DAFTAR BERITA

Rabu, 14 November 2012

Kemendikbud Gelar Pemilihan Duta Museum



INFO TABAGSEL.com-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pelesetarian Cagar Budaya dan Pemuseuman akan menggelar acara pemilihan duta museum tahun 2012. Pemilihan yang akan diikuti oleh 66 peserta dari 33 provinsi ini akan dimulai 21 November mendatang yang didahului dengan proses karantina.
Lisa Ayodya, penanggung jawab penyelenggaraan acara ini mengatakan, dengan adanya duta museum ini, setiap daerah bisa mewujudkan pembentukan karakter bangsa melalui museum. Tahun lalu duta museum Sigi Wimala telah memulai promosi museum kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan. Sehingga museum yang tadinya terkesan kumuh dan gelap, bisa dikenalkan dalam tampilan yang lebih menarik.
Duta museum ini, kata Lisa, akan digembleng dan digali pengetahuannya tentang museum. Karena semua peserta akan di-endorse untuk menyukseskan gerakan nasional cinta museum. “Kalau dia tidak mengerti museum, bagaimana ia bisa menjadi duta museum,” katanya saat jumpa ppers di gedung Kemdikbud, Selasa (13/11).
Pinisepuh Asosiasi Museum Indonesia Luthfi Asiarto mengatakan, tugas duta museum adalah sebagai penyambung lidah bagi museum-museum di daerah agar memiliki image positif. Para duta ini akan dibekali pengetahuan tentang masalah museum secara umum dan masalah etika. “Mereka adalah duta terbaik yang dikirim oleh provinsi, kami hanya memolesnya saja agar mereka lebih berkarakter,” katanya. (AR)

Tidak ada komentar: