DAFTAR BERITA

Kamis, 18 Juni 2015

Ribuan Warga Padati Sungai Batang Pane

Menyambut datangnya bulan suci Ramadan, ribuan warga Gunung Tua dan sekitarnya, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) memadati Sungai Batang Pane atau yang dikenal Pantai Kahona, Desa Gunung Tua Tonga, untuk mandi dan makan bersama di tepi sungai, Rabu (17/6).(FOTO:Analisa/tohong p harahap)


INFO TABAGSEL.com-Ribuan warga Gunung Tua dan sekitarnya, Kecamatan Pa­dang Bolak, Kabupaten Pa­dang Lawas Utara (Paluta) memadati Sungai Batang Pane Desa Gunung Tua Tonga, Rabu (17/6). Kedatangan mereka untuk melakukan “mar­pangir” dalam menyambut Ramadan.

Masyarakat mulai memadati sungai sejak Rabu siang hingga sore dengan beragam jenis ken­daraan, termasuk dengan mobil bak terbuka dengan memboyong anggota ke­luarga, lengkap de­ngan bera­gam makanan sebagai santapan. Situasi ini menye­babkan arus lalulintas menuju Desa Gunung Tua Tonga dari dua arah padat.

Tradisi tersebut sudah rutin setiap jelang Ramadan dan berlangsung secara turun te­murun. Mereka mandi di se­panjang aliran sungai. Mulai dari kalangan tua, muda-mudi hingga anak-anak tumpah ruah yang tiap tahun rutin dan selalu di­padati warga.

Tak hanya dari Gunung Tua, pengunjung juga dari luar daerah Paluta termasuk dari Padang Lawas (Palas), Langgapayung, Labuhan­batu Selatan bahkan dari Tapsel.

Ketua Badang Permusya­waratan Desa (BPD) Desa Gunung Tua Tonga, Tongku Banua Desa Hara­hap me­nyebut­kan, jumlah kun­jungan di Sungai Batang Pane atau yang dikenal Pantai Kahona Paluta tahun ini meningkat hingga dua kali lipat.

"Pantauan kita langsung di lapangan warga mulai ber­datangan sejak pagi. Pantai atau sungai di sekitar kita memang menjual kein­dahan alam yang masih asri, se­hingga menjadi tujuan dalam jelang Ramadan ini," jelasnya.

Ardi Hasibuan (32) kepada warta­wan, mengaku sengaja datang dari Binanga, Kabupaten Palas mem­bawa keluarga untuk mandi ber­sama jelang puasa di Sungai Batang Pane. Ia telah jauh hari sudah merencanakan untuk “marpangir” di lokasi Sungai Batang Pane. Apa­lagi saat ini dalam suasana liburan sangat cocok membawa keluar­ga.

"Tradisi ini sudah merupakan kegiatan rutin setiap jelang Rama­dan dan berlangsung seca­ra turun temurun," ungkapnya.

Pemandangan serupa juga terli­hat di Aek Batang Galoga, Aek Sungai Durian, Aek Pa­nantanan dan Irigasi Batang Ilung. (Analisa)

Tidak ada komentar: