DAFTAR BERITA

Minggu, 12 April 2015

Pagelaran Seni & Budaya Pemkab Paluta di PRSU Meriah

Usai pementasan malam seni dan budaya, Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap foto bersama dengan seluruh undangan yang berhadir pada pagelaran Malam Pesona Seni dan Budaya di Open Stage PRSU, Tapian Daya, Medan, Sabtu (11/4).


INFO TABAGSEL.com-Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mendapat giliran menampilkan Seni dan Budaya daerah ini di Open Stage PRSU, Medan, Sabtu (11/4). Pagelaran itu merupakan rangkaian kegiatan PRSU, juga dalam rangka mempromosikan kesenian dan kebudayaan daerah kepada khalayak umum.

Pagelaran Malam pesona seni dan budaya itu turut dihadiri Bupati Paluta Bachrum Harahap, Wabup H Riskon Hasibuan, Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap beserta sejumlah anggota DPRD, Plt Sekda Paluta Tongku Palit Hasibuan, Kepala SKPD se-Paluta, Camat Se-Paluta serta masyarakat asli Paluta yang ada di perantauan Kota Medan dan sekitarnya.

“Jadi ini bukan sekadar kegiatan seremonial, tetapi mengandung makna melestarikan seni budaya leluhur, khususnya kepada generasi muda mendatang,” kata Bupati Paluta Bachrum Harahap saat memberikan kata sambutannya pada acara pagelaran seni dan budaya di Open Stage PRSU Medan, Sabtu (11/4).

Masih kata bupati, Pemkab Paluta berharap agar masyarakat yang berasal dari Kabupaten Paluta yang ada di perantauan turut serta melestarikan seni budaya, karena mengandung esensi menghormati orang tua, dan santun dalam pergaulan dan bermasyarakat.

Pesan bupati dalam sambutannya, ia meminta pelaksanaan malam pesona seni dan budaya kedepannya bisa lebih ditingkatkan demi melestarikan budaya asli daerah Kabupaten Paluta.

Senada dikatakan oleh Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap. Ia mengatakan, kegiatan pementasan seni budaya sebaiknya lebih sering dilakukan sehingga kebudayaan lokal tidak terpengaruh dengan budaya asing.

Mukhlis juga menyampaikan apresiasi dengan upaya pemkab dan mengajak elemen masyarakat mendukung kegiatan melestarikan seni budaya dalam upaya meningkatkan kebudayaan di Paluta.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disporabudpar) Kabupaten Paluta, Hailullah Harahap melalui Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Subaidah Lubis Ssos mengatakan, ajang ini dimanfaatkan juga untuk menampilkan produk-produk unggulan, sebagai upaya mempromosikan kepada masyarakat luas di paviliun Kabupaten Paluta.

Dalam melestarikan seni dan budaya serta mempromosikannya, Pemkab Paluta juga sudah membuat kontes pemilihan duta pariwisata di mana tugas duta pariwisata itu nantinya adalah untuk mempromosikan kesenian dan budaya asli dari daerah Paluta seperti tari tor-tor, ungut-ungut dan margondang. Perlu diketahui, untuk memeriahkan malam pesona seni dan budaya dalam rangka memeriahkan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang ke-44, Pemkab Paluta tampilkan berbagai kesenian. Diantaranya, drama kolosal dengan judul ‘Manjappal tu balian, mangalangei tu bagasan’, kemudian juga menampilkan 12 tari-tarian seperti tari tor-tor, enden-endeng, margondang maupun ungut-ungut.