DAFTAR BERITA

Minggu, 01 September 2013

Gunung Tua,Paluta Segera Jadi Ibukota Sumatera Tenggara


INFO TABAGSEL.com-Gunung Tua Ibu kota Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta)  segera menjadi Ibukota Sumatera Tenggara.Oleh karena itu, kota itu harus mempercepat pembangunan-pembangunan seperti jalan, perkantoran dan gedung lainnya.

Perbaikan stadion, perbaikan bandara Aek Godang perlu segera dilakukan demi kesiapan menjadi calon Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara yang saat ini sedang dan masih diperjuangkan pembentukannya.

Apalagi dengan kembali terpilihnya Drs Bachrum Harahap sebagai Bupati Paluta untuk periode kedua, maka dipastikan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara akan diperjuangkan oleh tokoh pemekaran Paluta ini bersama dengan 4 kepala daerah lainnya di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) atau daerah Tapsel lama.Ditambah lagi, Walikota Padangsidimpuan adalah putra Bupati Paluta akan dengan mudah memberikan persetujuan.

”Maka pembangunan-pembangunan yang mendukung yakni sarana dan prasarana harus dipercepat pembangunannya demi kesiapan daerah ini menjadi calon Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara,” ujar Ketua DPD AMPI Paluta Gusti Putra Hajoran Siregar SE, Jumat (30/8).

Dikatakannya, ketika provinsi baru ini sudah terbentuk, maka sarana dan prasarana yang dibutuhkan khususnya untuk lokasi pemerintahan sudah ada dan sudah siap dan hanya tinggal pelaksanaannya saja.

“Kami pikir ini bisa terealisasi apalagi Paluta kembali dipimpin salah satu tokoh senior perpolitikan di wilayah Tabagsel Drs H Bachrum Harahap yang sejak awal juga sudah berkomitmen untuk melakukan upaya pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara di wilayah Tapsel lama ditambah beberapa kabupaten dipecahan Labuhan Batu,” jelasnya. Diungkapkannya, pemekaran provinsi ini dari Sumatera Utara bukanlah karena adanya segelintir orang yang haus kekuasaan, namun lebih pada keinginan untuk makin memajukan wilayah Tabagsel ini dengan makin besarnya anggaran untuk pembangunan, sehingga pembangunan makin cepat dan maju di kabupaten/kota yang ada di provinsi baru ini nantinya. Mengingat dengan luas wilayah dan minimnya anggaran saat ini sejumlah daerah sulit untuk maju karena minimnya anggaran pembangunan.


Berdasarkan hitung-hitungan INFO TABAGSEL.com,Gunung Tua Paluta memiliki peluang terbesar jadi Ibukota Sumatera Tenggara mengingat 2 dari 5 Kepala daerah sudah jelas memberikan dukungan.Tinggal mempengaruhi 1 daerah lagi agar Paluta jadi Ibukota Sumatera Tenggara segara terwujud mengalahkan kota Padangsidimpuan yang sudah dikuasai.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

iya semua pihak setuju pembentukan propinsi Tabagsel Tapi biasanya anak bawang selalu memunculkan wacana baru yang tidak dilandasi kesepakatan para penggagas2 terdahulu perihal ibu kota calon propinsi SUMTENG. Asumsi dari tulisan diatas hanya dilandasi oleh perihal pertalian darah kepala daerah, yang digiring kepada keinginan kelompok tertentu tanpa memperhatikan aspirasi masyarakat lain seperti MADINA, PSP DAN TAPSEL tentang letak ibu kota calon SUMTENG nantinya.

Unknown mengatakan...

ASUMSI ANEH DAN SARAT KEPENTINGAN. KOLOT YANG DIPIKIRKAN HANYA KESEPAKATAN KEPALA DAERAH YG PUNYA HUBUNGAN PERTALIAN DARAH SAJA TANPA MUSYAWARAH DPRD. JAUH DARI KESEPAKATAN AWAL PARA PENGGAGAS SUMTENG. JANGAN JADI SEPERTI PAHLAWAN KESIANGAN, BEGITU MULAI TERWUJUD BARU AMBIL KEPENTINGAN

Unknown mengatakan...

OLO NIBA DOW

Unknown mengatakan...

Olo niba dow