DAFTAR BERITA

Sabtu, 24 Mei 2014

KPU Umumkan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres

INFO TABAGSEL.com-Hasil pemeriksaan kesehatan terhadap dua bakal pasangan calon presiden (Capres) dan calonwakil presiden (Cawapres) Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla serta Praboro Subianto dan Hatta Rajasa, diserahkan oleh Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zaenal Abidin kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik, Jumat (23/5) malam, di lobby Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, hasil penilaian kemampuan rohani dan jasmani terhadap dua bakal pasangan calon itu akan digunakan untuk mengambil kesimpulan pada penilaian terhadap kemampuan kesehatan masing-masing bakal capres dan cawapres.

“Saya berterima kasih kepada PB IDI, sekaligus kepada tim pengarah, pemeriksa dan manajeman RSPAD yang telah bekerja keras menuntaskan tugasnya,” ujar Husni.

Menurut jadwal , KPU akan mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan kedua bakal pasangan Capres-Cawapres itu pada hari Sabtu (24/5) ini,

Jamin Independensi Tim Dokter

Sementara itu Komisioner KPU KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyatakan, KPU menjamin independensi tim dokter pemeriksa kesehatan yang memeriksa kedua bakal pasangan Capres dan Cawapres.

“Dokter sudah disumpah jabatan serta ada kode etik kedokteran. Jadi, siapa pun dokternya dan dari instansi manapun, sudah terikat dengan sisi netralitas dan independensi,” ungkap Ferry di RSPAD Jakarta, Jumat (23/5) pagi.

Ferry juga meyakini, IDI selektif dalam merekrut tim dokter pemeriksa kesehatjamin independensi an.
“Kami yakin IDI merekrut dokter-dokter yang sangat qualified dan independen. Sebelum melakukan pemeriksaan, mereka disumpah dulu dan menjamin netralitas para dokter,” lanjutnya.

Terkait penunjukan RSPAD Gatot Subroto yang menjadi rumah sakit pemerintah dalam pemeriksaan kesehatan para bakal capres dan cawapres, menurut Ferry, KPU hanya memilihnya berdasarkan rekomendasi dari IDI.

“Ini (rumah sakit-red) yang merekomendasikan adalah IDI. Dalam ketentuan, KPU tidak dalam konteks memilih rumah sakit. KPU hanya meminta rekomendasi dari IDI, rumah sakit yang layak untuk pemeriksaan kesehatan bakal capres dan cawapres,” jelas Fery.

Menurut Ferry, hasil pleno pemeriksaan kesehatan bakal pasangan Capres-Cawapres akan disampaikan KPU pada Sabtu (24/5) ini. "Pada 24 Mei diumumkan secara administratif dan pada 24-26 Mei mereka memperbaiki. Kemudian 26-28 Mei diverifikasi sedangkan untuk pemberitahuannya tertulis dan nanti 'Gongnya' itu pada tanggal 31 Mei ditetapkan jadi capres dan cawapres," ujarnya.

Tidak ada komentar: