DAFTAR BERITA

Jumat, 06 Juli 2012

Volume Sampah Kota Padangsidimpuan Semakin Meningkat



INFO TABAGSEL.com-Masalah sampah di Kota Padangsidimpuan patut menjadi perhatian. Setiap harinya volume sampah meningkat 7- 10 meter kubik.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Pertamanan Kebersihan dan Pemadam Kebakaran Kota Padangsidimpuan Enda Mora mengatakan, volume sampah di Kota Padangsidimpuan yang dikumpulkan petugas kebersihan mencapai 280 meter kubik setiap hari. Peningkatan itu disebabkan semakin banyaknya tingkat konsumsi masyarakat sehingga menambah volume sampah. Hampir 90% sampah yang dikumpulkan setiap harinya berasal dari rumah tangga. “Sampah rumah tangga semakin banyak,”ujarnya.

Sementara jumlah armada pengangkut sampah yang tersedia saat ini hanya 20 unit.Armada ini dikerahkan ke seluruh Kota Padangsidimpuan. “Kecamatan Padangsidimpuan Utara menjadi penyumbang sampah terbanyak dibanding kecamatan lainnya,”tegasnya. Dia berharap agar masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu dia meminta kepada warga untuk membuat sampah menjadi pupuk kompos sehingga kapasitas sampah bisa dikurangi. Terpisah,Ketua Fraksi Demokrat DPRD Padangsidimpuan Khoiruddin Nasution menjelaskan, DPRD sebelumnya sudah pernah menawarkan kepada pemerintah agar pengelolaan sampah diserahkan ke swasta Pengelolaan sampah dengan menggunakan pihak ketiga akan lebih menguntungkan, sebab bisa membuka lapangan kerja baru.

“Sudah lama kami usulkan, namun program tersebut belum ada tanggapan dari pemerintah,” tegasnya. Dia menilai, apabila pemerintah tidak segera mengantisipasi peningkatan volume sampah maka akan menjadi bom waktu. “Jangan sepelekan dengan masalah sampah,karena selain menimbulkan dampak lingkungan yang kumuh, sampah juga sarang penyakit,”tegasnya. Sindo.zia ul haq nasution

Tidak ada komentar: