DAFTAR BERITA

Minggu, 01 Juni 2014

Sekolah Diimbau Segera Pesan Buku Kurikulum 2013

INFO TABAGSEL.com-Tenggat pemesanan buku Kurikulum 2013 oleh sekolah ke penyedia buku melalui e-katalog berakhir pada 28 Mei 2014. Namun, hingga hari ini, sekolah yang telah melakukan pemesanan masih di bawah angka 10%.

Demikian disampaikan Dr. Thamrin Kasman, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, di ruangan kerjanya, Rabu sore, 28 Mei 2014.

Menurut Thamrin, ada beberapa hal yang membuat kondisi itu terjadi. Pertama, pihak sekolah tidak tahu informasi mengenai pembelian buku.

“Kedua, sistem online tidak berjalan lancar,” ucapnya.

Ketiadaan jaringan internet biasanya dialami sekolah-sekolah yang berada di kawasan terpencil. Imbasnya, mereka tidak bisa memesan buku melalui e-katalog yang dikelola Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Thamrin menambahkan, Kemdikbud telah mensosialisasikan jadwal pemesanan buku Kurikulum 2013 secara massif di berbagai media massa baik cetak, elektronik (televisi dan radio), maupun laman internet.

Ihwal pemesanan buku, lanjut Thamrin, masih terus diperpanjang. Tenggatnya akan dibicarakan pada pertemuan yang akan diselenggarakan pada 1-3 Juni 2014 di Jakarta. Pertemuan itu mengundang seluruh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan perusahaan penyedia buku Kurikulum 2013.

“Diharapkan kepala dinas membawa semua berkas pemesanan sekolah untuk direkap di acara ini dan diserahkan ke penyedia,” jelasnya.

Sebelumnya digelar rapat membahas kondisi pemesanan buku Kurikulum 2013 terkini. Rapat dihadiri Staf Khusus Mendikbud Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Dr. Agnes Tuti Rumiati, pejabat di lingkungan Ditjen Dikdas, LKPP, dan perusahaan penyedia buku Kurikulum 2013.

Dalam rapat itu terungkap sejumlah keluhan dari penyedia buku, di antaranya ketidaktahuan sekolah dalam melakukan pemesanan, ketiadaan jaringan internet, dan permintaan diskon oleh sekolah.

Thamrin berharap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang telah memegang surat pemesanan buku dari sekolah segera mengirimkannya ke penyedia. Tak perlu menunggu semua pesanan terkumpul.

“Semakin cepat pemesanan, semakin cepat direspon oleh penyedia untuk dikirim,” ujar Thamrin.

Perusahaan penyedia buku Kurikulum 2013 juga diimbau agar proaktif berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, pengelola Layanan Pengadaan Secara Elektronik setempat, dan LKPP. Kemdikbud telah membuka posko pengaduan seputar pemesanan buku Kurikulum 2013, yaitu 085811162811 (SD), 08119844025 (SMP), 021-572 5466/081290146789 (SMA/SMK)

Tidak ada komentar: