DAFTAR BERITA

Senin, 07 Januari 2013

Ketua KPU: Tudingan bahwa KPU “bermain” dengan partai parlemen Tidak Berdasar

INFO TABAGSEL.com-Adanya tudingan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) “bermain” dengan partai parlemen (9 partai yang memiliki parliamentary treshold --red) dalam proses verifikasi parpol peserta Pemilu 2014, dibantah oleh anggota KPU, Hadar Navis Gumay.

“Tudingan semacam itu tidak berdasar sama sekali. Dalam proses verifikasi, baik administrasi maupun faktual, kami berpedoman pada aturan main yang ada. Silakan saja kalau ada yang tidak percaya untuk membuktikan hal itu,” tantang Hadar sesaat sebelum memulai rapat internal rekapitulasi verifikasi dengan KPU provinsi seluruh Indonesia di Ruang Sidang KPU, Jl. Imam Bonjol No. 29, Jakarta, Senin (7/1).
Lanjut Hadar, KPU siang ini (pukul 13.00 –red) akan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual parpol tingkat nasional. Dalam ranga transparansi, pleno itu akan digelar secara terbuka. KPU juga telah melayangkan undangan ke berbagai pihak, termasuk partai politik, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan media massa untuk datang dan menyaksikannya langsung.

“Hari ini kita akan gelar rekapitulasi verifikasi faktual. Tiap provinsi akan memberikan paparan, di mana sudah termasuk hasil di kabupaten/kota di wilayahnya. Setelah itu kita akan rekap seluruhnya sehingga menjadi hasil nasional. Itu dilakukan secara terbuka,” tandas anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu itu.

Terkait adanya keberatan atau gugatan dari pihak parpol, Hadar mempersilakan parpol untuk memaparkannya dalam pleno terbuka itu.

“Jika ada keberatan atau gugatan dari parpol silakan diungkapkan dalam pleno nanti. Keberatannya di mana, merasa tidak tepatnya di mana? Mari kita bahas bersama. KPU akan mengakomodirnya sampai batas-batas tertentu. Kalau setelah pembahasan dalam pleno nanti partai masih merasa tidak puas, silakan membawanya ke lembaga sengketa penyelenggaraan pemilu, dalam hal ini, Bawaslu. Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat nasional itu, KPU akan menetapkan partai politik peserta Pemilu 2014 pada 9-11 Januari 2013," ujar Hadar. 


KPU Umumkan Peserta Pemilu 2014 Habis Isya

Sementaraitu,Komisi Pemilihan Umum menunda memutuskan hasil rapat pleno rekapitulasi verifikasi faktual guna menetapkan partai politik peserta Pemilu 2014. Pengumuman akan dilanjutkan pukul 19.30 WIB.

Tidak ada komentar: