DAFTAR BERITA

Sabtu, 22 November 2014

Piala AFF 2014:Laga Perdana Emosional Timnas Indonesia



INFO TABAGSEL.com- Laga ketat dan panas akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (22/11), ketika Vietnam menjamu Indonesia pada laga Grup A Piala AFF 2014. Kemenangan akan memudahkan langkah kedua tim ke babak semifinal.

Dua tim terkuat di Grup A sudah harus saling bertemu di pertandingan pertama. Di atas kertas, kekuatan kedua tim berimbang. Namun, pelatih Indonesia, Alfred Riedl, berusaha rendah hati.

Riedl menganggap Vietnam sebagai tim lebih difavoritkan pada laga malam nanti. Salah satu faktornya karena Vietnam merupakan tuan rumah. Selain itu Riedl mengatakan, persiapan Indonesia kurang maksimal jelang tampil di Piala AFF 2014.

"Kami memiliki persiapan yang sulit karena pemain saya baru berkumpul secara utuh pada 13 November. Persiapannya tidak seperti yang diharapkan, tapi kami di sini untuk menciptakan sesuatu," ucap Riedl.

Persiapan Indonesia jelang lawan Vietnam juga terganggu cedera yang dialami penyerang Boaz Solossa dan Manahati Lestusen. Namun, Riedl memastikan keduanya sudah bisa bermain.

"Saat ini kondisi tim lebih baik. Hanya ada beberapa pemain yang mengalami cedera ringan seperti Boaz dan Manahati, tapi mereka siap untuk bermain," ujar Riedl.


Lihat juga:Rekam Jejak Indonesia-Vietnam dalam Infografis


Percaya diri

Indonesia harus memasuki ajang Piala AFF 2014 setelah menelan kekalahan 0-2 dari Suriah pada 15 November lalu. Sedangkan Vietnam memiliki kepercayaan diri lebih baik setelah melumat Malaysia 3-1 pada laga uji coba terakhir mereka, 16 November.

Pelatih Vietnam, Toshiya Miura, mengakui tim asuhannya sedang dalam kepercayaan diri tinggi untuk menghadapi Indonesia. Bahkan pelatih asal Jepang itu mengatakan bahwa Vietnam tidak merasakan beban sebagai tuan rumah.

"Saya memiliki harapan besar pada para pemain dan kami tidak merasakan tekanan apapun. Pertandingan pertama dalam setiap turnamen selalu penting," ujar Miura.

Vietnam harus kehilangan sejumlah pemain untuk menghadapi Indonesia. Gelandang Nguyen Minh Chau, Nguyen Trong Hoang, penjaga gawang Nguyen Thanh Diep, dan To VinhLoi tidak bisa tampil karena cedera.

Ini akan menjadi pertemuan pertama Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF sejak 2007. Sedangkan pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada laga persahabatan, 16 Oktober 2012, yang berakhir imbang tanpa gol.

Indonesia dan Vietnam akan bertemu kali ke-18 malam nanti. Tim Garuda hingga saat ini unggulhead-to-head dengan meraih tujuh kemenangan, empat kali kalah, dan enam kali imbang.

Laga di Stadion My Dinh juga akan terasa emosional bagi Riedl. Ini adalah kali pertama pelatih asal Austria itu menghadapi Vietnam, yang notabene mantan tim asuhannya.

Riedl melatih Vietnam di tiga waktu berbeda: 1998-2001, 2003-2004, dan 2005-2007. Prestasi terbaik Riedl bersamq Vietnam adalah melangkah ke perempat final Piala Asia 2007 dan tiga medali perak SEA Games pada 1999, 2003, dan 2005.

Perkiraan pemain Indonesia

Kurnia Meiga; Zulkifli Syukur, Muhammad Roby, Achmad Jufriyanto, Rizky Rizaldi Pora; Raphael Maitimo, Imanuel Wanggai; Muhammad Ridwan, Firman Utina, Zulham Zamrun, Sergio van Dijk.