DAFTAR BERITA

Kamis, 21 Mei 2015

Video:Kontroversi TILAWAH QUR'AN LANGGAM JAWA DI ISTANA



INFO TABAGSEL.com-Ada hal berbeda yang terjadi pada acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhamaad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam di Istana Negara, yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (16/5) malam itu. Pada saat pembacaan ayat suci Al-Qur’an, terdengar berbeda dan tidak seperti biasanya.

Acara yang disiarkan oleh TVRI dan juga dihadiri oleh perwakilan negara asing di istana negara itu memperlihatkan qari yang sedang membaca Al-Qur’an surat An-Najm ayat 1-15, namun anehnya lagu bacaan tersebut dibawakan dengan menggunakan Langgam Jawa. Tampak Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin serius mendengarkan cara qari membacakan surat An-Najm ayat 1-15 tersebut.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnaen menegaskan bahwa membaca Al-Qur’an dengan menggunakan langgam Jawa, telah mempermalukan Indonesia di kancah internasional.

Menurut Tengku, membaca Al-Qur’an dengan langgam Jawa itu dirasakan banyak kesalahannya, baik dari segi tajwid, fashohah maupun lagunya.

“Pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an dengan menggunakan langgam Jawa itu adalah hal yang konyol,” tegasnya. Dalam Al-Qur’an, ujarnya, sudah dijelaskan kitab suci itu diturunkan dengan huruf dan bahasa Arab asli. Jadi membacanya juga mesti sesuai pada saat Al-Qur’an itu diturunkan ke bumi.

“Ibadah itu sudah digariskan Allah dan Rasul-Nya. Dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa Al-Qur’an itu diturunkan dalam lisan Arab asli. Nabi juga mengatakan Al-Qur’an untuk dialek Quraisy, jadi membacanya harus dengan cara bagaimana Al-Qur’an itu diturunkan,” papar Tengku seperti dikutip Republika Online (ROL), Ahad (17/5).

Selain itu, Tengku menambahkan, lagu untuk pembacaan Al-Qur’an sendiri sudah disepakati para Qurra’ yang ada di dunia. “Lagunya yang sudah disepakati para Qurra’ tingkat dunia adalah lagu standar yang selama ini ada yakni husaini, bayati, hijaz, shoba, nahawand, ras, sikkah, jaharkah atau Ajami,” tuturnya.

Dia juga menilai akan lahir keanehan jika Al-Qur’an dibaca dengan menggunakan langgam tertentu seperti lagu Cina, Batak, seriosa, Indian, Jawa, Sunda, dan lainnya. “Hal itu tentu akan merusak keindahan Al-Quran sendiri. Bayangkanlah jika lagu Jawa dinyanyikan pakai cara seriosa, maka penciptanya akan protes dan keindahannya hilang,” ujar Tengku.

BANDINGKAN DENGAN MTQ INTERNASIONALPenyisihan di Iran

Tidak ada komentar: