Kisi-Kisi Bahasa Indonesia -Kisi Bahasa Indonesia
Kisi-Kisi
Uji Kompetensi Awal Sertifikasi
Guru Tahun 2012
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jenjang : SMP/SMA
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
1. Mengungkapkan
secara
lisan wacana
nonsastra
1.1 Menggunakan wacana
lisan untuk wawancara
1.1.1 Disajikan penggalan teks
wawancara, guru dapat menentukan
jenis pertanyaan yang cocok
dengan kutipan.
1.1.2 Disajikan sebuah pertanyaan
untuk wawancara, guru dapat
menentukan jawaban yang harus
disampaikan narasumber
dengan benar
1.2 Menggunakan wacana
lisan untuk presentasi
laporan dan pidato
1.2.1 Disajikan penggalan pidato,
guru dapat memilih kalimat yang
tidak sesuai dengan konteksnya.
1.2.2 Disajikan penggalan pidato,
guru dapat menentukan jenis
komponen pidato yang sesuai
dengan penggalan tersebut.
1.2.3 Disajikan sebuah konteks
berpidato, guru dapat menentukan
kalimat pembuka/penutup pidato
yang benar.
1.3 Menggunakan wacana
lisan untuk diskusi
1.3.1 Disajikan pernyataan yang
disampaikan dalam diskusi, guru dapat
menentukan pernyataan persetujuan
atau tidak persetujuan
yang tepat.
1.3.2 Disajikan sebuah konteks
diskusi, guru dapat memilih komponen
diskusi yang seharusnya ada.
2. Mengungkapkan
wacana
tulis nonsastra
2.1 Menulis pesan singkat
dan surat
2.1.1 Disajikan konteks kebutuhan
pembuatan surat
dinas, guru dapat
menentukan pembuka surat yang tepat.
2.1.2 Disajikan konteks kebutuhan
pembuatan surat
dinas, guru dapat
menentukan penutup surat yang tepat.
2.1.3 Disajikan konteks pembuatan
surat pribadi,
guru dapat
menentukan isi surat pribadi yang santun.
2.1.4 Disajikan konteks
kelembagaan pembuat surat,
guru dapat
memilih penulisan kepala surat yang tepat.
2.1.5 Disajikan konteks kebutuhan
menulis memo dari seorang pejabat,
guru dapat memilih kalimat isi
memo yang tepat .
2.2 Menulis teks berita 2.2.1
Disajikan sebuah berita, guru dapat menentukan kelemahan
penulisan berita tersebut.
2.3 Menulis slogan,
poster, dan iklan baris
2.3.1 Disajikan sebuah slogan,
guru dapat menentukan kelemahan
slogan tersebut.
2.4 Menulis karya ilmiah 2.4.1
Disajikan tema sebuah karangan, guru dapat menentukan
komponen isi karangan secara
tepat.
2.4.2 Disajikan sebuah kutipan
dari buku yang disertai dengan identitas
buku, guru dapat menentukan
kutipan yang tepat.
2.4.3 Disajikan identitas tiga
buku, guru dapat menuliskan daftar
Kisi-Kisi Bahasa Indonesia -Kisi Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
2.4.4 Disajikan sebuah konteks
penulisan karya ilmiah, guru dapat
menentukan penulisan judul yang
tepat.
2.4.5 Disajikan penggalan karya
ilmiah, guru dapat menentukan
penggalan tersebut termasuk dalam
komponen apa.
2.5 Menulis paragraf 2.5.1
Disajikan sebuah paragraf yang bagian awalnya dirumpangkan,
guru dapat memilih kalimat yang
tepat mengawali paragraf.
2.5.2 Disajikan sebuah paragraf
yang bagian akhirnya dirumpangkan,
guru dapat memilih kalimat yang
tepat mengawali paragraf.
2.5.3 Disajikan sebuah paragraf,
guru dapat menentukan paragraf lain
yang pola pengembangannya sama.
2.5.4 Disajikan sebuah paragraf
yang penanda hubung antarkalimatnya
dihilangkan, guru dapat memilih
kata hubung yang paling tepat.
2.6 Menulis kalimat dan
penggunaan ejaan
2.6.1 disajikan sebuah kalimat
yang salah beberapa ejaannya, guru
dapat memilih kalimat yang
ejaannya benar
2.6.2 Disajikan kalimat yang
tidak efektif, guru dapat menentukan
kalimat efektifnya
3. Memahami
wacana
nonsastra
3.1 Memahami berbagai
teks
3.1.1 Disajikan sebuah paragraf,
guru dapat memilih kalimat topik
yang tepat.
3.1.2 Disajikan sebuah paragraf,
guru dapat memilih kalimat penjelas
yang tidak mendukung isi
paragraf.
3.1.3 Disajikan sebuah paragraf,
guru dapat memilih ide pokok yang
tepat.
3.1.4 Disajikan satu penggalan
teks, guru dapat menentukan makna
kalimat yang selaras dengan teks
(secara tersirat).
3.2 Menyimpulkan dan
merangkum isi suatu teks
3.2.1 Disajikan satu penggalan
teks, guru dapat memilih simpulan
yang cocok dengan isi teks.
3.2.2 Disajikan satu penggalan
teks, guru dapat menentukan
rangkuman yang relevan dengan isi
teks.
3.3 Membedakan antara
fakta dan opini dalam teks
3.3.1 Disajikan sebuah teks, guru
dapat memilih fakta yang terdapat
dalam teks secara benar.
3.3.2Disajikan sebuah teks, guru
dapat memilih opini yang terdapat
dalam teks secara benar.
3.4 Mengubah sajian
grafik, tabel, atau bagan
menjadi uraian
3.4.1 Disajikan sebuah tabel,
guru dapat menentukan simpulan isi tabel
secara benar.
3.4.2 Disajikan sebuah diagram,
guru dapat menentukan simpulan isi
tabel secara benar.
4. Membacakan
dan
membawakan
karya sastra
4.1 Membacakan cerita
pendek atau novel
4.1.1 Berdasarkan kutipan cerpen
atau novel, guru dapat
menyimpulkan cara bercerita
dengan memperhatikan lafal,
intonasi, dan ekspresi
4.2 Membacakan puisi 4.2.1
Berdasarkan kutipan puisi, guru dapat menyimpulkan cara
membaca puisi dengan
memperhatikan lafal, intonasi, dan
ekspresi
4.3 Membawakan atau 4.3.1
Berdasarkan kutipan dialog drama, guru dapat menyimpulkan
Kisi-Kisi Bahasa Indonesia -Kisi Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
memerankan drama cara memerankan
drama dengan memperhatikan lafal, intonasi,
ekspresi, dan lakuan
5. Memahami
ragam teks
sastra
5.1 Memahami unsurunsur
puisi lama dan baru
5.1.1 Guru dapat menyimpulkan
pesan puisi dengan tepat, berdasarkan
kutipan puisi yang sajikan.
5.1.2 Guru dapat menyimpulkan
tema puisi dengan tepat, berdasarkan
kutipan puisi yang sajikan
5.1.3 Guru dapat melengkapi puisi
dengan mempertimbangkan rima
berdasarkan kutipan puisi yang
dirumpangkan
5.1.4 Guru dapat melengkapi puisi
dengan pilihan dan makna kata
yang tepat, berdasarkan kutipan
puisi yang dirumpangkan
5.1.5 Guru dapat menentukan makna
puisi dengan tepat, berdasarkan
kutipan puisi yang sajikan
5.1.6 Guru dapat melengkapi puisi
dengan mempertimbangkan majas
yang tepat, berdasarkan kutipan
puisi yang dirumpangkan
5.1.7 Guru dapat menentukan
pencitraan dengan tepat, berdasarkan
kutipan puisi yang sajikan
5.2 Memahami unsurunsur
cerita pendek atau
novel
5.2.1 Guru dapat menyimpulkan
tema cerita pendek atau novel
dengan tepat berdasarkan kutipan
yang disediakan.
5.2.2 Guru dapat menganalisis
watak tokoh dengan tepat berdasarkan
kutipan cerpen atau novel yang
disediakan.
5.2.3 Guru dapat menentukan latar
cerita pendek atau novel dengan
tepat berdasarkan kutipan yang
disediakan.
5.2.4 Guru dapat menentukan sudut
pandang cerita pendek atau
novel dengan tepat berdasarkan
kutipan yang disediakan.
5.2.5 Guru dapat menentukan alur
cerita pendek atau novel dengan
tepat berdasarkan kutipan yang
disediakan.
5.2.6 Guru dapat menentukan pesan
cerita pendek atau novel dengan
tepat berdasarkan kutipan yang
disediakan.
5.3 Memahami unsurunsur
drama
5.3.1 Guru dapat menentukan alur
drama, berdasarkan kutipan dialog
drama yang disajikan.
5.3.2 Guru dapat menentukan pesan
drama, berdasarkan kutipan
dialog drama yang disajikan.
5.3.3 Guru dapat menentukan tema
drama, berdasarkan kutipan
dialog drama yang disajikan.
5.3.4 Guru dapat menentukan latar
drama, berdasarkan kutipan
dialog drama yang disajikan
tokoh.
6. Mengekspresikan
pikiran,
perasaan, dan
pengalaman
melalui karya
sastra
6.1 Menulis pantun
sesuai dengan syarat
pantun
6.1.1 Disajikan sebuah pantun,
guru dapat memilih dengan tepat
pantun yang sejenis.
6.1.2 Guru dapat melengkapi
pantun dengan tepat berdasarkan isi
atau sampiran pantun yang
disajikan.
6.1.3 Guru dapat melengkapi
pantun dengan rima yang tepat dari
pantun yang dirumpangkan.
6.2 Menulis dongeng 6.2.1 Guru
dapat menyusun kembali dongeng dengan urutan yang
tepat berdasarkan kutipan dongeng
yang kalimat-kalimatnya
diacak.
6.2.2 Guru dapat melengkapi
dongeng dengan latar yang tepat
berdasarkan kutipan dongeng yang
dirumpangkan.
6.2.3 Guru dapat menentukan tokoh
dongeng dengan tepat
berdasarkan dongeng yang
dirumpangkan.
6.3 Menulis puisi bebas 6.3.1
Guru mampu menyusun kembali puisi dengan isi yang tepat
Kisi-Kisi Bahasa Indonesia -Kisi Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
berdasarkan kutipan puisi yang
larik-lariknya diacak
6.3.2 Guru mampu menyusun rima
dan isi puisi yang tepat
berdasarkan kutipan puisi yang
dirumpangkan.
6.4 Menulis drama 6.4.1 Guru
menyusun dialog drama dengan tepat, berdasarkan
ilustrasi yang disajikan
6.4.2 Guru melengkapi keterangan
lakuan drama, berdasarkan dialog
yang disajikan
6.5 Menulis cerpen 6.5.1 Guru
dapat menyusun kembali alur cerpen dengan urutan yang
tepat berdasarkan kutipan cerpen
yang kalimat-kalimatnya
diacak.
6.5.2 Guru dapat melengkapi
cerpen dengan latar yang tepat
berdasarkan kutipan cerpen yang
dirumpangkan.
6.5.3 Guru dapat menentukan tokoh
cerpen dengan tepat
berdasarkan cerpen yang dirumpangkan.
6.6 Menulis kritik dan esai 6.6.1
Berdasarkan ilustrasi yang diberikan, guru dapat menulis isi kritik
6.6.2 Guru bisa memilih tulisan
kritik yang bahasanya santun
7. Memiliki
Kompetensi.
Pedagogis
Pembela-jaran
Bahasa
Indonesia
7. 1 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran
menyimak yang
mendidik
7.1.1 Setelah disajikan sebuah KD
“menyimak” guru dapat memilih
indikator yang tepat
7.1.2 Disajikan KD “menyimak”
guru dapat memilih rancangan materi
pembelajaran yang tepat
7.1.3 Disajikan rancangan
pembelajaran dengan KD “menyimak” guru
dapat memilih media yang tepat
7.1.4 Guru dapat memilih jenis
evaluasi pembelajaran menyimak
dengan KD “menyimak”
7.1.5 Disajikan situasi penilaian
pembelajaran menyimak dengan KD
“menyimak” guru dapat memilih
jenis pertanyaan yang sesuai
dengan prinsip pembelajaran BI
yang mendidik
7.2 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran berbicara
yg mendidik
7.2.1 Guru dapat memilih materi
yang sesuai dengan KD “berbicara”
7.2.2 Disajikan sebuah metode
pelaksanaan pembelajaran yang sesuai
dengan KD “berbicara” guru dapat
memperbaiki langkah
pembelajaran yang kurang tepat.
7.2.3 Setelah disajikan KD ”berbicara”
guru dapat memilih jenis tes
yang tepat
7.3 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran membaca
yg mendidik
7.3.1 Disajikan sebuah KD
“membaca” guru dapat memilih indikator
yang sesuai dengan KD tersebut.
7.3.2 Disajikan KD “membaca“ guru
dapat memilih metode yang tepat.
7.3.3 Disajikan konteks
pelaksanaan pembelajaran membaca dengan
KD “tertentu” guru dapat memilih
media yang tepat.
Kisi-Kisi Bahasa Indonesia -Kisi Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
7.4 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran menulis yg
mendidik
7.4.1 Setelah disajikan KD
“menulis” guru dapat memilih indikator
yang tepat
7.4.2 Disajikan KD ”menulis” guru
dapat memilih materi
pembelajaran yang tepat
7.4.3 Disajikan sebuah konteks
metode pembelajaran menulis guru
dapat menentukan KD yang sesuai
dengan rancangan metode
tersebut.
7.4.4 Disajikan gambar-gambar
media pembelajaran menulis guru
dapat menentukan KD yang sesuai
dengan rancangan media
tersebut.
7.4.5 Disajikan konteks
pembelajaran menulis dengan KD “tertentu”
guru dapat memilih metode dan
merancang pelaksanaan
pembelajaran dengan benar.
8. Memiliki
Kompetensi
Pedagogis
Pembelajaran
Sastra Indonesia
(puisi, prosa
fiksi, drama)
8.1 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran menyimak
unsur dan nilai karya
sastra yang mendidik
8.1.1 Disajikan KD “menyimak
sastra” guru dapat memilih materi yang
tepat.
8.1.2 Disajikan KD “menyimak
sastra” guru dapat menentukan teknik
evaluasi yang tepat
8.1.3 Disajikan KD “menyimak
sastra” guru dapat menentukan jenis
penilaian yang tepat.
8.2 Menyusun RPP,
melaksanaka, dan
mengevaluasi
pembelajaran berbicara
unsur dan nilai karya
sastra yang mendidik
8.2.1 Disajikan sebuah konteks
pembelajaran berbicara sastra dengan
KD ”tertentu” guru dapat menilai
materi yang tepat.
8.2.2 Disajikan konteks
pembelajaran berbicara sastra dengan KD
“tertentu” guru dapat
menganalisis rancangan pembelajaran
yang sesuai dengan KD tersebut.
8.2.3 Disajikan KD “berbicara
sastra” guru dapat memilih media yang
tepat
8.2.4 Disajikan sebuah kriteria
penilaian “berbicara sastra” guru dapat
menilai ketepatan criteria
tersebut.
8.3 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
mengevaluasi
pembelajaran membaca
unsur dan nilai karya
sastra yang mendidik
8.3.1 Disajikan sebuah KD
“tertentu” guru dapat menentukan
sumber belajar yang tepat.
8.3.2 Disajikan KD ”membaca
sastra”. Guru dapat memilih materi yang
tepat.
8.3.3 Disajikan KD “Membaca
sastra” guru dapat memilih materi yang
tepat
8.4 Menyusun RPP,
melaksanakan, dan
8.4.1 Disajikan indikator
pembelajaran guru dapat memilih KD
“menulis sastra” yang tepat untuk
indikator tersebut
Kisi-Kisi Bahasa Indonesia -Kisi Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar)
mengevaluasi
pembelajaran menulis
kreatif karya sastra yang
mendidik
Indikator Esensial
8.4.2 Disajikan KD “menulis
sastra “ guru dapat memilih rancangan
pembelajaran yang tepat
8.4.3 Disajikan KD ”menulis
sastra” guru dapat memilih media yang
tepat
8.4.4 Disajikan tabel penilaian
dengan KD “menulis sastra” guru dapat
menentukan alat penilaian yang
kurang tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar