DAFTAR BERITA

Senin, 28 Mei 2012

Suvenir Bertema Peringatan Berlian Takhta Ratu,Dari Bentley sampai Celana Dalam


INFO PALUTA.com-Wajahnya tampak di rak-rak toko pada berbagai macam barang, dari kaleng biskuit sampai asbak. Dengan Peringatan Berlian 60 tahun takhtanya terus mendekati puncak tanggal 2-6 Juni mendatang, Ratu Elizabeth II dari Inggris malang melintang di pasar cendera mata.
Peritel membanjiri pasar dengan berbagai benda bertema peringatan 60 tahun takhta Ratu Elizabeth II.
Pabrikan mobil mewah Bentley mengumumkan peluncuran model Mulsanne edisi khusus Peringatan Berlian yang dibuat hanya 60 unit. Sementara syal sutra bergambar anjing corgi, jenis anjing kesayangan ratu, ditawarkan dengan harga di atas 100 poundsterling (sekitar Rp 1,5 juta) di salah satu toko serba ada di London.
Toko-toko suvenir menawarkan berbagai benda pecah belah bergambar wajah Ratu Elizabeth II, sementara berbagai situs internet menawarkan berbagai produk mode, mulai dari kaus khusus untuk anjing kesayangan sampai celana dalam G-string.
Hanya setahun setelah pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, demam kerajaan kembali menyapu dunia ritel Inggris.
Nuala McGourty, direktur ritel dari Royal Collection, mengatakan, para kolektor telah membeli 30.000 serbet, 15.000 gelas bir, dan 14.000 kotak obat dari tempat penjualan suvenir resmi Peringatan Berlian.
”Perkawinan kerajaan mempunyai daya tarik, tetapi ini lebih baik lagi,” katanya.
”Kami menjual sejumlah besar suvenir dari toko online kami kepada para pelanggan dari Amerika Utara dan negara-negara Persemakmuran. (Perayaan) ini menarik orang-orang yang menginginkan cendera mata yang bisa naik nilainya, sesuatu yang bisa mereka berikan kepada anak cucu mereka,” ujar McGourty.
Namun, berbagai pilihan cendera mata mewah, seperti teko teh seharga 250 poundsterling (Rp 3,6 juta) dan tempat kue seharga 395 poundsterling (Rp 5,7 juta), mungkin tak akan menjadi tambang emas seperti diharapkan para kolektor.
”Ini mungkin bukan investasi yang fantastis karena benda-benda ini sekarang sangat diproduksi massal,” kata James Grinter dari Reeman Dansie, rumah lelang yang mengkhususkan diri pada benda-benda kenangan keluarga kerajaan.
”Ratu telah bertakhta begitu lama, dia menghasilkan sangat banyak barang, dan kini kolektornya tidak sebanyak 30 atau 40 tahun lalu. Nilainya telah turun. Barang-barang Putri Diana jauh lebih layak dikoleksi dibanding ratu,” tambahnya.
Pusat Riset Ritel memprediksi para konsumen akan membelanjakan tak kurang dari 307 juta poundsterling sepanjang musim panas ini untuk cendera mata berbau Peringatan Berlian dan Olimpiade London.
Namun, di distrik perbelanjaan Oxford Street, London, penjual cendera mata murah tak resmi, yang sebagian besar dibuat di luar Inggris, merasa lesu. ”Tak ada yang laku,” kata seorang pemilik kios.
Sementara di ujung lain pasar, pembuat barang pecah belah kualitas tinggi Inggris, seperti Royal Collection, melaporkan melonjaknya penjualan berbagai produk bertema Peringatan Berlian.
Perusahaan pecah belah Emma Bridgewater berharap bisa meraup pendapatan 1,5 juta poundsterling dari jajaran suvenir Peringatan Berlian.
Bahkan, peritel Marks and Spencer telah meluncurkan rangkaian produk celana dalam perempuan bertema 60 tahun takhta Ratu Elizabeth II.
Namun, menurut seorang pramuniaga, penjualannya masih lambat. Diduga penjualan baru akan meningkat sehari menjelang puncak peringatan.

Tidak ada komentar: