INFO TABAGSEL.com-Kementerian Keuangan membuka penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) tahun 2014 di mana pendaftaran online dibuka mulai 26 Mei hingga 4 Juni 2014.

Dalam keterangan tertulisnya, Sekretaris Jenderal Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin menyebutkan sekolah kedinasan itu membuka sembilan program diploma terdiri dari tiga Diploma I dan enam program Diploma III.

Syarat pendaftaran antara lain lulusan SMA atau sederajat dengan nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah atau ijazah sementara tidak kurang dari 7,00.

Usia berdasar tanggal lahir tercantum dalam ijazah tidak kurang dari 17 tahun pada 30 September 2014 dan tidak lebih dari 20 tahun pada 1 September 2014, menyetor biaya pendaftaran USM sebesar Rp150.000.

Tata cara pendaftaran meliputi mengisi formulir pendaftaran online, menyetor biaya pendaftaran, memverifikasi berkas dan mengambil bukti peserta ujian (BPU).

Formulir pendaftaran diisi melalui situs http://www.usm.stan.ac.id mulai 26 Mei hingga 4 Juni 2014. Calon peserta Ujian Saringan Masuk (USM) yang telah mengisi formulir pendaftaran akan menerima nomor rekening. Periode penyetoran adalah 26 Mei hingga 5 Juni 2014.

Pengumuman jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU bagi calon peserta ujian pada 8 Juni 2014.

Tempat verifikasi berkas dan pengambilan BPU sesuai dengan pilihan kode lokasi tes tertulis yaitu Jakarta, Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Palu, Makassar, Ambon, Sorong dan Jayapura.

Ujian akan dilaksanakan dengan sistem gugur yang terdiri dari tes tertulis (Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris) pada 29 Juni 2014 di 27 lokasi yang ditetapkan.

Tes kesehatan-kebugaran dan wawancara dilakukan pada 19 hingga 24 Agustus 2014 di 11 lokasi yang ditetapkan.

Hasil ujian atau tes tertulis akan diumumkan pada 17 Juli 2014, sementara hasil tes kesehatan-kebugaran dan wawancara akan diumumkan pada 5 September 2014.

Menurut Kiagus, lulusan Program Diploma I dan Diploma III Keuangan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil pada Kemenkeu atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia dan yang bersangkutan lulus tes yang dipersyaratkan untuk menjadi CPNS berdasar peraturan yang berlaku.