DAFTAR BERITA

Rabu, 29 April 2015

Sungai Batang Angkola Tapsel akan Dinormalisasi, Biaya Rp 15,7 M dari APBN


INFO TABAGSEL.com-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel)  H Syahrul Martua Pasaribu SH  didampingi Kaslan Dalimunthe dari Balai Wilayah Sungai Sumatera II, di hadapan  masyarakat Tantom  Angkola pada acara pengajian akbar  di Desa Kota Tua Tantom,  baru-baru ini mengatakan, tahun 2015  Sungai Batang Angkola mulai  Kecamatan Sayur Matinggi sampai ke hilir Kecamatan  Tantom  Angkola akan dinormalisasi dengan biaya Rp 15,7 miliar dari APBN.

“Kita berterimakasih kepada pemerintah pusat yang telah mengalokasikan dana yang cukup besar ke Tapsel. Untuk itu saya minta masyarakat agar tetap memelihara kebersamaan sehingga pemerintah pusat  tidak  ragu mengucurkan dana ke tempat kita ini”, ujarnya.

Menurut Syahrul,  walaupun anggaran  yang dialokasikan cukup besar  belum tentu dapat memuaskan kita semua.”Harapan kita semoga  tahun depan program ini tetap berlanjut  mengingat manfaatnya sungguh besar terutama dalam memanimalisir dampak banjir dan kerusakan tanah pertanian masyarakat.   Anggaran tersebut lebih banyak penggunaannya di wilayah Kecamatan Tantom Angkola atau sekitar Rp12,5 miliar” ujar Syahrul.              

Sementara itu  Kaslan menuturkan,  titik lokasi yang akan dibangun adalah pengeringan rawa lompatan harimau dengan biaya Rp 5 miliar, Muara Batang Angkola dan Batang Gadis perbatasan  Sayur Matinggi  dengan Tantom  persisnya di   Sisoma Rp 7,7 miliar. Selanjunya untuk pengaman sungai di sekitar Sayur Matinggi dan pengaman perkampungan Aek Garugur Rp 3 miliar.

Tokoh masyarakat Tantom, H Sarimuda Sagala , menyambut baik  rencana normalisasi Sungai Batang Angkola.