DAFTAR BERITA

Jumat, 13 Februari 2015

Peserta UASN SMA/SMP Sederajat 7.193 Siswa

INFO TABAGSEL.com-Sebanyak 7.193 siswa/i ting­kat SMA sederajat dan SMP sederajat di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) akan mengikuti Ujian Nasional, yang sekarang berganti menjadi Ujian Akhir Sekolah Nasional (UASN) untuk tahun pelajaran 2014/2015.

Kepala Dinas Pen­didikan H Juta Lubis melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah Umum dan Jurusan (Dik­menum) Ermida Hartaty SPd MSi, sebanyak 7.193 siswa ini akan mengikuti UASN yang terdiri dari siswa SMA sederajat sebanyak 2.624 orang, dan siswa SMP sederajat sebanyak 4.408 orang, ditambah dengan peserta dari jalur paket B dan C sebanyak 161 orang.

Ermida menyebutkan jumlah peserta UASN merupakan data siswa yang didaftarkan oleh pihak sekolah penye­lenggara ke Dinas Pendidikan Kabupaten Paluta.

Meski begitu, data ini me­rupakan data awal Januari tahun 2015 dan sewaktu-waktu dapat mengalami perubahan walaupun tidak terlalu jauh beda dengan rekapitulasi data terakhir.

“Data peserta UASN ini merupakan data awal Januari 2015 sesuai dengan yang didaf­tarkan pihak sekolah penye­lenggara, namun ini bisa saja berubah tapi biasanya peru­bahannya tidak terlalu jauh,” ujar Ermida, Kamis (12/2).

Ia menjelaskan, setiap seko­lah sudah melaksanakan tero­bosan dan pelatihan kepada siswa masing-masing de­ngan harapan agar pelaksanaan UASN tersebut dapat berjalan sempurna dan tanpa ada hambatan.

Menurutnya, berdasarkan surat edaran dari kemendik­bud RI, UASN tidak lagi menjadi penentu kelulusan siswa seperti pada tahun-tahun sebelumnya, namun tingkat kelu­lusan juga ditentukan oleh pihak sekolah dan menurutnya, kebijakan ini sangat tepat karena yang paham betul per­kembangaan siswa dalam belajar adalah para guru.

“UASN bukan lagi penentu utama kelulusan, tapi pihak sekolah yang menjadi penen­tunya sesuai dengan surat edaran Kemendikbud,” ungkapnya. (Analisa)