DAFTAR BERITA

Jumat, 13 Februari 2015

Warga Sandera Truk Pengangkut CPO

 
Warga Desa Garonggang, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan, Tapanuli Selatan menyandera truk pengangkut crude plam oil (CPO) milik PT Austindo Nusantara Jaya. Warga menilai selama ini perusahaan tidak pernah mempedulikan lingkungan dan warga

INFO TABAGSEL.c0mRatusan warga Desa Garonggang, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) nekat menyandra puluhan truk berisi CPO dan kelapa sawi milik PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ),kemarin.

Aksi itu dilakukan warga karena perusahaan diduga sudah merusak lingkungan daerah tersebut. Warga mengejar truk yang berjalan karena sopir tak mau menghentikan kendaraanya. Warga pun memaksa sopir untuk memarkirkan truk. Tak sampai disitu, warga bahkan langsung naik ke badan truk.

Selain itu, warga juga membuat portal penghalang jalan dengan menyusun kayu di tengah badan jalan. Tujuannya, agar truk yang menuju maupun yang keluar dari perusahaan itu tidak bisa melintas. Ketua Karang Taruna, Kecamatan Angkola Selatan, Darwin Siregar mengatakan aksi warga itu dilakukan karena selama ini perusahaan dinilai belum memberikan kontribusi kepada daerah.

Sebaliknya jalan yang setiap harinya dilalui truk-truk menjadi rusak dan tidak diperbaiki perusahaan Kemarahan warga juga timbul akibat perhatian perusahaan untuk merekrut tenaga kerja dari desa itu sangat minim. Dia meminta kepada pemerintah agar meninjau ulang keberadaan perusahaan tersebut.

Tokoh masyarakat setempat Safruddin Hamri Siregar mengatkan, PT ANJ tidak pernah mempedulikan warga di desa itu. Hal itu terbukti masih minimnya masyarakat yang bekerja di perusahaan ters
ebut.(Sindo)