KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL
SERTIFIKASI GURU TAHUN 2012
-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL
SERTIFIKASI GURU TAHUN 2012
Mata Pelajaran : IPA
Jenjang : SMP/MTs
Kompetensi: Profesional
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung
mata pelajaran yang diampu.
20.1 Memahami konsep-konsep, hukumhukum,
dan teori-teori IPA serta
penerapannya secara fleksibel.
Membandingkan suatu besaran dengan
besaran pokok
Menentukan nilai suhu pada termometer
tertentu dari data nilai suhu termometer
standar
Menghitung volume akhir zat setelah
mengalami perubahan temperatur
Menarik kesimpulan tentang sifat fisika bahan
kimia dari tabel data sifat bahan kimia yang
disajikan
Membuat grafik yang sesuai dari suatu data
gerak lurus yang disajikan dalam tabel
Mengelompokkan zat ke dalam molekul unsur
dan molekul senyawa
1
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
Membuat grafik yang sesuai dari sajian data
tekanan dan volume gas
Menentukan besarnya hambatan listrik suatu
komponen dari data hasil percobaan
Menghitung besarnya perubahan energi dari
data yang disajikan dengan tepat
Menentukan urutan organisasi kehidupan
dari tingkat sel sampai organisme
Menentukan rumus kimia sederhana
Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah
beraturan serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
20.2 Memahami proses berpikir IPA dalam
mempelajari proses dan gejala alam
Menarik kesimpulan dari data hasil
penelitian
Mengevaluasi sistem regulasi manusia
20.3 Menggunakan bahasa simbolik dalam
mendeskripsikan proses dan gejala
alam.
Menyimpulkan data yang ditampilkan dalam
tabel
20.4 Memahami hubungan antar berbagai Mengkomunikasikan laju kecepatan
2
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
cabang IPA, dan hubungan IPA dengan
matematika dan teknologi.
fotosintesis
Menentukan penotif pada F2
20.5 Bernalar secara kualitatif maupun
kuantitatif tentang proses dan hukum
alam sederhana.
Menentukan jenis muatan listrik suatu benda
berdasarkan interaksi yang dialami benda
tersebut dengan benda lain yang bemuatan
listrik
Memprediksi pengaruh kepadatan populasi
terhadap ketersediaan bahan pangan
Menganalisis rantai makanan
menentukan grafik yang sesuai untuk
menggambarkan sifat dan wujud air
Menentukan besarnya tegangan listrik suatu
hambatan dalam rangkaian listrik
Menentukan besarnya gaya yang terukur oleh
neraca pegas pada suatu formasi beban
tertentu
Menganalisis grafik gerak lurus berubah
beraturan serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
20.6 Menerapkan konsep, hukum, dan teori Menjelaskan fenomena sehari-hari dengan
3
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
IPAuntuk menjelaskan berbagai
fenomena alam.
menggunakan konsep atom, ion, dan molekul
Menghitung besarnya tegangan tali dari
formasi tiga balok yang diketahui massa
masing-masing balok, dan gaya penariknya
dengan menggunakan hukum II Newton
Membandingkan cepat rambat gelombang
bunyi dalam medium yang berbeda
Menggunakan hukum pemantulan cermin
dalam perhitungan
Menghitung tegangan, kuat arus listrik, dan
jumlah lilitan suatu trafo berdasarkan prinsip
induksi elektromagnetik
Menggunakan Hukum II Kepler untuk
memprediksi kecepatan edar suatu planet
Memberikan contoh pembuahan tunggal
Menentukan golongan darah pada
keturunan
Menentukan proses pertukaran gas pada
sistem respirasi
Menentukan organism sesuai tingkat
4
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
trofiknya
Menentukan gerak pada tumbuhan
Menentukan persamaan reaksi pernapasan
Menentukan istilah dalam teknik rekayasa
genetika
Menggunakan hukum pemantulan dan
pembiasan dalam menentukan arah lintasan
cahaya
20.7 Menjelaskan penerapan hukum-hukum
IPA dalam teknologi terutama yang
dapat ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari.
Menghitung besarnya energi listrik yang harus
dibayar berdasarkan data pemakaian alat
listrik selama sebulan
Menentukan contoh-contoh produk
bioteknologi
20.8 Memahami lingkup dan kedalaman IPA
sekolah.
Menganalisis sistem peredaran darah
Menganalisis hubungan proses fotosintesis
dan respirasi
Mengaitkan struktur dan fungsi tumbuhan
Menganalisis hubungan kerja otot bisep dan
trisep serta pergerakan tulang
5
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
Menganalisis kelainan pada proses
pembentukan urin
Menentukan fungsi dari bagian bunga
Menentukan jenis sendi
Menentukan daerah rasa pada lidah
20.9 Kreatif dan inovatif dalam penerapan
dan pengembangan IPA.
Mencari alternative pengganti bahan kimia
buatan
20.10 Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori
pengelolaan dan keselamatan
kerja/belajar di laboratorium IPA
sekolah.
Membaca simbol senyawa kimia berbahaya
20.11 Menggunakan alat-alat ukur, alat
peraga, alat hitung, dan piranti lunak
komputer untuk meningkatkan
pembelajaran IPA di kelas,
laboratorium.
Membaca hasil pengukuran dengan
menggunakan jangka sorong secara tepat
Membaca hasil pengukuran dengan
menggunakan mikrometer sekrup secara tepat
20.12 Merancang eksperimen IPA untuk
keperluan pembelajaran atau penelitian
Merumuskan hipotesis dari percobaan faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan
tumbuhan
6
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
20.13 Melaksanakan eksperimen IPA dengan
cara yang benar.
Menjelaskan langkah-langkah cara membuat
dan memperkuat kemagnetan
Menentukan langkah dalam membuat
preparat basah
20.14 Memahami sejarah perkembangan IPA
dan pikiran-pikiran yang mendasari
perkembangan tersebut.
Menemukan tokoh teori atom
21. Menguasai standar kompetensi dan
kompetensi dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan yang diampu.
21.1 Memahami standar kompetensi mata
pelajaran yang diampu
21.2 Memahami kompetensi dasar mata
pelajaran yang diampu
21.3 Memahami tujuan pembelajaran yang
diampu
22. Mengembangkan materi pembelajaran
yang diampu secara kreatif.
22.1 Memilih materi pembelajaran yang
diampu sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik
22.2 Mengolah materi pelajaran yang diampu
secara kreatif sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
7
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
23. Mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan melakukan
tindakan reflektif.
23.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja
sendiri secara terus-menerus.
23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam
rangka peningkatan keprofesionalan.
23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas
untuk peningkatan keprofesionalan.
23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan
belajar dari berbagai sumber.
24. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan
mengembangkan diri.
24.1 Memanfaatkan teknologi informasi
dankomunikasi dalam berkomunikasi.
24.2 Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk pengembangan diri.
8
SERTIFIKASI GURU TAHUN 2012
-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL
SERTIFIKASI GURU TAHUN 2012
Mata Pelajaran : IPA
Jenjang : SMP/MTs
Kompetensi: Profesional
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
20. Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung
mata pelajaran yang diampu.
20.1 Memahami konsep-konsep, hukumhukum,
dan teori-teori IPA serta
penerapannya secara fleksibel.
Membandingkan suatu besaran dengan
besaran pokok
Menentukan nilai suhu pada termometer
tertentu dari data nilai suhu termometer
standar
Menghitung volume akhir zat setelah
mengalami perubahan temperatur
Menarik kesimpulan tentang sifat fisika bahan
kimia dari tabel data sifat bahan kimia yang
disajikan
Membuat grafik yang sesuai dari suatu data
gerak lurus yang disajikan dalam tabel
Mengelompokkan zat ke dalam molekul unsur
dan molekul senyawa
1
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
Membuat grafik yang sesuai dari sajian data
tekanan dan volume gas
Menentukan besarnya hambatan listrik suatu
komponen dari data hasil percobaan
Menghitung besarnya perubahan energi dari
data yang disajikan dengan tepat
Menentukan urutan organisasi kehidupan
dari tingkat sel sampai organisme
Menentukan rumus kimia sederhana
Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah
beraturan serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
20.2 Memahami proses berpikir IPA dalam
mempelajari proses dan gejala alam
Menarik kesimpulan dari data hasil
penelitian
Mengevaluasi sistem regulasi manusia
20.3 Menggunakan bahasa simbolik dalam
mendeskripsikan proses dan gejala
alam.
Menyimpulkan data yang ditampilkan dalam
tabel
20.4 Memahami hubungan antar berbagai Mengkomunikasikan laju kecepatan
2
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
cabang IPA, dan hubungan IPA dengan
matematika dan teknologi.
fotosintesis
Menentukan penotif pada F2
20.5 Bernalar secara kualitatif maupun
kuantitatif tentang proses dan hukum
alam sederhana.
Menentukan jenis muatan listrik suatu benda
berdasarkan interaksi yang dialami benda
tersebut dengan benda lain yang bemuatan
listrik
Memprediksi pengaruh kepadatan populasi
terhadap ketersediaan bahan pangan
Menganalisis rantai makanan
menentukan grafik yang sesuai untuk
menggambarkan sifat dan wujud air
Menentukan besarnya tegangan listrik suatu
hambatan dalam rangkaian listrik
Menentukan besarnya gaya yang terukur oleh
neraca pegas pada suatu formasi beban
tertentu
Menganalisis grafik gerak lurus berubah
beraturan serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
20.6 Menerapkan konsep, hukum, dan teori Menjelaskan fenomena sehari-hari dengan
3
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
IPAuntuk menjelaskan berbagai
fenomena alam.
menggunakan konsep atom, ion, dan molekul
Menghitung besarnya tegangan tali dari
formasi tiga balok yang diketahui massa
masing-masing balok, dan gaya penariknya
dengan menggunakan hukum II Newton
Membandingkan cepat rambat gelombang
bunyi dalam medium yang berbeda
Menggunakan hukum pemantulan cermin
dalam perhitungan
Menghitung tegangan, kuat arus listrik, dan
jumlah lilitan suatu trafo berdasarkan prinsip
induksi elektromagnetik
Menggunakan Hukum II Kepler untuk
memprediksi kecepatan edar suatu planet
Memberikan contoh pembuahan tunggal
Menentukan golongan darah pada
keturunan
Menentukan proses pertukaran gas pada
sistem respirasi
Menentukan organism sesuai tingkat
4
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
trofiknya
Menentukan gerak pada tumbuhan
Menentukan persamaan reaksi pernapasan
Menentukan istilah dalam teknik rekayasa
genetika
Menggunakan hukum pemantulan dan
pembiasan dalam menentukan arah lintasan
cahaya
20.7 Menjelaskan penerapan hukum-hukum
IPA dalam teknologi terutama yang
dapat ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari.
Menghitung besarnya energi listrik yang harus
dibayar berdasarkan data pemakaian alat
listrik selama sebulan
Menentukan contoh-contoh produk
bioteknologi
20.8 Memahami lingkup dan kedalaman IPA
sekolah.
Menganalisis sistem peredaran darah
Menganalisis hubungan proses fotosintesis
dan respirasi
Mengaitkan struktur dan fungsi tumbuhan
Menganalisis hubungan kerja otot bisep dan
trisep serta pergerakan tulang
5
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
Menganalisis kelainan pada proses
pembentukan urin
Menentukan fungsi dari bagian bunga
Menentukan jenis sendi
Menentukan daerah rasa pada lidah
20.9 Kreatif dan inovatif dalam penerapan
dan pengembangan IPA.
Mencari alternative pengganti bahan kimia
buatan
20.10 Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori
pengelolaan dan keselamatan
kerja/belajar di laboratorium IPA
sekolah.
Membaca simbol senyawa kimia berbahaya
20.11 Menggunakan alat-alat ukur, alat
peraga, alat hitung, dan piranti lunak
komputer untuk meningkatkan
pembelajaran IPA di kelas,
laboratorium.
Membaca hasil pengukuran dengan
menggunakan jangka sorong secara tepat
Membaca hasil pengukuran dengan
menggunakan mikrometer sekrup secara tepat
20.12 Merancang eksperimen IPA untuk
keperluan pembelajaran atau penelitian
Merumuskan hipotesis dari percobaan faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan
tumbuhan
6
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
20.13 Melaksanakan eksperimen IPA dengan
cara yang benar.
Menjelaskan langkah-langkah cara membuat
dan memperkuat kemagnetan
Menentukan langkah dalam membuat
preparat basah
20.14 Memahami sejarah perkembangan IPA
dan pikiran-pikiran yang mendasari
perkembangan tersebut.
Menemukan tokoh teori atom
21. Menguasai standar kompetensi dan
kompetensi dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan yang diampu.
21.1 Memahami standar kompetensi mata
pelajaran yang diampu
21.2 Memahami kompetensi dasar mata
pelajaran yang diampu
21.3 Memahami tujuan pembelajaran yang
diampu
22. Mengembangkan materi pembelajaran
yang diampu secara kreatif.
22.1 Memilih materi pembelajaran yang
diampu sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik
22.2 Mengolah materi pelajaran yang diampu
secara kreatif sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
7
Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mapel Fisika Indikator Esensial
23. Mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan melakukan
tindakan reflektif.
23.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja
sendiri secara terus-menerus.
23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam
rangka peningkatan keprofesionalan.
23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas
untuk peningkatan keprofesionalan.
23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan
belajar dari berbagai sumber.
24. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan
mengembangkan diri.
24.1 Memanfaatkan teknologi informasi
dankomunikasi dalam berkomunikasi.
24.2 Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk pengembangan diri.
8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar