DAFTAR BERITA

Senin, 13 April 2015

PAGELARAN SENI BUDAYA TAPSEL DIHADIRI RIBUAN PENGUNJUNG



INFO TABAGSEL.com-Lima puluh personil telah disiapkan jauh-jauh hari sebelum PRSU 2015 dibuka secara resmi 20 Maret 2015 yang lalu. Ketua Dewan Kesenian Tapsel Fajaruddin Tanjung bersama Ketua Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (FORKALA) Sutan Soripada Mulia Harahap yang membidani penampilan ini tidak mau tanggung-tanggung berbuat. "Semua telah kita persiapkan, baik personil, peralatan pendukung serta latihan secara rutin selama tiga bulan serta pengenalan panggung di Open Stage telah kita lakukan agar penampilan malam ini benar benar memuaskan," ujar Fajaruddin.

Sementara itu, ketua Panitia PRSU Tapsel Drs. Mhd. Ikhsan Lbs, MM mengatakan tujuan pagelaran ini selain mengisi jadwal yang telah ditetapkan Panitia Provinsi juga salah satu upaya melestarikan Adat dan Budaya Tapanuli Selatan, menggugah semangat para perantau asal Tapsel agar ingat kepada kampung halaman, sehingga timbul keinginan pulang kampung dan turut memberikan masukan terhadap pembangunan Tapsel serta menghibur pengunjung umumnya.

Menyinggung tentang apa apa yang ditampilkan Ikhsan mengatakan tari-tarian, Kolaborasi musik Tradisional dan Modern dan Drama sekitar Batu Jomba.

Bupati Tapanuli Selatan H. Syahrul M. Pasaribu, SH mengatakan "Peran semua pihak dalam membangun Tapsel tidak terbilang nilainya, baik yang tinggal di Tapsel maupun di perantauan. Bila kita ingin Tapsel cepat maju dan berkembang, semua potensi harus digerakkan, karena kalau hanya bertumpu pada PAD maka kita akan tetap tertinggal," ujar Bupati.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan bahwa ingin menunjukkan kepada pengunjung bahwa Tapanuli Selatan tetap menjunjung tinggi Adat Istiadat, Budaya dan kesenian tradisional maupun Kolaborasi dengan perkembangan zaman. "Kami ingin agar semangat marsipature hutana be atau Martabe tetap menggelora khususnya bagi masyarakat asal Tapsel yang tinggal di perantauan atau paling tidak semacam nostalgia, sehingga rasa cinta dan keinginan kaum kerabat kita untuk pulang kampung timbul kembali", tambah Bupati.

H. Taufiq Margandi Lubis selaku Ketua Yayasan PRSU dalam sambutannya menyatakan bahwa apa yang ditampilkan malam ini menggambarkan ketokohan Syahrul dalam membangun Tapsel.

Pagelaran ini dihadiri Aris Merdeka Sirait ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Ketua Yayasan PRSU Marganti Lubis, Ketua DPRD Tapsel Rahmat Nasution, Unsur Pimpinan Daerah, Anggota DPRD Provinsi dan Tapsel. |Humas Tapsel|