga menyebutkan dalam waktu dekat akan diluncurkan website Namora Pande Bosi sebagai wadah silaturahmi dan Komunikasi Namora Pande Bosi agar bisa diakses di seluruh dunia. (ANALISA)

Tidak ada komentar: