DAFTAR BERITA

Sabtu, 29 November 2014

Bupati Paluta Buka Perkemahan Penggalang Tingkat SD


INFO TABAGSEL.com-Dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Padang La­was Utara (Paluta) yang ke 7 tahun 2014, Gerakan Pra­muka Kwartir Cabang (Kwar­cab) Paluta bekerjasama de­ngan Dinas Pendidikan Paluta meng­gelar perkemahan penggalang SD se Kabupaten Paluta di bumi perkemahan Purba Sinomba, kompleks GOR Paluta, Kamis (27/11). Perkemahan yang diikuti anggota pramuka tingkat peng­­galang SD se Kabupaten Paluta ini yang berjumlah se­kitar 3500 peserta dijadwalkan berlangsung hingga Ming­gu (30/11) dan dirangkai dengan pelantikan pe­ngurus Pengganti Antar Waktu (PAW) gerakan pramuka Kwar­­cab Paluta untuk masa bakti 2014-2018 serta per­kemahan diawali dengan pelaksanaan upacara pembukaan yang dipim­pin langsung oleh Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap.

Wakil Ketua Gerakan pra­muka Kwarcab Paluta Drs Umar Pohan menyampaikan bahwa perkemahan peng­ga­lang SD se Kabupaten Paluta ini adalah merupakan rang­kaian kegiatan untuk memeriahkan HUT Paluta yang ke 7 tahun 2014 dan diberi nama perkemahan HUT Pa­luta tahun 2014.

Bersamaan dengan perkema­han ini, juga dilaksanakan pelantikan pengurus PAW ge­rakan pramuka Kwarcab Pa­luta masa bakti 2014-2018 sesuai dengan surat ke­pu­tusan Bupati Paluta nomor 428/506/K/2014 tentang susu­nan pengurus PAW gerakan pramuka Kwarcab Paluta masa bakti 2014-2018.

Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap menyampaikan pra­­­muka adalah lembaga yang sangat mulia yang di­lahirkan untuk membangun karakter bangsa sehingga se­lalu menjadi yang terdepan dalam kaitan dengan pen­di­dikan positif dan telah berkontribusi besar dalam pe­ning­katan derajat bangsa, maka demgan adanya pramuka akan sangat berdampak besar terhadap kemajuan bangsa dan negara.

Oleh karena itu ia meminta seluruh pengurus terutama yang baru dilantik, dalam pelak­sanaan tugas nantinya un­­tuk dapat sama-sama bekerja dan kerja bersama-sama dan mem­buat terobosan sehingga gerakan pramuka di Kabupaten Paluta menjadi orga­nisasi pilihan bagi kaum muda di Paluta.

Bupati juga berpesan kepada para penggalang yang men­­­jadi peserta bahwasanya tongkat kepemimpinan bang­­sa dimasa yang akan datang ada pada generasi mu­da, untuk itu ia berharap agar para penggalang da­pat te­rus memupuk jiwa patriotisme, nasionalisme dan se­ma­ngat membangun dengan memanfaatkan ke­gia­tan per­ke­­mahan ini sebaik mungkin untuk me­ning­­katkan ke­te­ram­pilan dan wawasan bangsa, ke­sa­da­ran bela negara, ke­pemimpinan serta me­num­buhkan kesatuan diantara sesama anggota pra­muka Pa­luta khususnya.

Perkemahan ini diisi dengan ber­ba­gai kegiatan dan perlom­baan antara lain ibadah kero­ha­nian, senam dan olahraga, perlombaan terompa, LKBB/PBB, enggrang, kebersihan tenda, hasta karya, tor-tor naposo nauli bulung, lomba cipta makanan tra­­disional, lomba adzan, gudep tergiat, kwarran ter­fa­vo­rit serta kegiatan api unggun. (Analisa)