DAFTAR BERITA

Sabtu, 22 November 2014

UJIAN PERTAMA SKUAD MERAH PUTIH



INFO TABAGSEL.com-Empat kali melaju ke final, namun tak pernah menang di fase puncak tersebut, menjadi catatan timnas Indonesia di turnamen AFF Suzuki Cup. Catatan itulah yang ingin coba diperbaiki oleh skuad Garuda di AFF Suzuki Cup 2014 yang akan dimulai pada Sabtu (22/11) ini di Hanoi.

Dua tahun lalu, timnas Indonesia juga meraih hasil yang tidak bagus, karena tersingkir di penyisihan grup. Dan, pada edisi ini, kampanye Indonesia untuk bisa merebut gelar juara langsung mendapat tantangan berat di laga pertama, karena harus berhadapan dengan tuan rumah Vietnam di Stadion My Dinh, Sabtu (22/11).

Vietnam, yang memenangkan gelar juara AFF Suzuki Cup pada tahun 2008, juga terlempar di fase penyisihan grup pada 2012, namun persiapan untuk edisi tahun ini lebih baik dengan moral yang meningkat berkat kemenangan 3-1 atas juara 2010 Malaysia, dalam uji coba terakhir di Stadion My Dinh, Minggu.

Bagi Alfred Riedl, laga melawan Vietnam juga memiliki kesan tersendiri. Pria asal Austria ini pernah tiga kali menjadi pelatih timnas Vietnam, dalam rentang waktu yang berbeda. Kini, ia kembali ke negeri yang pada penduduknya masih mencintainya, justru dengan status sebagai pelatih Indonesia.

“Saya merasa senang ketika kembali ke sini (Vietnam), dan ada banyak orang yang ramah di sekitar saya. Saya bisa mengatakan bahwa saya memiliki persiapan yang sulit karena saya hanya punya waktu pemain berkumpul bersama pada tanggal 13 bulan ini, dan sebelumnya saya hanya punya pemain yang berkumpul semua pada 5 Maret. Persiapannya tidak seperti yang diharapkan, tapi kami di sini untuk melakukan sesuatu.” Kata Riedl, yang pernah menjalani transplantasi ginjal pada 2007 dengan organ yang didonasikan oleh warga Vietnam.

Secara khusus,Riedl menyebutkan Vietnam sebagai unggulan di Grup A AFF Suzuki Cup 2014. Dan, ia berharap Indonesia akan menemani Vietnam ke semifinal, untuk kemudian bertemu kembali di laga final.

“Saya ingin bermain tiga kali melawan Vietnam di turnamen ini,” kata Riedl.

Pada laga perdana esok, Riedl memaksimalkan informasi yang ia kantongi, karena masih ada beberapa pemain yang begitu dikenalnya di skuad Vietnam saat ini. Walau demikian, ia juga sudah mempelajari penampilan terakhir Vietnam di bawah arsitek asal Jepang, Toshiya Miura, dengan menonton langsung beberapa laga uji coba Vietnam.

Pertandingan perdana Grup A AFF Suzuki Cup 2014 antara Vietnam vs Indonesia ini akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Sabtu (22/11) mulai pukul 19:00 WIB (live di RCTI). Sebelum laga ini, juga digelar laga Grup A lainnya antara Filipina vs Laos.