DAFTAR BERITA

Kamis, 22 Januari 2015

Hasto: artikel "Rumah Kaca Samad" sebuah kebenaran

INFO TABAGSEL.com-Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa artikel di kolom publik Kompasiana berjudul "Rumah Kaca Abraham Samad" merupakan sebuah kebenaran.

"Bapak Abraham Samad mengatakan berita-berita itu (artikel Rumah Kaca Abraham Samad) adalah fitnah. Saya di sini mengatakan bahwa itu bukanlah fitnah, itu adalah kebenaran," tegas Hasto dalam konferensi pers di Apartemen The Capital, di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis.

Dalam artikel bertajuk "Rumah Kaca Abraham Samad" itu diceritakan bahwa Samad mengajak sejumlah politisi PDIP untuk bertemu sebanyak enam kali sebelum Pilpres 2014.

Tulisan itu menulis bahwa dalam rentetan pertemuan itu, Samad menawarkan kepada PDIP untuk mengamankan kasus di KPK yang melibatkan politikus PDIP Emir Moeis dan Samad akan menjadi cawapres mendampingi Joko Widodo.

Menurut Hasto, cerita itu benar adanya, meskipun Samad menyebut berita itu fitnah belaka.

Hasto menyatakan ketika Samad diberikan kabar bahwa dirinya tidak jadi mendampingi Jokowi sebagai cawapres dan posisinya digantikan Jusuf Kalla, Samad tampak kecewa.

"Dia kira-kira mengatakan ya, saya tahu, karena saya sudah melakukan penyadapan. Bahwa saya tahu yang menyebabkan kegagalan saya ini (menjadi cawapres Jokowi) adalah bapak Budi Gunawan," beber Hasto.

Hasto menekankan bahwa secara formal dan informal, seluruh proses penetapan capres dan cawapres itu dilakukan oleh parpol atau gabungan parpol melalui pertemuan secara intensif.

"PDIP tidak bisa mengusung sendiri tetapi dengan mendengar masukan dari parpol lain yang di KIH," kata dia.

Hasto menjabarkan, dalam rentetan pertemuan dengan politisi PDIP itu, Abraham Samad juga selalu menggunakan masker hijau dan topi berwarna hitam.

Dia juga meminta publik membedakan antara misi besar KPK sebagai institusi memberantas korupsi dengan adanya oknum di KPK yang belum bisa melepaskan diri dari kepentingan politiknya.