DAFTAR BERITA

Sabtu, 10 Mei 2014

Hitung Cepat RRI Nyaris Sama dengan KPU, Dirut RRI Kebanjiran SMS Penghargaan


INFO TABAGSELcom-Hitung cepat RRI (quick count) yang hasilnya paling mendekati dengan hasil final penghitungan suara Pemilu Legislatif 2014 yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat  (9/5/2014) malam, membuat Direktur Utama (Dirut) RRI kebanjiran penghargaan.

Penghargaan tersebut datang dari pimpinan media massa, praktisi dan masyarakat umum, sebagai bentuk dukungan kepada RRI karena telah bekerja sukses dalam ikut mengawal pesta demokrasi di tanah air.

Dirut RRI R. Niken Widiastuti mengaku bangga dan berterima kasih kepada kolegannya yang telah menyampaikan penghargaan dan berharap di hitungan cepat Pilpres bisa lebih sukses lagi dan bisa bekerjasama dengan pihak lainnya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pak Arifin dari detik.com, Syaiful Hadi dari Antara, pak Hermawan Kertajaya pakar marketing, pak Gatot dari TransTv dan pak Dody Partomiharjo dari Iluni UI dan semuanya yang tidak bisa saya sebut satu persatu," ungkap Niken Widiastuti, Sabtu siang (10/5/2014).

Selain ucapan terima kasih, Ia juga menyambut baik rencana bekerjasama pada Pilpres (9/7/2014), karena RRI akan melakukan hal yang sama dengan metode dan sistem yang lebih komplit lagi.

"Kalau pada hitungan cepat Pileg RRI menggunakan metode multi stage random sampling dan pada Pilpres nanti akan diperlengkap dengan menggunakan metodologi exit poll," ucap Niken Widiastuti.

Penggunaan motodologi exit poll yaitu sebuah analisis kecendrungan pemilih dan untuk mengetahui peta pemilih karena kontributor yang ditempatkan di TPS akan juga melakukan wawancara langsung dengan pemilih yang baru selesai atau keluar dari TPS saat menyampaikan hak politiknya.   

"Jadi sebelum hitungan Pilpres selesai kita sudah bisa mempublish kecendrungan pemilih arahnya mencoblos siapa," jelas mantan peneliti ini.

Dirut RRI Niken Widiastuti, mengatakan, hasil hitungan cepat RRI nyaris sama dengan hasil real hitungan KPU karena diantaranya kontributor RRI sebelum ditugaskan di TPS-TPS diwajibkan menandatangani fakta integritas bahwa laporan yang disampaikan harus betul dan benar adanya, tanpa ada perubahan.

Selain itu, sebaran kontributor hitungan cepat RRI yakni seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Rote, bahkan kontributor yang ditempatkan di TPS amatan untuk menuju tempat tersebut ada yang menggunakan, perahu, kuda hingga pesawat, itu menunjukkan TPS amatan hitungan cepat RRI menyebar ke daerah pelosok.

Tidak ada komentar: