DAFTAR BERITA

Minggu, 25 November 2012

Ibu Ani Canangkan ''Indonesia Berdendang''


INFO TABAGSEL.com-Dengan menekan empat nada (mi-fa-sol-la), Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, didampingi Ibu Herawati Boediono, mencanangkan ''Indonesia Berdendang'' dalam acara Pekan Produk Kreatif Indonesia VI tahun 2012 di Epicentrum Walk, Jakarta, Minggu (25/11) pukul 10.00 WIB.

Dalam sambutannya, Ibu Ani mengatakan, para pencipta lagu mempunyai peran dalam mendidik anak bangsa. "Dengan menciptakan lagu yang mempunyai pesan moral yang baik maka akan terbangun jiwa anak yang baik. Melalui lagu, semua konten pendidikan bisa mudah disampaikan kepada anak," ujar Ibu Ani.

Kreativitas pada anak akan muncul karena adanya stimulasi yang muncul dari lingkungan sekitarnya. "Salah satu stimulator yang dianggap paling efektif dalam memicu kreativitas anak adalah melalui musik. Pendidikan melalui musik akan lebih mudah diinterprestasikan oleh otak anak serta cenderung bertahan lama," Ibu Negara menambahkan.

Sebelumnya, Ibu Ani menyampaikan pesan Presiden SBY agar anak-anak Indonesia terus belajar dengan tekun dan mengasah daya kreativitas. "Masa depan bangsa ini ada di pundak anak-anak sekalian. Pak SBY juga mendukung kegiatan ini karena menurutnya para seniman, pencipta lagu, musisi, dan pemangku kepentingan musik nasional harus benar-benar memperhatikan lagu-lagu yang layak didengar dan dinyanyikan oleh anak-anak kita," Ibu Ani menjelaskan.

Dalam siaran persnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan, pencangan ''Indonesia Berdendang'' adalah untuk membangkitkan dan mengembalikan kejayaan musik Indonesia. Acara ini juga jalan menuju Festival Lagu Anak 2013.

Pada kesempatan ini Mari Pangestu memberikan penghargaan kepada tokoh dan seniman lagu anak-anak. Mereka adalah (alm) AT Mahmud, (alm) Ibu Sud, (alm) Pak Kasur, dan Pak Raden atau Drs Suyadi.

Pada bagian lain sambutannya, Ibu Ani melihat ada penurunan produksi lagu yang pantas untuk anak-anak. Untuk itu, Ibu Ani mengajak para musisi, seniman, dan pencipta lagu kembali membuat lagu untuk anak. "Perkembangan lagu anak seakan berhenti, oleh karena itu saya berharap marilah kita bersatu menyelamatkan musik dan sekaligus masa depan anak-anak kita, salah satunya dengan pendekatan budaya melalui musik," ujar Ibu Negara.

Usai memberikan sambutan Ibu Ani menyaksikan operet anak dan meninjau pameran Pekan Produk Kreatif Indonesia 2012. Hadir dalam acara ini diantaranya Menkominfo Tifatul Sembiring, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amaliasari Gumelar, dan anggota Komisi X DPR RI Tantowi Yahya.

Tidak ada komentar: