DAFTAR BERITA

Kamis, 11 Desember 2014

Ombudsman Minta Transparansi Sertifikasi Guru

 
Ketua Ombudsman RI Danang Girindrawardana (kanan). ANTARA/Ismar Patrizki

INFO TABAGSEL.com-Anggota Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan, Budi Santoso, mengatakan masalah guru terkait dengan sertifikasi menjadi perhatian masyarakat. Ombudsman mencatat masih ada pungutan liar dalam proses pendaftaran maupun pencairan tunjangan profesi guru.

Masih banyak pula penyimpangan dalam pendaftaran sertifikasi. "Keterlambatan dan kekurangan pencairan tunjangan profesi guru juga sempat terjadi," kata Budi di kantor Ombudsman pada Rabu, 10 Desember 2014.

Ombudsman berharap ada transparansi kriteria dan urutan dalam pendaftaran sertifikasi guru mulai dari daerah. Pemerintah diharapkan menyediakan layanan pengaduan dan penindakan tegas terhadap oknum pegawai yang melakukan pungli.

Lembaga pengawas ini juga berharap agar Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah membuat proyeksi kebutuhan anggaran tunjangan profesi guru per tahun serta membuat pedoman dan acuan bagi daerah terkait dengan verifikasi data guru calon penerima tunjangan. Ini merupakan bagian dari tujuh isu penting yang menjadi perhatian Ombudsman.

Ketujuh isu ini adalah penerimaan peserta didik baru, ujian nasional, serta transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana bos. Kemudian ada pula isu tentang komite sekolah, kekerasan di lingkungan sekolah, problematika sertifikasi guru, dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013.