DAFTAR BERITA

Selasa, 07 Februari 2012

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru IPS SMP

Kisi-Kisi
Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Tahun 2012
-Kisi
Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Tahun 2012

MATAPELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
JENJANG SEKOLAH : SMP/MTs

KOMPETENSI PEDAGOGIK

Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
1. Menguasai
karakteristik peserta
didikdari aspek fisik,
moral, spiritual,
sosial,kultural,
emosional,dan
intelektual.
1.1 Memahami karakteristik pe-serta didik
yang berkaitandengan aspek fisik,
intelektual,sosial-emosional, moral,
spiritual, dan latar belakang sosialbudaya
1.1.1 Disajikan illustrasi kegiatan pembelajaran IPS dengan
model pembelajaran kooperatif, guru dapat
mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang
berhubungan dengan aspek fisik, intelektual, sosialemosional,
moral, spiritual, dan latar belakang sosial
budaya
1.2Mengidentifikasi potensi peserta didik
dalam mata pelajaran IPS
1.2.1 Disajikan illustrasi kegiatan pembelajaran IPS dengan
model pembelajaran berbasis masalah, guru dapat
mengidentifikasi potensi peserta didik dalam
matapelajaran IPS
1.3 Mengidentifikasi kesulitanbelajar peserta
didik dalammata pelajaran IPS
1.3.1Disajikan illustrasi kegiatan pembelajaran IPS dengan
pendekatan tematik, guru dapat menganalisis kesulitan
belajar peserta didik
2. Menguasai teori
belajar dan prinsipprinsip
pembelajaran yang
2.1Memahami berbagai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik terkaitdengan mata pelajaran IPS
2.1.1Disajikan illustrasi kegiatan pembelajaran IPS berbasis
pendekatan kontekstual, guru dapat mengidentifikasi
konsep-konsep yang menjadi dasar pijakan rasional
pengembangan pembelajaran IPS berbasis kontekstual


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
mendidik 2.1.2 Disajikan proposisi teori belajar konstruktivistik, guru
dapat mendeskripsikan penerapan kegiatan
pembelajaran berbasis konstruktivisme pada
pembelajaran IPS
3. Mengembangkan
kurikulum yang
terkait dengan
3.1 Mengembangkan indikator daninstrumen
penilaian
3.1.1 Disajikan rumusan kompetensi dasar matapelajaran IPS,
guru dapat merumuskan minimal 3 indikator yang
mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
matapelajaran IPS 3.2Menentukan tujuan pembelajaran IPS 3.2.1 Disajikan indikator yang dijabarkan dari KD sosiologi dan
geografi, guru dapat merumuskan tujuan pembelajaran
IPS dalam bentuk rumusan generalisasi (proposisi)
3.3 Memilih materi pembelajaran IPS yang
terkaitdengan pengalaman dan tujuan
pembelajaran
3.3.1 Disajikan berbagai indikator essensi yang dijabarkan dari
KD dari sosiologi, ekonomi, dan geografi, guru dapat
menentukan tema/topik sebagai materi pembelajaran
IPS sesuai dengan pengalaman dan tujuan pembelajaran
4. Menyelenggarakan
pembelajaran
yangmendidik.
4.1Memahami prinsip-prinsipperancangan
pembelajaranyang mendidik.
4.1.1 Guru dapat menganalisis prinsip-prinsip perancangan
pembelajaran yang mendidik sesuai dengan Permendiknas
No 41 Tahun 2007 tentang standard proses
4.2Menyusun rancangan pembelajaran yang
lengkap, baikuntuk kegiatan di dalam
kelas,laboratorium, maupun lapangan.
4.2.1Disajikan rumusan SK dan KD, guru dapat
mendeskripsikan penyusunan rancangan pembelajaran
yang lengkap untuk kegiatan di dalam kelas
4.2.2Disajikan rumusan SK dan KD, guru dapat mendeskrpsikan
penyusunan rancangan pembelajaran yang lengkap untuk
kegiatan di luar kelas
4.3 Menggunakan media pembelajaran dan
sumber belajaryang relevan dengan
karakteristik peserta didik dan
4.3.1Disajikan rumusan tujuan pembelajaran, guru dapat
mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran yang
relevan dengan karakteristik peserta didik dan


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
matapelajaran yang diampu
untukmencapai tujuan
pembelajaransecara utuh.
matapelajaran IPS untukmencapai tujuan
pembelajaransecara utuh.
4.3.2 Disajikan rumusan tujuan pembelajaran IPS, guru mampu
mendeskripsikan penggunaan sumber belajar yang
relevan dengan karakteristik peserta didik dan
matapelajaran IPS untuk mencapai tujuan pembelajaran
secara utuh
5. Memanfaatkan
teknologi informasi
dankomunikasi
untukkepentingan
pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalampembelajaran IPS.
5.1.1 Guru dapat mendeskripsikan cara memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi internet dalam
pembelajaran IPS
6. Memfasilitasi pengembangan
potensi peserta
didikuntuk
mengaktualisasikan
berbagaipotensi
yang dimiliki.
6.1Menyediakan berbagai kegiatan
pembelajaran untukmendorong peserta
didik mencapai prestasi secara optimal.
6.1.1 Disajikan illustrasi kegiatan pembelajaran, guru dapat
memberi contoh kegiatan pembelajaran untuk
mendorong peserta didik mencapai prestasi secara
optimal
6.2Menyediakan berbagai kegiatan
pembelajaran untukmengaktualisasi-kan
potensipeserta didik, termasuk
kreativitasnya.
6.2.1 Disajikan illustrasi kegiatan pembelajaran, guru dapat
memberi contoh kegiatan pembelajaran untuk
mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk
kreativitasnya
7. Berkomunikasi
secara efektif,
empatik,dan santun
denganpeserta
didik.
7.1Memahami berbagai
strategiberkomunikasi yang
efektif,empatik, dan santun, secaralisan,
tulisan, dan/atau bentuklain
7.1.1 Guru dapat mengembangkan komunikasi dengan
pendekatan iklim sosio emosional dalam proses interaksi
belajar-mengajar
7.1.2 Guru dapat mengembangkan komunikasi dengan
bahasa-bahasa proaktif dalam proses interaksi belajarmengajar



Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
8. Menyelenggarakanpenilaian
dan
evaluasi proses dan
8.1Memahami prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses danhasil belajar sesuai
dengan karakteristik mata pelajaran IPS
8.1.1 Guru dapat menganalisis prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses/hasil belajar sesuai dengan karakteristik
matapelajaran IPS
hasil belajar. 8.2Menentukan prosedur penilaiandan
evaluasi proses dan hasilbelajar
8.2.1 Disajikan contoh kegiatan pembelajaran, guru dapat
menentukan prosedur penilaian dan evaluasi yang tepat
untuk mengukur proses/hasil belajar sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran IPS
8.3Mengembangkan instrumenpenilaian dan
evaluasi prosesdan hasil belajar
8.3.1 Disajikan rumusan tujuan pembelajaran, guru dapat
mengembangkan indikator pengukuran/item pertanyaan
suatu instrumen penilaian dan evaluasi proses/hasil
sesuai dengan karakteristik matapelajaran IPS
8.4Menganalisis hasil penilaianproses dan
hasil belajar untukberbagai tujuan.
8.4.1 Diberikan data hasil penilaian pembelajaran IPS, guru
mampu menafsirkan hasil penilaianproses/hasil
untukberbagai tujuan dengan benar.
8.5Menentukan aspek-aspekproses dan hasil
belajar yangpenting untuk dinilai dan dievaluasi
sesuai dengan karak-teristik mata
pelajaran IPS
8.5.1 Disajikan illustrasi pelaksanaan penilaian di kelas, guru
mampu menentukan aspek-aspekproses dan hasil yang
penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik
mata pelajaran IPS dengan benar.
9. Memanfaatkan
hasilpenilaian dan
evaluasi untuk
9.1 Menggunakan informasi hasilpenilaian dan
evaluasi untukmerancang program
remedialdan pengayaan
9.1.1 Disajikan contoh kegiatan pembelajaran, guru dapat
menentukan program remedial/ pengayaan yang akan
dilakukan.
kepentingan
pembelajaran.
9.2 Mengkomunikasi-kan hasilpenilaian dan
evaluasi kepadapemangku kepentingan
9.2.1Disajikan data hasil penilaian, guru dapat
mengkomunikasikan hasilpenilaian dan evaluasi kepada
peserta didik dan orang tua
9.3Menggunakan informasi hasilpenilaian dan
evaluasi untukmenentukan ketuntasan
9.3.1 Guru dapatmenentukan kriteria ketuntasan minimal
(KKM) melalui informasi hasilpenilaian dan evaluasi


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
belajar
9.4 Memanfaatkan informasi hasilpenilaian
dan evaluasi pem-belajaran untuk
meningkatkankualitas pembelajaran
9.4.1Guru dapat menjelaskan upaya-upaya untuk meningkatkan
kualitas belajar melalui pemanfaatan informasi hasil
penilaian dan evaluasi.
10.Melakukan
tindakan reflektif
untukpeningkatan
10.1Melakukan refleksi
terhadappembelajaran yang
telahdilaksanakan
10.1.1 Diberikan contoh kasus, guru dapat memberi contoh
tindakan melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilakukan
kualitas
pembelajaran
10.2Memanfaatkan hasil refleksiuntuk
perbaikan dan pengembangan
pembelajaran dalammata pelajaran IPS
10.2.1Disajikan illustrasi pelaksanaan pembelajaran di kelas
guru dapat memberi contoh pemanfaatan hasil
refleksiuntuk perbaikan dan pengembangan
pembelajaran dalammata pelajaran IPS dengan tepat
10.3Melakukan PTK untuk
meningkatkankualitas pembelajaran mapel
IPS
10.3. Guru dapat menguraikan prosedur sistemik penelitian
tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran matapelajaran IPS

KOMPETENSI PROFESIONAL


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
1.Menguasai
materi,struktur,
konsep, danpola
1.1 Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir mata pelajaran IPS baik dalam
lingkup lokal, nasional, maupun global.
1.1.1 Guru mampu menganalisis konsep, struktur dan pola
pikir ilmu-ilmu sosial sebagai sumber bahan
pengembangan pembelajaran IPS


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
pikir keilmuanyang
mendukungmata
pelajaran IPS.
(Standar Kompetensi)
pikir keilmuanyang
mendukungmata
pelajaran IPS.
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
1.2 Membedakan struktur keilmuan IPS
dengan Ilmu-ilmu Sosial.
1.2.1 Guru mampu membedakan struktur keilmuan IPS dengan
ilmu-ilmu sosial dari aspek pendekatan pengorganisasian
materi, dan tujuan
1.3 Menguasai konsep dan pola pikir
keilmuan dalam bidang IPS.
1.3.1 Disajikan beberapa KD, guru mampu
mengorganisasikan konsep-konsep sejarah, sosiologi,
ekonomi, geografi dengan pendekatan interdisiplin
1.3.2 Disajikan beberapa KD, guru mampu
mengorganisasikan konsep-konsep sosiologi, geografi,
dan sosiologi dengan pendekatan multidisiplin
1.4 Menunjukkan manfaat mata pelajaran
IPS.
1.4.1 Disajikan 5 manfaat pembelajaran terpadu guru mampu
menunjukkan 3 manfaat pembelajaran terpadu bagi
siswa dengan benar
2. Memahami
lingkungan
kehidupan manusia
2.1Mendeskripsikan keragaman bentuk
muka, proses pembentukannya dan
dampaknya terhadap kehidupan
2.1.1 Guru mampu mendeskripsikan dampak keragaman
bentuk muka bumi terhadap kehidupan
2.1.2 Guru mampu mendeskripsikan dampak proses terjadinya
bentuk keragaman bentuk muka bumi terhadap
kehidupan
2. 2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa
pra-aksara
2.2.1 Guru mampu mendeskripsikan focus kebudayaan
kehidupan manusia pada jaman batu
2.2.2 Guru mampu mendeskripsikanfokus
kebudayaankehidupan manusia pada jaman logam
3. Memahami
kehidupan sosial
manusia
3.1Mendeskripsikan interaksi sebagai proses
sosial
3.1.1 Guru mampu menganalisis interaksi sebagai proses
sosial
3.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai
pembentukan kepribadian
3.2.1 Guru mampu menganalisis kepribadian sebagai hasil
internalisasi individu terhadap realitas sosial


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
3.3 Mengidentifikasi bentuk interaksi sosial 3.3.1 Disajikan wacana, guru mampu menganalisis proses
asosiatif-disosiatif dalam kehidupan sosial
4. Memahami usaha
manusia memenuhi
kebutuhan
4.1 Mendeskripsikan manusia sebagai
makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral dalam memenuhi kebutuhan
4.1.1 Guru mampu menguraikan keterkaitan konsep sosial,
moralitas dengan hedonisme manusia dalam memenuhi
kebutuhan
4.2Mengidentifikasi tindakan ekonomi
berdasarkan motif dan prinsip ekonomi
dalam berbagai kegiatan sehari-hari
4.2.1 Guru mampu mengidentfikasi motif sebabdan motif
tujuanmanusia melakukan tindakan ekonomi berdasarkan
prinsip ekonomi
5.Memahami usaha
manusia untuk
mengenali
5.1 Menggunakan peta, atlas, dan globe
untuk mendapatkan informasi keruangan
5.1.1 Guru mampu menjelaskan aspek multidimensional
keruangan sebagai ruang hidup manusia melalui peta,
atlas, dan globe
perkembangan
lingkungannya
5.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang
menggambarkan objek geografi
5.2.1 Guru mampu mendeskripsikan pembuatan sketsa dan
peta wilayah yang mengambarkan objek geografi
5.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan
penduduk
5.3.1 Disajikan wacana, guru mampu mendeskripsikan
hubungan antara kondisi geografis dan penduduk
5.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi
di atmosfer dan hidrosfer, serta
5.4.1 Guru mampu menganalisis dampak gejala-gejala yang
terjadi di atmosfir terhadap kehidupan
dampaknya terhadap kehidupan 5.4.2 Guru mampu menganalisis dampak gejala-gejala yang di
hidrosfer terhadap kehidupan
6. Memahami
perkembangan
masyarakat sejak
masa Hindu-Budha
6.1 Mendeskripsikanperkembangan
masyarakat, kebudayaan dan
pemerintahan pada masa Hindu-Budha,
serta peninggalan-peninggalannya
6.1.1 Guru mampu mendeskripsikan perkembangan kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa klasik (Hindu-Budha)
dalam aspek sosial politik dan kesenian


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
sampai masa
Kolonial Eropa
6.2 Mendeskripsikan perkembangan
masyarakat, kebudayaan, dan
pemerintahan pada masa Islam di
Indonesia, serta peninggalanpeninggalannya
6.2.1 Guru mampu mendeskripsikan perkembangan kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa madya (Islam) dalam
aspek sosial-politik dan kesenian
7. Memahami kegiatan
ekonomi
7.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi
penduduk, penggunaan lahan dan pola
7.1.1Guru mampu mendeskripsikan kegiatan ekonomi
penduduk berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
masyarakat permukiman berdasarkan kondisi fisik
permukaan bumi
7.1.2Guru mampumendeskripsikan penggunaan lahan
berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
7.1.3Guru mampu mendeskripsikan pola pemukiman
berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
7.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok
ekonomi yang meliputi kegiatan
7.2.1 Guru mampu mendeskripsikan kegiatan konsumsi sebagai
kegiatan pokok ekonomi
konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
7.2.2 Guru mampu mendeskripsikan kegiatan produksi sebagai
kegiatan pokok ekonomi
7.2.3Guru mampu mendeskripsikan kegiatan distribusi
barang/jasa sebagai kegiatan pokok ekonomi
7.3 Mendeskripsikan peran badan usaha,
termasuk koperasi, sebagai tempat
berlangsungnya proses produksi dalam
kaitannya dengan pelaku ekonomi
7.3.1 Disajikan salah satu jenis badan usaha, guru mampu
mendeskripsikan peran perusahaan sebagai tempat
berlangsungnya proses produksi kaitannya dengan pelaku
ekonomi
7.4 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam
tindakan ekonomi untuk mencapai
kemandirian dan kesejahteraan
7.4.1 Guru mampu mengungkapkan gagasan kreatif dalam
tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan
kesejahteraan
8. Memahami
permasalahan
8.1 Mengidentifikasi permasalahan
kependudukan dan upaya
8.1.1Disajikan kasus, guru mampu menganalisis upaya
penanggulangan masalah kependudukan sesuai dengan


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
sosial berkaitan
dengan
penanggulangan-nya essensi masalahanya
pertumbuhan
jumlah penduduk
8.2 Mendeskripsikan permasalahan
lingkungan hidup dan upaya
penanggulangan-nya dalam
pembangunan berkelanjutan
8.2.1Disajikan kasus, guru mampu menganalisis upaya
penanggulangan masalah lingkungan hidup sesuai dengan
essensi masalahnya
8.3Mendeskripsikan permasalahan
kependudukan dan dampaknya terhadap
pembangunan
8.3.1 Disajikan kasus, guru mampu menganalisis dampak
masalah kependudukan terhadap pembangunan
9. Memahami proses
kebangkitan
nasional
9.1 Menjelaskan proses perkembangan
kolonialisme dan imperialisme Barat,
serta pengaruh yang ditimbulkannya di
berbagai daerah
9.1.1 Guru mampu menjelaskan dampak perkembangan politik
kolonialisme/imperialisme dari kuno ke modern terhadap
kehidupan sosial-ekonomi masyarakat Indonesia di
berbagai daerah
9.2 Menguraikan proses terbentuknya
kesadaran nasional, identitas Indonesia,
9.2.1 Guru mampu menguraikan terbentuknya kesadaran
nasional Indonesia
dan perkembangan pergerakan
kebangsaan Indonesia
9.2.2 Guru mampu menguraikan perkembangan pergerakan
kebangsaan Indonesia dari perspektif dinamika perjuangan
organisasi-organisasi pergerakan nasional melawan
berbagai kebijakan politik imperialis
10 Memahami
masalah
penyimpangan
sosial
10.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit
sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids,
PSK, dan sebagainya) sebagai akibat
penyimpangan sosial dalam keluarga dan
masyarakat
10.1.1 Guru mampu mengidentifikasi penyakit sosial yang
diakibatkan oleh penyimpangan sosial dalam keluarga
10.1.2 Guru mampu mengidentifikasi penyakit sosial yang
diakibatkan oleh penyimpangan sosial dalam
masyarakat


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
11 Memahami
kegiatan pelaku
ekonomi di
masyarakat
11.1 Mendeskripsikan hubungan antara
kelangkaan sumber daya dengan
kebutuhan manusia yang tidak terbatas
11.1.1 Guru mampu mendeskripsikan hubungan antara
kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang
tidak terbatas
11.2 Mendeskripsikan pelaku ekonomi:
rumah tangga, masyarakat, perusahaan,
koperasi, dan negara
11.2.1 Guru mampu mendeskripsikan peran pelaku ekonomi
11.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam
kegiatan ekonomi masyarakat
11.3.1 Guru mampu mengidentifikasi bentuk pasar dalam
kegiatan ekonomi masyarakat
12 Memahami usaha
persiapan
kemerdekaan
12.1 Mendeskripsikanperistiwa-peristiwa
sekitar proklamasi dan proses
terbentuknya negara kesatuan
RepublikIndonesia
12.1.1 Guru mampu mendeskripsikan peristiwa
Rengasdengklok sebagai peristiwa sejarah yang
mendorong terwujudnya proklamasi kemerdekaan RI
sebagai deklarasi terbentuknya NKRI
13. Memahami pranata
dan penyimpangan
13.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk
hubungan sosial
13.1.1 Guru mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk
hubungan sosial
sosial 13.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam
kehidupan masyarakat
13.2.1 Guru mampu mendeskripsikan pranata sosial sebagai
standar perilaku normatif dalam kehidupan masyarakat
13.3 Mendeskripsikan upaya pengendalian
penyimpangan sosial
13.3.1Guru mampu mendeskripsikan upaya pengendalian
penyimpangan sosial berdasarkan aspek pelaksanaannya
14. Memahami
kegiatan
perekonomian
14.1 Mendeskripsikan permasalahan
angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai
sumber daya dalam kegiatan ekonomi,
14.1.1 Guru mampu mendeskripsikan faktor-faktor penyebab
timbulnya masalah angkatan kerja dan ketenaga kerjaan
di Indonesia sebagai sumber daya kegiatan ekonomi
Indonesia serta peranan pemerintah dalam upaya
penanggulangan-nya
14.1.2 Disajikan kasus, guru mampu mendeskripsikan peranan
pemerintah dalam upaya menanggulangi masalah
angkatan kerja dan tenaga kerja di Indonesia


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
14.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku
ekonomi dalam sistem perekonomian
Indonesia
14.2.1Disajikan bagan pelaku ekonomi, guru mampu
mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem
perekonomian Indonesia
14.3 Mendeskripsikan fungsi pajak dalam
perekonomian nasional
14.3.1 Disajikan 5 fungsi pajak guru,mampu mendeskripsikan 3
fungsi pajak dalam perekonomian nasionaldengan benar
14.4 Mendeskripsikan permintaan dan
penawaran serta terbentuknya harga
14.4.1 Disajikan data permintaan suatu barang guru dapat
mendeskripsikan hukum permintaan dengan benar
pasar 14.4.2 Disajikan data pernawaran suatu barang guru dapat
mendeskripsikan hukum penawaran dengan benar
14.4.3 Disajikan data permintaan dan penawaran guru dapat
mendeskripsikanterbentuknya harga pasardengan benar
15. Memahami kondisi
perkembangan
negara di dunia
15.1Mengidentifi-kasi ciri-ciri negara
berkembang dan negara maju
15.1.1 Guru mampu mengidentifikasi perbedaan karakteristik
negara berkembang dan negara maju
15.2 Mendeskripsikan Perang Dunia II
(termasuk pendudukan Jepang) serta
pengaruhnya terhadap keadaan sosial,
ekonomi, dan politik di Indonesia
15.2.1 Guru mampu mendeskripsikan berbagai dampak
politik, ekonomi, sosial di Indonesia sebagai pengaruh
pendudukan Jepang di Indonesia
16. Memahami usaha
mempertahankan
kemerdekaan
16.1 Mengidentifikasiusaha perjuangan
mempertahankan kemerdekaan
Indonesia
16.1.1 Guru mampu mengidentifikasi usaha-usaha diplomasi
sebagai perjuangan Indonesia mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
16.2 Mendeskripsikanperistiwa-peristiwa
politik dan ekonomi Indonesia pasca
pengakuan kedaulatan
16.2.2 Guru mampu mendeskripsikan peristiwa politik dan
ekonomi yang mengarah pada disintegrasi nasional
pasca pengakuan kedaulatan
17. Memahami
perubahan sosial
budaya
17.1 Mendeskripsikan perubahan sosialbudaya
pada masyarakat
17.1.1 Guru mampu mendeskripsikan perubahan sosial
budaya yang terjadi di dalam kehidupan sosial
masyarakat


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
17.2 Menguraikan tipe-tipe perilaku
masyarakat dalam menyikapi perubahan
17.2.1 Guru mampu menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat
dalam menyikapi perubahan
18. Memahami
lembaga
keuangan dan
18.1Mendeskripsikan uang dan lembaga
keuangan
18.1.1 Guru mampu menjelaskan fungsi uang dan lembaga
keuangan dalam pereknomian nasional maupun
internasional
perdagangan
internasional
18.2 Mendeskripsikan perdagangan
internasional dan dampaknya terhadap
perekonomian Indonesia
18.2.1 Disajikan kasus, guru mampu mendeskripsikan dampak
perdagangan internasional terhadap perekonomian
Indonesia
19. Memahami
hubungan manusia
19.1 Menginterpretasi peta tentang bentuk
dan pola muka bumi
19.1.1 Guru mampu menginterpretasi peta tentang bentuk dan
pola muka bumi
dengan bumi 19.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsurunsur
geografis dan penduduk di
kawasan Asia Tenggara
19.2.1 Guru mampu mendeskripsikan keterkaitan unsur
geografis dengan penduduk di kawasan Asia Tenggara
19.3 Mendeskripsikan pembagian permukaan
bumi atas benua dan samudera
19.3.1 Guru mampu mendeskripsikan pembagian permukaan
bumi atas benua dan samudera
20. Memahami usaha
mempertahankan
20.1 Mendeskripsikan perjuangan bangsa
Indonesia merebut Irian Barat
20.1.1 Guru mampu mendeskripsikan upaya diplomasi bangsa
Indonesia merebut Irian Barat
Republik Indonesia 20.2 Mendeskripsikanperistiwa tragedi
nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G
30 S/PKI dan konflik-konflik internal
lainnya
20.2.1 Guru mampu mendeskripsikan gerakan komunisme di
Indonesia
21. Memahami
perubahan
21.1 Menjelaskan berakhirnya masa Orde
Baru dan lahirnya Reformasi
21.1.1 Guru mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab
berakhirnya kekuasaan Orde Baru
pemerintahan dan
kerjasama
21.2.1 Guru mampu mendeskripsikan lahirnya reformasi
21.2 Menguraikan perkembangan lembaga21.2.1
Guru mampu menguraikan peran Indonesia dalam


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
internasional lembaga internasional dan peran
Indonesia dalam kerjasama internasional
kerjasama dengan lembaga-lembaga internasional dalam
aspek politik
21.3 Menguraikan perilaku masyarakat
dalam perubahan sosial-budaya di era
global
21.3.1 Guru mampu menguraikan perilaku masyarakat dalam
perubahan sosial di era global
21.4 Mendeskripsikan kerjasama
antarnegara di bidang ekonomi
21.4.1 Guru mampu mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama
antarnegara di bidang ekonomi
21.5 Mengidentifikasi dampak kerjasama
antarnegara terhadap perekonomian
Indonesia
21.5.1 Guru mampu menganalisis dampak kerjasama
antarnegara terhadap perekonomian Indonesia